dinyinyirin tetangga soal sawan bayi

Halo ma. Di tempat mama ada kebiasaan ga boleh bawa bayi pergi jauh ga sebelum 7bulan?? Sya tggal di kampung banyak bgt aturannya. Dari hamil sampek udah lahiran. Salah satunya sya ga boleh ajak bayi saya main (weekend) di wisata alam semacem sungai, hutan gitu2. Takut anak kena sawan katanya. Ada bgt orang yang suka nyinyirin. Katanya kog masih kecil udah diajak kemana2. Kalau prinsip saya sama suami sih asal si kecil nyaman kenapa enggak.... Dari udah sebulan anak udah saya ajak main ke rumah mertua lumayan jauh sih. Pernah juga aku ajak ke lapangan biasanya tempat main anak2 yg kayag pasar malem gtu tapi pas sore habis asar saya kesananya. Terakhir kemarin hari minggu saya ajak ke wisata alam, sungai gtu. Langsung deh ada yang nyinyirin, kog dibawa kesana. Disana pernah ada banyak anak tenggelam, hanyut, sana angker dll. Bisa kena sawan ntar. Pkoknya maha benar dengan semua komentarnya lah ma.. cuma saya bls dgan senyuman dan bilang gakpapa ? Sya jengkel sih sebenarnya, tapi ada suami yang selalu dukung saya. Dan alhamdulillah anak saya gak kenapa2. Kuncinya kalau kemana2 harus dibanyakin doa, shalawat, baca surat muawizatain. Sebanyak banyaknya dah. Buat dekbay senyaman mgkin dan pastikan dia kenyang ya ma. #GakPapaKokMa kalau mau ajak si kecil jalan2 #GakPapaKokMa

2 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

Lama sekali bunda sampai 7 bulan.. kalo didaerahku kalo sudah selapanan atau 32 hari kalo nggak salah sudah boleh diajak keluar..

5y ago

Kalau keluar aja buleh bun. Yg ga boleh semacem ke tempat yg dianggap angker atau banyak sawannya gitu bun. Lewat aja juga ga dibolehin. Karna mereka mikirnya bayi bisa kena sawan kalau dibawa ke tempat wisata yang berbau alam gitu semacem kali, pantai, hutan.. Kalau cuma ke mall, ke posyandu, atau ke tempat lain gtu boleh bun.

saya seminggu udh di bawa kluar ,, cek ke bidan lumayan jauh .

5y ago

Kalau keluar ke tempat kyag gtu biasa bun. Tiap bulan sya ajak posyandu. Periksa ke rs juga pas sakit. Yang ga dibolehin diajak main ke tempat2 wisata gitu. Aplagi wisata alam yg dianggep temptnya angker buat bayi. Karna bisa kena sawan.