KDRT

kemaren ada tetangga saya di pukul-pukulin sama suaminya,diseret keluar dan di injek mukanya,,kita yang liat ampe teriak2 aja,tapi gak ada yang berani nolongin,reflek aku bilang HP mana telepon Polisi sekarang ,tapi si istrinya teriak jangan lapor polisi,,ada yang berani nyamperin aja malah di suruh pergi sama si istrinya,,sempet2nya ngusir padahal dia lagi di pukulin,kita jadi bingung cara nolonginnya,yang mau di tolongnya aja malah menolak,sampai pak RT dateng baru berhenti tuh mukul nendang,si suaminya pergi begitu aja,pak RT bilang kalo mau di laporin maka akan di bantu,,tapi lagi2 nolak dengan bilang gak apa2 pak RT ini masalah saya ,terima kasih,,ini selama bertetangga udah 2x saya melihatnya begitu,yang pertma ampe nerobos dapur orang minta tolong takut di bunuh si suaminya bawa2 pisau ,,padahal masalahnya gak seharusnya sampe begitu , Saya mau tanya apa yang membuat wanita mau bertahan sampai segitunya,,,apakah karna CINTA ? apa karna ANAK ? Udah 2 hari mikirin hal ini gak masuk di otak aku 😌 Aku bahas sama suami ,malah suami bilang ,kalo Aa sampe berani pukul neng ,,pergi aja bawa anak-anak jangan hiraukan Aa ,walau aa nanti minta neng balik lagi mau sampe aa kokosodan (guling-guling di lantai ) juga jangan mau balik lagi 😅 2 bulan yang lalu ada juga tetangga yang di pukulin habis2an sama suaminya ampe mukanya bengkak bonyok-bonyok ,padahal kalo di fikir pake logika ,si istrinya yang pinter nyari uang,lakinya mah cuman ngekor aja di kerjaan istrinya,walau hidup sendiri sam anak-anak juga dia lebih dari mampu,,dan herannya anak-anaknya kenapa cuek-cuek aja ,kaya yang sudah biasa ,padahal udah gede-gede ada yang mau lulus sma😭 ini sih yang bikin saya sangat sakit hati Menurut bunda-bunda apa yang membuat para Wanita berharga ini bertahan sampe segitunya,, Nasihat mama saya ketika rumah tangga saya di uji dengan pelakor ,, Bagaimana kamu bisa mencintai anakmu ,kalo diri sendiri saja tidak mampu kamu cintai,,waktu itu mama menyuruhku bercerai tapi tak di sangka itu malah jadi titik balik suami menemukan hidayah dalam hidupnya,yang asalnya liar jadi jinak , Kita sharing aja ya bun jangan di #bully ,kayanya ini permasalahan kita semua

18 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan
VIP Member

Kebanyakan buibu yang sharing masalah kdrt di apk ini alesan nya ya bertahan demi anak. Takut anaknya kehilangan figur ayah, takut tdk bisa mandiri tanpa suami, takut jd janda *karena sampai sekarang janda selalu jd bahan gunjingan & omongan jelek orng² usil. Pdhl menurut sy, anak itu gak butuh sosok figur ayah yang kasar baik secara tindakan atau ucapan. Alih² bertahan demi anak, pilihan tsb justru malah bikin mental & psikis anak jd gak baik karena terbiasa dipertontonkan tindakan kekerasan yg mirisnya dilakukan ayahnya sendiri. Mereka takut mengambil langkah & keputusan utk hidup mandiri & jadi janda. Pdhl sebenarnya mereka masih mampu kok utk cari kerja sekedar utk memenuhi kebutuhan mereka & anak²nya. Takut menjadi janda, dan bahan gunjingan tetangga. Pdhl lebih sakit bertahan dgn orng yg jelas² tdk punya rasa cinta & tdk bisa menghargai kita. Kadang ada juga yg bertahan karena si pihak suami mengancam ini itu, terkait keselamatan anak. Pdhl kalo kita buat laporan ke polisi dgn menyertakan bukti, hal itu tdk akan pernah terjadi. Karena dari pihak berwajib pun pasti akan mengambil tindakan tegas utk membela & melindungi korban kdrt. Mereka kadang lupa, bahwa mereka berharga & berhak bahagia. Yang jelas hidup adl pilihan, mereka yg menjalani mereka yg berhak memilih utk tetap bertahan atau menyerah. Kita sbg orlin cukup peduli, tp tetap tdk bisa ikut campur terlalu jauh apalagi kalo memang orng bersangkutan tdk ingin dibantu.

Baca lagi
4y ago

Ya begitu lh bun, intinya mereka tdk punya keberanian utk memilih berpisah jd pd akhirnya mereka hanya bisa pasrah pd keadaan. Kalo menurut sy, dari pihak pemerintah juga kurang edukasi & sosialisasi soal perlindungan anak & korban kdrt. Jd pihak korban selalu kalah & menciut dgn ancaman² receh pihak bersangkutan.

saya salah satu yg di besarkan di keluarga yg gak baik2 aja. bpk saya gak pernah kasih nafkah. sekarang pun dia gak kerja. pernah kerja tapi uangnya gak pernah di kasih ke ibuk. biaya seisi rumah ibuk yg tanggung. dari mulai sekolah, makan, listrik, semuanya. sampek dulu saya rela sekolah sambil kerja untuk bantu2 walaupun gak banyak. dia juga emosian. kalau pas marah sering banget ngusir kami (saya, ibuk, adek). pernah bener2 di tinggal ibuk minggat ke rumah nenek (ibuknya ibuk) dan aku sama adek di ajak. dia nyusulin dan bilang gak ngulangin lagi. ternyata nihil. kerjanya cuma makan tidur. emang gak pernah main tangan tapi bukannya kalau gak ada nafkah istri berhak minta pisah kan? tapi ibuk ku bertahan demi anak. ibuk gak mikir cinta2 yg penting anaknya tetep kelihatan di rawat kedua orang tuanya. akhirnya sekarang gak ada yg ngajak ngmong bpk. aku, ibuk, adek gak ada yg mau ngajak ngmong walaupun serumah. kata ibuk "biarin lah dia makan tidur yg penting gak ngomel, soalnya malu sama tetangga". suaranya kenceng ngmongnya kasar. biasa banget dia bilang kami a*jing. sekarang aku udah nikah. sempat trauma takut dpt suami ky bpk. tapi alhandulillah suami ku baik. bisa jadi pengganti sosok bpk yg hilang dari hidup ku.

Baca lagi
4y ago

memang rasa bahagia kami gak sempurna. saya sampai sekarang pun kalau dengar bpk ngmong sedikit langsung jantung berdebar kenceng sambil mikir "apa lagi ini". setrauma dan setakut itu. tapi satu kali pun saya atau adek2 saya tidak pernah kasih saran ke ibuk untuk pisah. karna kita gak pernah tau pertimbangan apa lagi yg ibuk pikirkan. kita juga gak bisa menyalahkan orang yg memilih bertahan. mereka pasti punya seribu alasan yg mungkin gak bisa di terima oleh logika. yg pasti untuk ibu2 di luar sana yg memilih bertahan, kalian luar biasa. kalian wanita hebat. saya pun punya prinsip, semua bisa aku maafkan kecuali perselingkuhan.

VIP Member

Sama Bun aq juga ga bisa paham kenapa istri istri yang mengalami hal separah itu masih saja mau bertahan. Ga habis pikir. Aku pun kenal seorang wanita istri dari seorang polisi, suaminya cuek hampir menganggapnya ga ada, punya simpenan wanita lain, lebih milih senang-senang dengan simpenannya, ga pernah kasih nafkah untuk anak istri sampe sampe si istri harus ngewarung buat bertahan sama anak-anak, tinggal serumah tp ga kaya suami istri, istrinya hormat bgt sama suami, tp si suami kaya ga nganggep.banget ke istrinya, Dan yg lebih parah kalau si istri kasih perhatian malah dianggap ganggu trus dianya naik darah di pukulin lah itu istrinya. Besoknya ku liat di warung udah biru-biru lg aja mukanya, sedih banget liatnya. Heran kok mau-mau nya bertahan, padahal suaminya sesampah itu. Klo aq diposisi itu udah dari lama aq laporin ke atasannya dia punya simpenan (kayanya udah di nikah siri bahkan) biar PNS nya di cabut sekalian. Trus cerai, mending besarin anak sendiri.

Baca lagi

Alasannya ada byk si bun setau saya. Tiap org pasti pny pertimbangannya tersendiri. 1. Dapat ancaman dr suami kalo istrinya berani ngelaporin suaminya ke polisi ato minta pertolongan ke org lain bakalan dibunuh. 2. Takut dgn perubahan. Kalo cerai nanti anak ga pny bapak, yg nafkahi siapa, takut dicap jelek sm masyarakat krn jd janda korban kdrt. 3. Adanya keterikatan emosional dan perasaan dgn suami. Bs dibilang bucin. Logika ga jalan, menganggap suami kasar adalah hal yg normal. 4. Berharap suatu saat suami akan berubah krn terjebak dgn siklus yg sama berulang2. Suami kdrt - suami minta maaf - suami jd baik - kdrt lg - minta maaf lg, begitu seterusnya. 5. Terbiasa dgn kekerasan dr kecil. Si istri menganggap pantas utk dikasari suaminya krn ayahnya jg melakukan hal yg sama. Terlepas apapun alasannya, dampak kdrt itu sangat besar ke diri seseorang. Baik fisik maupun mentalnya bs hancur.

Baca lagi
4y ago

setuju bun

kyak kaka kndungku bun.. suaminya kdrt gak ke istri, anak. plg parah yg terlihat bekasnya,wktu nikahn adeku.. kakaku bsoknya mau didandanin malah pake masker, matanya bonyok, dahinya berdarah. wihhh aku sm ibuku shock.. ibuku lgsg datengin suaminya, ngancem laporin polisi. tpi kakaku btahan demi ANAKKKK 'katanya' ank msh kcil² ada 3. klo anknya gk bs dblgn/berulah (ank cwok, misal gk mau ngerjain Pr. atau ngerjain PR gk mudeng²) diinjek dibanting. aku smpe muakkk bgt sm ipar, udh hmpr 10th kayaknya gk pernah negor tuh ipar. tpi skrg, kata kakaku dy udh berubah. mgkn ankknya udh mkin gede jdi mulai sadar anknya bs bales perlakuan bpknya klo liat emaknya digtuin lgi

Baca lagi
4y ago

dlu sempet, ponaknku tak ajarin. klo ibunya dipukulin, sruh bales bpknya. krna ponaknku bdnnya gede. dan dr kel.kita jg gk bs lakuin apa².. tiap kita mau laporn polisi, kakaku gk bolehin. dan tiap kjadian gtau, krna beda rmh

syaa juga merasakan sperti itu bun. suami saya kerja hasil pas pas an. sedangkan kami punya bayi umur 3 bulan. suami sya suruh buat cari kerja tambahan gak mau.. bukannya saya tdk bersyukur ya bun. 600rb buat 1bulan mau diirit gimana juga nggak cukup. kebetulan kami tinggal sama mertua, dan mertua selalu bela anaknya saya sperti seorang diri disana.. suami juga menyalahkan saya. sampai akhirnya saya diludahi, diusir baju baju saya ditendang kena muka saya, di caci maki, laki saya egois dan masih belum dewasa. sya cerita ke orang tua saya malah disuruh jangan pisah kasian anakmu kalo nggak punya bapak gimana. saya bingung bun.. bertahan apa pisah

Baca lagi

biasanya bun penyebabnya : 1. bucin dan percaya klo pasangannya suatu saat bs berubah 2. takut anak kehilangan figur ayah, padahal bahaya loh mempertahankan laki2 kyk gt hanya demi anak, anak bs rusak secara mental, bahkan klo laki2 bs jd pelaku kekerasan kyk bapaknya 3. takut jd janda 4. kebanyakan yg ak baca mrk g mandiri secara ekonomi, jd kyk takut gt klo cerai nanti dy sm anaknya siapa yg biayain sebenernya jujur secara bersamaan kasian dan kesel sih sm perempuan yg model begini. mrk kyk g menghargai dirinya sendiri. capek nasehatinnya sk g mempan.

Baca lagi

keyakinan bun kalau Allah akan kasih hadiah suatu hari nanti. ini versi saya. saya di selingkuhi berkali2, saya jg pernah dipukul suami, tapi saya tetap bertahan. bukan karena cinta suami, bukan karena ortu, bukan jg karena anak2. saya bertahan karena komitmen atas pilihan saya, saya yg memilihnya maka akan saya hadapi sekuat tenaga, menikah 1x sampai mati, hanya kepada Allah saya meminta. dan Allah pasti kasih kebahagiaan untuk saya, dan ya sama seperti bunda, titik balik kehidupan suami berubah sendiri karena Allah dan itu sangat membahagiakan

Baca lagi
4y ago

setiap orang punya pilihannya masing2, memang mungkin bagi orang lain terlihat bodoh, tapi bagi saya tidak. karena saya masih mensyukuri masih banyak kebaikan suami saya, saya bahagia dg versi saya sendiri. tapi saya jg tidak membenarkan KDRT dan perselingkuhan.

VIP Member

bucin maksimal itumah bund. coba deketin tentangganya ajak ngobrol kenapa masih mau bertahan? coba nasehatin sebisa bunda.. emang banyak orang yg kelakuannya diluar nalar. manusia itu gabisa disamaratakan pendapatnya, akupun ada sodara yg kaya gitu masih ajaa bertahan sama mertua toxic. tapi sekarang dia milih pergi dari rumah mertua. dia kerja, entahlah dia bahagia atau engga yg jelas ada beban yg hilang setelah dia pergi dari rumah mertua

Baca lagi
4y ago

Susah ketemu bun ,,dari subuh sudah kerja jadi asisten rumah tangga ,,paling pulang jam 10 pagi,,trus dianya beberes nyuci udah gtu pergi lagi kerja pulang sore kadang malem ,,dia kerja jadi asisten rumah tangga di 2-3 rumah gtu bun ,jadi ketemu juga kadang pas lewat dia mau kerja doang

bun kalo tetangganya lg berantem lg gitu, videoin bun buat barang bukti, biar si suaminya tuh sewaktu2 bisa dipenjara, tuman tu laki. sayang nya dia dapet bini yg pasrah nerima keadaan, jadi mesti bgt wanita yg seperti ini harus ditolong, dilaporin langsung aja bu ke polisi, kalo perempuannya ngelarang biarin, ini soalnya perilaku kriminal ampe sempet ada niatan bunuh gitu

Baca lagi
4y ago

tapi ya bun pernah ada kejadian kyk gt, warga lapor polisi, suaminya ditahan. eh malah istrinya ngebebasin dan nyalahin warga krna udh ikut campur urusan rumah tangganya.