solusi problem baby sehabis sakit

hai bunda semuaa.. mau nanya dehh.. baby ku usia 6 bulan udah MP ASI juga.. baru sembuh dari sakit nihh.. terus dia sebentar2 minta nyusu terus.. kayak bawaanya haus terus gituu.. tapi.. lama2 di muntahin, banyak juga muntahnya.. dan dia juga gak mau makan kalaupun mau cuman dikit.. abis itu gak mauu.. minta solusinya dong bun.. makasih

3 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan
VIP Member

Muntah adalah mekanisme pertahanan tubuh supaya benda asing, kuman, keluar dari tubuh, sehingga anak lebih cepat sembuh.. Biasanya terjadi dalam 10 jam pertama.. Muntah membuat cairan dan makanan keluar dari tubuh sehingga anak beresiko dehidrasi.. Tubuh akan melakukan kompensasi dengan rasa haus sehingga anak ingin banyak minum.. Perlu dicatat berapa kali anak muntah (frekuensi), berapa banyak sekali muntah (volume), isi muntah (makanan, minuman, cacing), dan warna muntah (kuning, hijau, darah).. Mengatasi Muntah: Berikan minum sedikit tapi sering, bisa dengan sendok atau menakar jumlah cairan yang masuk.. Anak akan merasa haus, hindari kasih minum dalam jumlah banyak sekaligus, karena biasanya anak akan muntah lagi.. Cairan yang dipilih adalah cairan yang mengandung elektrolit (oralit, larutan gula garam, air kelapa).. Kalo masih menyusui, susui anak lebih sering.. Cari penyebab muntahnya.. Muntah bisa karena infeksi, keracunan makanan, kemasukan benda asing, atau tersedak.. Obat hanya diberikan jika sudah dicoba pemberian minum sedikit tapi sering, namun masih tidak berhasil dan ada tanda kekurangan cairan.. Obat untuk mengatasi muntah biasanya Domperidone 0,2-0,4 mg/kgBB/dosis, 3x sehari, diberikan 30 menit sebelum makan/ minum.. Perhatikan tanda dehidrasi, kalo ada tanda dehidrasi atau muntah berdarah, segera bawa ke IGD..

Baca lagi
6y ago

sama2 Bunda.. sehat selalu untuk Bunda dan keluarga.. 🙏🤗

Promo terbesar expert care sudah dimulai, diskon hingga Rp.100.000 sedang berlangsung di shopee, ada juga voucher diskon 100% alias gratis bagi bunda yang beruntung. Buruan cek di https://shope.ee/9UfEMMqqTg (id-125377)

Promo terbesar expert care sudah dimulai, diskon hingga Rp.100.000 sedang berlangsung di shopee, ada juga voucher diskon 100% alias gratis bagi bunda yang beruntung. Buruan cek di https://shope.ee/9UfEMMqqTg (id-125377)