Bahas Tentang Menopause dan Kesehatan Payudara

Halo Parents, perkenalkan saya dr. Mohammad Haekal, Sp.OG, FICS 😊 Menopause merupakan masa berhentinya haid yang permanen akibat hilangnya aktivitas folikuler ovarium. Seorang perempuan dapat dikatakan memasuki tahap menopause jika sudah 12 bulan berturut-turut tidak mengalami haid tanpa adanya pemicu seperti penyakit tertentu, pengobatan tertentu, kehamilan, atau masa menyusui. Bagi Bunda yang punya pertanyaan seputar Menopause ini, boleh langsung tanyakan di kolom komentar ya. Oh ya, berhubung pada bulan Oktober adalah bulan peduli kanker payudara sedunia, maka bagi Bunda yang punya pertanyaan seputar kesehatan payudara, Bunda juga bisa bertanya di kolom komentar ya. Terima kasih!

Bahas Tentang Menopause dan Kesehatan Payudara
11 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan
TapFluencer

Selamat Pagi, Dokter... ijin bertanya, Dok. Saya seorang ibu anak 3, usia 27tahun. dari sebelum punya anak, siklus haid saya teratur. Biasanya tiap haid itu sampai 7hari. setelah lahir anak ke tiga (sekarang usia anak 2,5th) haid saya masih teratur, tapi kenapa kok cuma 2-3hari saja ya Dok? padahal dulu, hari pertama sampai ketiga itu (maaf) volume darah yg keluar masih deras, tapi sekarang cuma sehari deras dan hari ketiga biasanya sudah bersih. apakah normal Dok? atau ini salah satu tanda mendekati masa Menopause? Terimakasih dokter...

Baca lagi
2y ago

Halo moms, mens 2-3 hari masih dalam batas wajar dan bukan merupakan tanda mendekati menopause, tenang saja ya.

maaf dok ijin bertanya saya lgi hamil 35-36 w pertanyaan saya knpa ya dok di puting payudarah saya ada tumbuh kaya benjolan ,cmn ga terasa sakit tpi mkin kesini makin besar dan disekelilinhnya kaya ada bintik hitam kecil2,apakah pengaruh hormon atau ada penyakit yg lain mohon di jawab terimah kasih semoga dr.mohammad haekal,sp,og,fics sehat selalu🙏

Baca lagi

selamat pagi pak dokter.... dok saya sedang menyusui, bayi saya berumur 4 bulan. payudara saya yang sebelah kanan putingnya lecet, kalau menyusui sakit sampai ke bagian areola nya dok.... dok obatnya harus pake apa ya dok, udah pake air susunya langsung di oleskan tapi belum sembuh sembuh dok.... dok tolong bantuannya ya🙏🙏

Baca lagi
2y ago

Halo moms. Lecet pada puting payudara hal yg wajar dalam menyusui, hal yg perlu diingat bahwa hal ini tdk menghalangi dalam pemberian ASI. Salep lecet puting susu saat ini banyak macam nya, bisa hub dr kandungan nya untuk diresepkan salah satu nya (maaf saya tidak bisa menyebutkan merek).

VIP Member

assalamualaikum dr saya novi, saya mempunyai kista dan di op ternyata ovatium sebelah kanan saya ikut di angkat,,, saya bca baca bahwa ovarium sebelah akan memicu menopause dini, perkiraan usia berapa saya bisa menopause nya dok karna saya blm memiliki anak

2y ago

Waalaikumsalam. Moms bisa cek lab darah AMH dan hasil nya dibawa utk diskusi dengan dokternya ya. Biar dapat penjelasan lebih lengkap.

selmt pgi dok..sya mau tnya. kock sya sdh hamil 2 bialn ni, tpi puting payudaranya nggk muncul ya..ad tpi kcil sja.sya tkutnya nnti setlh melhirkn nggk bisa mnyusui..mksih dok.

2y ago

Tenang saja usia 2 bulan masih blm. Tunggu hingga 7-8 bln. Jika blm bisa dilakukan pemijatan puting payudaranya

halo dok, mau tanya. setiap saya suntik KB 3 bulan saya tidak pernah haid, tapi kalo suntik KB 1 bulan saya tidak cocok malah haid selama 1 bulan itu. jadi bagaimana ya dok?

2y ago

Suntik KB 3 bln memang menyebabkan tdk mens dan ada nya gejala perdarahan bercak, hal itu wajar. Bisa pilih metode lainnya spt IUD atau susuk.

VIP Member

Halo dokter. Dok, baiknya mulai vaksin kanker payudara itu kapan ya dok? soalnya punya ibu yang punya riwayat kanker payudara. Terima kasih dok..

2y ago

Halo moms sampai saat ini tak ada vaksin kanker payudara yg bisa dilakukan. Moms bisa lakukan pemeriksaan BRCA 1 dan 2.

Dok, katanya menopause akan membuat perempuan jadi lebih gampang lelah dan moody. Tips supaya tetap energik saat sudah paruh baya gimana ya dok?

2y ago

Halo moms…tentunya berpikiran positif, jaga berat badan, olahraga 3x dgn waktu 30 mnt dlm seminggu. Konsumsi calcium dan vitamin D.

Apakah normal jika hamil mida tapi payudara tidak terasa sensitif dok?

2y ago

Normal saja kok, Bun.

Dok, cara memastikan bahwa payudara kita sehat itu bagaimana ya dok?

2y ago

Ada namanya SADARI yaitu langkah utk memeriksa payudara pada diri sendiri Coba cari info lengkapnya di Google ya, bun.