Usia kehamilan

Halo bunn.. Hari ini saya sudah melakukan pemeriksaan ke dokter kandungan. Klo berdasarkan HPHT skrg sudah 33 minggu 4 hari. Nah, hasil usg rata2 sudah 35 minggu, dilihat dari BBJ sudah 2.6 kg, dan jg d ukur dri ukuran kepala. posisi sungsang. Dan d suruh cek 2 minggu lg. Klo dari USG brrti udah 37, tp dari HPHT masih 35 mingguan. Dan dokter nya mengatakan bahwa kemungkinan besar akan d lakukan operasi, mengingat kondisi plasenta previa, dan posisi janin sungsang. Nah, kemungkinan besar jga akan d lakukan operasi d saat usia brdasarkan HPHT masih 36 mingguan. Tetapi dari hasil usg sudah 38 mingguan. Menurut bunda jika saya melakukan tindakan operasi saat itu, apakah trgolong prematur? #seriusnanya

2 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

saya USG usia 5wk HPL 10 Mei bun, tapi USG 14wk dan seterusnya selalu HPL di 30 April. karena saya lahiran SC, pas tanya ke dokter, dokter ngambil HPL yg 30 April dan disaranin SC di 38wk (sesuai HPL 30 April). dokter nyaranin saya SC di rentang 17-22 April karena 23 April beliau udah cuti. tapi karena saya masih kepikiran HPL yg pertama itu (10 Mei), untuk penentuan tanggalnya, saya pilih SC tanggal 20 April dimana sesuai HPL awal (10 Mei) itu saya pas banget masuk 37wk, dan HPL kedua (30 April) itu saya udah masuk 38wk lebih. jadi saya ngerasa aman untuk SC karena sesuai kedua HPL yg muncul, usia kandungan udah bukan termasuk prematur.

Baca lagi

tanya sama dokternya bun. kan saya hpht sekian, emang gak prematur dok? gitu. kalau saya kemaren bun, dokter nyaranin kalau mau SC malah di 38w. padahal kalo lahiran normal dari 37w udah aman kan.

1y ago

iya bun. setidaknya diingatkan dokternya soal hpht. siapatau dokternya lupa. kalo lahir 36w di suntik pematangan paru dulu itu harusnya.