Yuk, tebak katanya!

Dua orang beruntung akan dapat ShopeePay Rp100,000! Game berlangsung hingga 04 Agustus 2022!
Dua orang beruntung akan dapat ShopeePay Rp100,000! Game berlangsung hingga 04 Agustus 2022!
Voice your Opinion
KONSTIPASI
MENSTRUASI
ELIMINASI

30840 merespon

1811 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

Menstruasi adalah hal umum yang dialami oleh semua wanita. Menstruasi merupakan siklus normal bulanan pada wanita yang ditandai dengan keluarnya darah dari vagina. Selama siklus menstruasi wanita (women cycle), tubuh sedang mempersiapkan kehamilan saat terjadi pembuahan. Jika selama siklus ini tidak terjadi pembuahan, maka lapisan dinding rahim akan mengalami peluruhan dan keluar bersama dengan darah dari vagina. Umumnya, siklus menstruasi normal pada wanita rata-rata terjadi setiap 28 hari. Namun, setiap wanita dapat memiliki siklus menstruasi yang berbeda-beda. Kebanyakan, wanita akan mengalami menstruasi pertama mereka antara usia 12-14 tahun. Tetapi, beberapa orang bisa mengalami menstruasi lebih awal atau lebih lambat dari itu. Tidak dapat diketahui pasti kapan menstruasi terjadi, namun Anda akan merasakan gejala menstruasi beberapa hari sebelum terjadi. Wanita akan berhenti mengalami menstruasi saat memasuki masa menopause. Masa menopause wanita biasanya antara usia 45-55 tahun. Jika hingga usia 16 tahun Anda tidak mengalami menstruasi. Ada baiknya mengunjungi dokter untuk berkonsultasi tentang kondisi Anda untuk mencari tahu apakah terdapat masalah pada sistem reproduksi Anda.

Baca lagi

Jawabannya adalah Menstruasi. Menstruasi adalah proses peluruhan dinding rahim (endometrium). Menstruasi terjadi saat sel telur (ovum) tidak dibuahi oleh sperma. Adapun tahapan dalam proses menstruasi yaitu sebagai berikut: 1. Hormon FSH dihasilkan oleh pituitari, FSH berperan dalam perkembangan folikel. (Fase Pra-Ovulasi) 2. Folikel yang telah matang menghasilkan estrogen. Hormon ini berperan untuk memicu penebalan dinding rahim 3. Peningkatan estrogen akan menekan FSH. Estrogen memicu kelenjar pituitari mengsekresikan hormon LH dan FSH. 4. Peningkatan hormon LH akan memicu pengeluaran sel telur dari folikel yang matang (Fase Ovulasi) 5. Folikel yang melepaskan sel telur berubah menjadi korpus luteum, sedangkan sel telur bergerak menuju tuba fallopi. 6. Korpus luteum merangsang produksi progesteron untuk mempertahankan ketebalan endometrium (dinding rahim) 7. Apabila tidak terjadi fertilisasi, korpus luteum menjadi korpus albikan. Produksi estrogen dan progesteron akan turun. 8. Dinding rahim (endometrium) akan luruh dan pembuluh darah pecah, sehingga terjadi menstruasi.

Baca lagi

assalamu'alaikum bunda" hebat saya bantu jawab dengan perspektif dan pngetahuan saya sendiri.. bismillah . dilihat dari gambar seorang perempuan sedang memegangi perut dan tampak menahan rasa sakit dan dilihat dari klue kalimat S N E U T R S A M I jika disusun menjadi kalimat MENSTRUASI. . jdi tampak pada gambar kalo si perempuan sedang menahan nyeri dan rasa kurang nyaman saat terjadi nya siklus menstruasi karena menstruasi ini terjadi setiap bulan kepada wanita, dan wanita mengalami perdarahan dari vagina. Darah menstruasi berasal dari lapisan rahim.Setiap bulan tubuh Anda mempersiapkan kehamilan dengan menghasilkan sel telur dari indung telur, proses yang disebut ovulasi. Jika kehamilan tidak terjadi, Anda mengalami menstruasi. dan ketika menstruasi terjadi di beberapa wanita sering mengalami rasa nyeri di area perut hingga area kewanitaan, rasa tidak nyaman itu bisa di atasi dengan di kompres air hangat namun jika nyeri berlangsung lama dan berlebihan bisa segera memeriksakan diri ke dokter takut terjadi penyakit yang serius.. . terimakasih

Baca lagi
VIP Member

Menstruasi (haid) atau datang bulan adalah perubahan fisiologis dalam tubuh wanita yang terjadi secara berkala dan dipengaruhi oleh hormon reproduksi baik FSH-Estrogen atau LH-Progesteron. Periode ini penting dalam hal reproduksi. Pada manusia, hal ini biasanya terjadi setiap bulan sejak menarche(menstruasi pertama) sampai menopause (menstruasi berhenti). Selain manusia, periode ini hanya terjadi pada primata2 besar, sementara bintang2 menyusui lainnya mengalami siklus estrus. Pada wanita siklus menstruasi rata-rata terjadi sekitar 28 hari, walaupun hal ini berlaku umum, tetapi tidak semua wanita memiliki siklus menstruasi yang sama, kadang-kadang siklus terjadi setiap 21 hari hingga 30 hari. Biasanya, menstruasi rata-rata terjadi 5 hari, kadang-kadang menstruasi juga dapat terjadi sekitar 2 hari sampai 7 hari paling lama 15 hari. Jika darah keluar lebih dari 15 hari maka itu termasuk darah penyakit. Umumnya darah yang hilang akibat menstruasi adalah 10mL hingga 80mL per hari tetapi biasanya dengan rata-rata 35mL per harinya.

Baca lagi

Siklus Bulanan yang dialami wanita berdasarkan gambar diatas jawabannya adalah MENSTRUASI . Menstruasi adalah keluarnya darah dari vagina sebagai akibat siklus bulanan yang dialami wanita. Siklus ini terjadi secara alami dan merupakan bagian dari proses organ reproduksi wanita untuk mempersiapkan kehamilan🤗

Baca lagi
2y ago

betul sekali bunda

gambar diatas menunjuk kan bahwa perempuan tersebut sedang kesakitan menahan nyeri dibawah perut akibat MENSTRUASI. MENSTRUASI... ada beberapa penyebutan untuk kata tersebut, yakni datang bulan, haid, atau kalau kami orang kampung nyebutnya halangan. MENSTRUASI merupakan siklus bulanan yang dialami oleh perempuan yang sebagian sudah dewasa atau menginjak masa remaja, berbagai rasa yang dialami ketika MENSTRUASI itu datang, ada sebagian yang mengalami nyeri dibawah perut, ada yang timbul jerawat, ada yang nyeri di area payudara, dan berbagai hal lain yang dirasakan oleh kaum perempuan, tetapi ada juga yang tidak merasakan apapun, bersyukurlah sedikit banyaknya mengurangi rasa sakitnya. MENSTRUASI juga mempengaruhi hormon kita, apalagi ketika pas tamu itu datang, tiba² nihh, apalagi kita kaum emak² yakan, bawaannya emosian mulu, dikit² marah, dikit² ngambek😁pokoknya kalau lagi dimasa itu kasian paksu jdi pelampiasan marah kita😁

Baca lagi

BISMILLAH SEMOGA DAPAT SALDO SHOPEE PAY, UNTUK BELANJA KEPERLUAN CALON DEBAY YG MAU LOUNCHING 🙏🙏 JAWABANNYA ADALAH MENSTRUASI adalah keluarnya darah dari vagina yang terjadi sebagai dampak dari siklus bulanan. Siklus yang menjadi bagian dari proses organ reproduksi wanita dalam mempersiapkan kehamilan ini berlangsung secara alami. Organ reproduksi wanita akan mempersiapkan kehamilan setiap bulannya. Persiapan ini ditandai dengan terjadinya penebalan pada dinding rahim (endometrium) yang berisi pembuluh darah. Apabila kehamilan tidak terjadi, endometrium akan luruh dan keluar bersama darah melalui vagina. Inilah yang dikenal dengan menstruasi.  Menstruasi pertama bisa terjadi lebih cepat atau lambat. Namun, siklus menstruasi pertama, rata-rata dimulai pada usia 12 tahun atau 2 sampai 3 tahun setelah payudara tumbuh. Siklus menstruasi ini akan terus berlangsung hingga memasuki masa menopause.

Baca lagi

Menstruasi adalah hal wajar yang akan dialami oleh setiap wanita yang sudah memasuki masa pubertas. Meski mengalaminya setiap bulan, tidak semua wanita tahu apa yang sebenarnya terjadi di dalam tubuh selama siklus menstruasi. Karena itu, simak penjelasan tentang siklus menstruasi di sini. Siklus menstruasi adalah perubahan yang terjadi dalam tubuh wanita, khususnya pada bagian organ reproduksi. Menstruasi terjadi ketika lapisan dinding rahim (endometrium) yang menebal luruh akibat tidak adanya pembuahan pada sel telur. Perlu diketahui, siklus menstruasi pada setiap wanita berbeda-beda, yaitu bisa terjadi antara 23–35 hari. Namun, rata-rata siklus menstruasi adalah 28 hari. Pada dasarnya, ada berbagai hormon yang mengatur siklus menstruasi wanita, baik yang dihasilkan oleh organ reproduksi maupun oleh kelenjar lain.

Baca lagi
TapFluencer

jawabannya adalah MENSTRUASI. Menstruasi adalah keluarnya darah dari vagina yang terjadi sebagai dampak dari siklus bulanan. Siklus yang menjadi bagian dari proses organ reproduksi wanita dalam mempersiapkan kehamilan ini berlangsung secara alami. Organ reproduksi wanita akan mempersiapkan kehamilan setiap bulannya. Persiapan ini ditandai dengan terjadinya penebalan pada dinding rahim (endometrium) yang berisi pembuluh darah. Apabila kehamilan tidak terjadi, endometrium akan luruh dan keluar bersama darah melalui vagina. Inilah yang dikenal dengan menstruasi.  Menstruasi pertama bisa terjadi lebih cepat atau lambat. Namun, siklus menstruasi pertama, rata-rata dimulai pada usia 12 tahun atau 2 sampai 3 tahun setelah payudara tumbuh. Siklus menstruasi ini akan terus berlangsung hingga memasuki masa menopause.

Baca lagi

#MENSTRUASI Menstruasi pertama kali bisa datang lebih cepat atau lambat. Namun, rata-rata siklus menstruasi pertama dimulai di usia 12 tahun, atau 2–3 tahun setelah payudara tumbuh. Siklus menstruasi tersebut akan terus berlangsung sampai masuk masa menopause. Siklus menstruasi terbagi menjadi empat fase, yaitu: 1. Fase menstruasi 2. Fase folikular 3. Fase ovulasi 4. Fase luteal Ada beberapa faktor yang dapat menjadi penyebab siklus menstruasi wanita tidak normal, yaitu: Menggunakan alat kontrasepsi bentuk IUD Mengonsumsi obat tertentu, seperti pil KB atau obat antidepresan Berolahraga terlalu berat Menderita penyakit tertentu, seperti hipertiroidisme, hipotiroidisme, atau polycystic ovarian syndrome (PCOS) Sedang hamil atau menyusui Menderita stres Menderita gangguan rahim seperti miom Merokok

Baca lagi