Sharing is Caring

Hi moms, kali ini saya mau coba sharing tentang pengalaman saya berjuang untuk mendapatkan ASI ? Jadi, pada saat kehamilan memasuki trimester 3 ibu saya selalu menyarankan untuk memijat PD sekitar 10menit setiap habis mandi. Awalnya saya ikuti.. lambat laun jadinya cukup malas untuk melakukannya. Alhasil, sampai saat lahiran tiba ASI tak kunjung keluar.. sedih, bingung, tertekan (Krn ortu dan mertua yang ngomong terus, komentar terus tentang asi). Tapi saya sadar betul, kalau saya terus sedih terus tertekan, ASI ini gak bakalan keluar.. untungnya suami sangat mengerti, sangat sabar dan terus memberikan support. Di hari pertama lahiran, saya terus menyusui walaupun saya tau tidak ada ASI yang terminum setetes pun. Tiap 2 jam sekali selalu saya susui. Perawat di RS pun mendukung dan memang menyarankan utk tetap menyusui walaupun belum ada ASI yang keluar, guna nya agar ASI terpancing keluar. Selama di RS org tua dan mertua pun selalu membawakan saya sayur katuk, kacang"an. Sampai akhirnya di hari ke-3 keluarlah cairan setitik seperti air cucian beras. Disitu saya optimis bahwa ASI saya pasti akan keluar! Tak henti"nya saya menyusui debay meskipun kondisi puting mulai lecet (karena kering tapi tetap dihisap). Keesokan hari nya saya dan bayi saya sudah diperbolehkan pulang. Tapi, krn debay tidak mendapatkan makanan apapun sedari lahir, BB nya turun hingga 10% (sedih sekali dan muncul rasa bersalah). Perawat menyarankan utk terus menyusui agar BB debay kembali seperti pada saat pertama lahir. Sehari dua hari kami berada dirumah ASI tak kunjung banyak, debay selalu merasa kekurangan, dan saya pun merasa lelah (walaupun ini pasti, tapi saya menyusui tiap 5menit sekali krn debay merasa kurang). Padahal setiap hari saya selalu makan sayuran seperti sayur katuk, sayur pepaya muda, sayur sawi, perbanyak minum air putih dll. Dan di hari ke 5, saya mulai mencari" ASI booster, jenis" nya dan bagaimana review dari orang" yang sudah mencobanya. Pilihan saya jatuh kepada Mama Bear Teh pelancar asi, susu kedelai Mama Soya, madu busui, dan milky mama (ini enak banget!!) Selain itu, diselingi dengan cemilan" sehat seperti kacang"an, juga milky mama Qadarullah, 2 hari mengkonsumsi semua itu, asi mulai bertambah :") Yang awalnya setiap kali pumping hanya mendapat 30ml 40ml, perlahan" naik menjadi 55ml 60ml 80ml, sampai saat ini satu kali pumping saya bisa mendapat 160ml+, alhamdulillaah.. meskipun tidak melimpah, setidaknya ini cukup untuk bayi saya. Semoga cerita yang tidak cukup menarik ini bisa menjadi referensi atau menambah sedikit semangat bagi moms diluar sana yang sedang gundah gulana karena ASI belum kunjung keluar.. tetap semangat mengASIhi ? Notes : ini bukan endorse, bukan promosi, bukan jualan. Ini hanyalah sebuah pengalaman yang saya dapatkan.

Sharing is Caring
16 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

Sama banget bun ceritanya kaya aku, perjuangan untuk mengASIhi itu ga mudah. Dan baru setelah bayiku usia 1bulan, saya bisa kasih ASI dengan nyaman. Karna sblmnya saya sempat baby blues yg berakibat bb anakku pas2n :((

5y ago

Mashaallah.. semangat mommyyyy!! Semoga sehat selalu yaa, ibu dan bayi nya ❤ yg bikin baby blues itu kadang orang sekitar yang kurang mendukung ya mom :( padahal sebenernya kita sayang beneran sama baby :(

Mom siti mom juli.. kalau saya beli nya di indokids. Coba di kota moms ada borma gak..? Biasanya di borma ada gabung indokids..

Bunn.. kayanya kisahnya sm kaya aku.. 😢 ada nomer wa ga bun.. biar gampang sharing"nya mau info jitunya bun..

5y ago

Sama" mom salam kenal jugaa~ 😘

Saya jg konsumsi ini, alhamdulillah terharu asi saya lgsg keluar deres:') mama honey top 😍

5y ago

halo moms maaf baru bls >< alhamdulillaah.. rasanya juga enak bgtt ya mom 😍 saya biasa dicampur sama teh nya hhihi. Walaupun teh nya uda ada rasa manis dari sananya..

TapFluencer

Rasa nya kaya apa mom ? Beli dimana ? Jadi deres ya ?

5y ago

Sama" mom julee.. aamiinn terimakasih 💓

Kalo aku bun minum asi booster nya soya mix dari mama bear

5y ago

Aamiin bunda

Jangan lupa Bun pikiran selalu happy hehe makasih infonya

5y ago

Betul banget bunda hhi makasih tambahannya :3

Makasih bunda infonya sangat bermanfaat 👍

5y ago

Sama" moms.. terimakasih sudah bersedia membaca :3

Mkasih buat ilmunya ya bund 😉

5y ago

Sama" moms semoga bermanfaat yaa.. 😙

Kalo pumping brapa menit bun?

5y ago

Maaf baru bales mom >< saya masing" PD 20 menit aja mom.. dulu 30 menit 😅 tapi krn debay bangunnya jd lebih lama dan lebih sering, waktu pumping nya jd sedikit berkurang..