kehamilan

Hai bunda, di sini adakah bunda yang sudah melakukan test untuk mengetahui apakah janin beresiko downsindrom atau tidak... Namanya test apa yaa? Trus kalo mau melakukan test nya itu dimna? Hatur nuhun

5 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan
VIP Member

Tes nya disebut 'amniocentesis'. Tes tersebut merupakan prosedur prenatal (sebelum kelahiran) untuk memeriksa kemungkinan kelainan janin termasuk down syndrome. Tes dilakukan dengan mengambil sampel cairan ketuban janin usia antara 16-20 minggu. Umumnya sangat baik ya bun, agar mengetahui keadaan janin dalam perut. Prosedurnya, ada jarum kecil yg akan dimasukkan melalui vagina ke rahim untuk mengambil sample ketuban bunda. Hasil tesnya bisa diketahui dalam waktu 5-7hari kerja.

Baca lagi
5y ago

Hehe iyaa.. emg mahal

Kemarin dokterku bilang ntr kalo uda 16w lebih baiknya tes screening gitu.. fetomaternal namanya.. sebenernya yang wajib tes itu katanya yg ada indikasi kelainan, tp buat yg engga, kalo bisa tes juga.. biar lebih detail tau kondisi janinnya..

Pake USG biasa cukup sebenernya kecuali kalo dari hsl USG dicurigai ada DS, biasanya dokter akan minta kita tes lanjutan bun. Tp kalo bunda pny uang lbh, bs aja tes NIPT. Biayanya mahal bun sekitar 8-10jt.

Triple Test (untuk mendeteksi resiko downsindrom) dan Torch Test (mendeteksi dini penyakit bawaan bayi dr virus toxo dan sebagainya) . Itu bsa langsung ke lab bun , biaya beda2 tiap kota . Rata2 1jt+

biasa yg nyaranin dokter bun,coba konsultasi dokter sl

5y ago

Oh berarti atas saran dokter yaa mba? Soalnya gatau nih kenapa kehamilan Pertama agak takut aja gitu,... Tp klo dokter nya tidak menyarankan ga usah yaa mba?