Butuh dukungan dan masukkan bunda...

Haii bunda semua... Adakah yang pernah mengalami seperti saya,bayi masih 10 bulan sudah hamil lagi ... Pertama kali testpack dan muncul garis 2 jujur panik,sedih,bingung,dan nangis... Gimana ini anak saya ke 3 masih usia 10 bulan,masih full asi tapi saya hamil lagi,padahal selama berhubungan selalu pakai kondom... Anak saya sudah 3 laki-laki semua.. Pertama usia 8 tahun,kedua usia 6 tahun dan yang ke tiga 10 bulan.. Suami dukung penuh,dan berharap diberikan anak perempuan.. Tapi saya belum bisa sepenuhnya tenang,karena biasanya selama 3 kali hamil di trimester pertama saya selalu terbaring lemah karena mual muntah bahkan sampai di infus. Tidak terbayangkan saya jika harus melewati itu lagi,gimana anak-anak saya tidak ada yang membatu mengurus nya.. Apalagi yang bayi masih asi,adakah bunda disini yang hamil tapi tetap menyusui?? Untuk menyapih nya rasanya terlalu cepat saya tidak tega,dan merasa bersalah karena terlalu kecil sudah mau punya adik lagi... Saya harus bagaimana bunda??

14 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

ini sama kaya aku... usia anak ke 2 1tahun aku hamil lagi.. rasanya kaget campur aduk ingin rasa nya aku gugurkan tapi inget dosa.. akhir nya aku coba ikhlas dan Terima walaupun orang tua ku kurang menerima kehamilan ke 3 ku ini tapi mau gimana lagi.. ibu ku selalu nyuruh aku untuk menyapih bahkan beliau mencoba membawa anak ku yang masih asi untuk menginap di rumah nya tujuan nya agar lupa dengan nen nya.. tapi hasil nya nihil si dede gak tidur tidur² mungkin karna belum nen.. kadang aku kasian dan merasa bersalah karna kejadian ini.. 🥲 sekarang si dede aku kasih tambahan sufor karna asiku sudah berkurang efek kehamilan dan masih nen kalo mau tidur aja..

Baca lagi
1y ago

saya belom bilang ke mertua Bun,kalau ke mama saya beliau senang senang saja,semoga anak perempuan,tapi yang ditakutkan tadi ya itu takut saya tumbang mual muntah parah Bun,karena mama saya beda kota sama saya tidak bisa membantu menjaga saya,tapi kalau saya lahiran biasanya mama saya selalu mendampingi saya sampai saya bisa sendiri.. iya Bun,saya setiap kali masih nyusui si kecil selalu nangis,rasa bersalah dan takut tidak bisa mengurus nya sepenuhnya.. saya belom coba sufor Bun karena sejauh ini saya masih aman,tidak ada flek atau kram,dan asi saya masih mencukupi.. tapi nanti saya coba nanti sufor biar tidak terkejut saat asi mulai berkurang ya Bun.

Jika bunda kuat tetap boleh lanjut menyusui kok. Semoga bunda kuat ya... insyaallah memang itu rejeki, toh bunda sdh ikhtiar. Sy pun hamil anak kedua ketika pakai kontrasepsi, ya memang alat buatan manusia msh kalah dg kuasa Allah. Semangat ya bun, sy tau ini tdk mudah. Alhamdulillah suami bunda mendukung, krn banyak jg suami yg justru menjatuhkan mental istri. Kita tdk pernah tau anak mana yg akan mengangkat derajat kita dihadapan Allah kelak. Semoga sehat selalu dan diberikan kekuatan untuk mengurus anak2 ya bun :)

Baca lagi
1y ago

Alhamdulillah,suami dukung penuh Bun... semoga kali ini diberikan anak perempuan katanya Bun.. saya pun masih berusaha menerima perlahan-lahan Bun..

q hamil awal ini, kemarin masih menyusui mom,semisal gak ada nyeri2 gak pa2 lanjut aja,atau mau dipumping biar Dede minum digelas atau botol.. diterima calon Dede bayinya ya mom,awal hamil kmrn sy blm Nerima& berdampak pada tubuh sy mengalami penolakan,jdi malah parah ngidamnya,mulmun dan kena HEG,hbis itu lambat laun sy terima, Alhamdulillah tubuh mulai adaptasi dg baik&skrg udah enjoy,kuat dibawa kemana2&gak rewel, alhamdulillah.. semangaat ya mom

Baca lagi
1y ago

aamiin,semangat ya Bun..yg happy Krn mommy happy,baby happy

Saya juga lagi hamil anak kedua sekarang. Anak pertama saya baru umur 15 bulan. Saat tau positif jujur saja saya belum siap. Tapi ya itu risiko karena saya nggak KB. Saya ibu Eping dari anak pertama saya lahir, saya juga bekerja full day. Saya curiga kenapa ASI saya seret, saat itu belum tau hamil. Akhirnya anak saya sambung sufor, karena ASI saya beneran sudah berhenti. Sedih sih, karena harapan saya lulus ASI 2 tahun.

Baca lagi
1y ago

semangat kita nya ya bunda.. saya juga merasa bersedih dan sangat merasa bersalah Bun,kedua Abang nya full asi sampai 2 tahun.. ini yang ke 3 mau tidak mau saya ajarin sufor.. rasanya campur aduk,semoga anak saya yg ketiga ini mau sufor dan sehat selalu.. aamiin..

TapFluencer

Bun kalau kehamilannya baik bisa aja bun tetap menyusui, tapi kalau sedang menyusui perut terasa mulas baiknya dihentikan ya. pengalamanku setiap hamil lg masih menyusui aku harus menyapih dini soalnya ngaruh ke kontraksi bun. memang si pasti berat menyapih dini, tapi buat kebaikan bunda juga gakpapa bun. banyakin makannya lagi aja si dedek kan sudah mpasi :)

Baca lagi
1y ago

semangat bunda winda, pasti bisa kok. semoga bunda, anak2 & calon detun selalu diberikan kesehatan😇 oh iya yuk bund sharing rekomendasi calon nama detun kita di https://community.theasianparent.com/q/tulis_rekomendasi_nama_bayi_perempuan_islami_yuk_dua_2_orang_yang_memberikan_sar/4489536?d=android&ct=q&share=true jangan lupa like & komen punyaku jg ya bunda" 😍🥰

saya wktu itu anak 4bln udh isi lagi. dan anak saya full asi. selama hamil bahkan smpe abis melahirkan dia masih nyusu saya.. tp kira2 seminggu ap 2 minggu dia berenti asi krna dia tiba2 eneg pas nyusu. udh, abis itu ga asi lg.. wktu itu gabisa lgsg sapih krna anaknya gamau sufor blas.. makan dikit.. jdinya kasian.. tp alhamdulillah adeknya ga kenapa2. skrg udah mau 5bulan adeknya

Baca lagi
1y ago

iyaa bun. tp saran saya, klo bisa disapih mending sapih saja. soalnya si kakak sama adek dlm perut kasian.. diri sendiri pun kasian krna jd lebih capek klo ntar hrus nyusuin dua. kalo sepengalamanku, asi jd kurang ada khasiat buat si kakak. krna asi pun jdinya berubah agak bening.. si kk bbrp bulan bbnya tetap malahan seringnya turun.. dan dia ga biasa sufor makanya saya ngerasa susah wktu itu.. ini untuk bayangan bunda aja yaa. saya pun ga maksa 😉 dokter kandungan tmpt ku ga ada yg setuju aku lanjutin asi, tp anaknya gabisa disapih.. jd mksud saya klo anaknya bisa kenalin sufor lebih dini itu bagus..

TapFluencer

Biasanya lagi hamil lalu menyusui akan mengakibatkan kontraksi. Lagian si Dede kan udah MPASI Bun, lebih baik di sapih dini aja. Tapi biasanya kalau menyusui itu KB alami loh. Saya juga Hb waktu anak masih seumuran itu, cuma tembak di luar walaupun lagi pakai alat kontrasepsi 😅 karena takut kejadiannya gitu, ntar ribet. Semoga bunda kuat yaa ♥️

Baca lagi
1y ago

Iya bener, anak saya 2T 7B aja belum saya sapih karena belum tega, apalagi anak masih 10 bulan 🥺

boleh tetap lanjut menyusui kok bun. asalkan bunda ga flek, ga ada riwayat keguguran atau melahirkan prematur. semoga hamil kali ini ga mabok, ga mual muntah parah ya, tetap sehat dan kuat, bisa disambi ngurus anak2..

Baca lagi
1y ago

aamiin... semoga saya kuat dan bisa melewati nya ya Bun..

ankku lahir jrak 15bln bun, skrng anknya 29bln kurang sm 13bln. hehe bgtu tau hamil kk usia 8bln bun dan aku hamil nya mulmun, kram sm nyeri jg. jdi lngsung di sapih kk usia 8bln ul 6-7w.

saya prnh alamin bunda,,ank bru mau 10bln udh hamil lgi mna lahir SC jg ank pas lg aktf2 ny

1y ago

aamiin