Uji kesabaran

Hallo bundaa .. sy mau cerita sdikit.. sy bissa bilang termasuk orang yang sabar . Tetapi setelah punya anak kesabaran sy benar² di uji , kdang sy gak bissa nahan emosi , klwrlah nada agak tinggi sy ke anak . umur anak sy baru 22buln, bisa di bilng masih terlaku kecil untuk mndengarkan kata² kasar . Dr sblum menikah sy sdh kerja di bali, smpe hamilpun sy masih kerja .. dan stlah mlahirkan sy memutuskan untuk berhenti bkerja , karna wktu lahiran sy plng ke jawa , dan stlh anak sy umur 3buln sy plng lgi ke bali , krna suami masih kerja di bali.. klwrga sy dg suami semua.y di jawa. Jadi sy di sini bnar² urus semua.y sendiri , kdang bdan terasa capek skli , jdi kdang emosi tdk terkontrol, distu sy menyalahkan diri sy sendiri , menyesali sdh berkata dg nada agak tinggi.. apakah bunda² juga ada yang sprti sy ? Dan bgaimna cara bunda mengatasinya ?

8 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan
TapFluencer

Saya rasa semua manusia pernah khilaf dan ibu juga manusia biasa. Jadi apa yang terjadi pada Bunda adalah hal yang manusiawi. Pertama yah Bunda terima dulu kenyataan bahwa Bunda khilaf lalu maafkan dirimu sendiri dulu. Bunda juga bisa coba minta maaf ke Si Kecil, lalu berusaha menunjukkan bahwa Bunda juga berusaha jadi lebih baik. Anak perlu belajar menjadi manusia dan kesalahan adalah hal manusiawi. Anak akan belajar bahwa manusia bisa berbuat salah, tapi juga perlu berani mengakui kesalahan, berani meminta maaf, mau belajar memperbaiki kesalahan, dan jadi manusia yang lebih baik. Bunda bisa coba mengidentifikasi emosi. Kira-kira hal apa saja sih yang memancing kemarahan Bunda? Jika sudah mengenali pemicu, kan mungkin bisa lebih dihindari. Misal mudah marah saat kelelahan, maka coba untuk lebih mencukupi waktu istirahat. Kira-kira gimana cara yang pas untuk Bunda bisa menahan kemarahan tersebut? Selain itu, coba turunkan standar harapan, serta belajar bersikap realistis dan rasional. Semuanya perlu waktu dan proses, jadi tidak mengapa jika belum bisa, yang penting kan jangan berhenti berusaha.

Baca lagi
3y ago

Ingat juga untuk memeluk dan memaafkan diri sendiri yaah 🤗 Saya paham memang tidak mudah, jadi manusiawi kan jika sesekali kita khilaf atau bahkan kalap. Saya merawat 2 anak mayoritas hanya sendiri saja. Anak ke 2 kami berkebutuhan khusus dengan kondisi kompleks. Jarak usia anak 4 tahun dan kebetulan suami sering berjauhan alias jarang pulang 😁 ortu nggak jauh-jauh amat, tapi kan memang tidak seatap dan tidak kami mintakan tolong 😁 Jadi saya sedikit paham yang Bunda rasakan 🤗

VIP Member

saya juga tinggal ber2 sama suami bun jauh dari keluarga.. kami 22nya kerja jagain anak gantian lebih seringnya sih saya bawa ke sekolah.. soalnya saya ga percaya kalo nyerahin anak ke orang lain. kita juga ga pake ART.. tapi, kita ngelakuin semuanya berdua bun.. kalo hari kerja jarang banget beres2 rumah, paling ya suami nyapu , cuci piring saya masak.. kalo weekend baru deh nyuci baju, ngepel semuanya dilakuin ber 2.. nyetrika seringnya tiap pagi sebelum dipake🤭.. kalo capek/waktunya liburan (biasanya 2 minggu sekali) ya kadang juga ngelondri, beli makan di luar, mainan dibiarkan beterbangan dimana2... pokoknya capek bareng, seneng bareng.. soalnya mau gimana lagi, kalo ga dikerjain ber2 ya pasti capek BANGET bun.. kalo saya emang ga berani bentak anak, karena pernah baca kalo kita bentak anak bukan ngerti malah takut dan syaraf2 kecil di otak bisa putus.. kalo pas marah/sedih saya kabur bun, ngejauh dari anak kadang sampe cubit paha sendiri trus cuci muka baru peluk anak lagi..

Baca lagi

saya tau gimana capek nya Bun.. coba bunda memafkan diri sendiri dulu..trs minta maaf sama anak.. Sy juga kadang gemes bgt sama anak saya.. laki2 usianya 16 bulan..lagi super aktif bgt Bun.. kadang saya kelepasan aja bicara tinggi..tapi habis itu saya minta maaf ke anak..saya peluk saya cium.. yang paling penting, jaga ucapan aja Bun saat kita lagi emosi..karena ucapan seorang ibu adalah do'a.. Sy kalo lagi capek Sy bilang "yaallah, Hamzah Sholih,anak pinter, sini naak.. dengerin kata ummaah" sambil gemes2 meluk badannya 😅

Baca lagi
3y ago

iyaa bundaa .. sy sangat takut sklai dg lisan sy , sya jaga baik² di dpan ank , sy klo marahh sering nyebut astagfirrullahaladzimm kenceng kali, smpe anak sy hafal skrang niruin adzim² gtu , krma bicara.y blum semua jls jdi yang di ambil belakang.y sja . tp klo lagi khilaf kdng sy lupa tdk beristiqfar .. trmkasih masukan.y bunda 🥰🥰

VIP Member

saya ngurus batita sma bayi juga sendiri tanpa bantuan. suami merantau, keluarga jauh. bener² klo saya sakit ya anak jdi korban ikutan kurus krna ngga ada yg ngerawat. saya juga emosi tiap hari, kdng pngen bisa sabar tpi susah khilaf mulu kata kasar keluar trus. klo udh kelewat emosi paling saya ngurung diri dikamar.

Baca lagi

urus balita memang letih dan capek buk. ketika ibu akan emosi lebih baik menjauh dlu dari dedek ny . lalu ibu bole lepaskan emosi ibu saat sendriian. setelah tenang kembali lagi ke dedekny. kita butuh pikiran yg waras untuk.mendidik dan membesarkan anak kita bun.

enakk klo suami mau bntu bunn .. yang sy takutkan juga itu bunn, karna membentak anak itu memang tdk baik dan berisiko sma pekembangannya .. kdng sy smpe nangis stlh.y bun , menyesal .. sy pernah menjauh bunn , tp anak sy ngikutin truz bunn ..

sy klo abis bicra dg nada tinggi , sy peluk² sy minta maaf truz ke anak .. jadi orang tua memang tdk mudah yaa bun , semangat truz bundaa 💪

trimakasih bunda² sdh berbagi cerita 🥰🥰