Untuk semua pejuang asi ini cerita saya

Enak ya asinya lancar, mending kamu bisa dapet banyak sekali mompa, asiku seret ini gak kaya kamu yang ngalir gitu. Kalo cuman lihat foto ini ya gak kaget banyak yang berspekulasi demikian. Tapi apa pernah bertanya bagaimana saya bisa mendapatkan stock sekian selama 10 hari?. Mungkin mbak ku yg tau bagaimana perjuangannya sampe rela tak repotin setiap kali galau masalah asi. Untuk dapet segitu 1. Niat BAJA Mendoktrin otak kalau saya WAJIB hukumnya memberi Asi. Itu dulu. Biar ga kalah sama perasaan pesimis kalau asi gak keluar atau gak cukup. Karna saya pun pernah mompa berjamjam hanya dapat 20ml, tau kan 20ml itu seberapa? Sedangkan El waktu itu sudah mau 5bulan, yg harusnya sekali minum 180-200ml. Tp saya ngotot keras kepala dan kekeuh. Entah ini sifat baik atau buruk. 2. Suport dari orang terdekat, terutama suami ini sangat berperan penting. Karna kalo waktu itu suami mengiyakan saya campur sufor ketika saya tinggal kerja sudah pasti sekarang El punya stock sufor di atas kulkas. Jangan salah suportnya ga hanya omongan. Ketika saya ngelamar kerja dan stock ASIP El ga ada sama sekali saya mompa sambil dengerin materi kerja. Dan jam istirahat pulang buat nganter AsiP ato ASIPnya di jemput suami. Bisa bayangin perjalanan ppnya 1jam itupun ngebut. Hadiah2kecil atau makanan pelancar asi juga jadi list wajib di beli suami haha.... 3. Ikhtiar dan berdoa, terdengar klise ya (yaiyalah usaha kalo ga ya mana ada hasil, tp aku udah usaha tp tetep ga keluar gimana donk?!) saya ga bisa memutuskan karna saya bukan paramedis. Tp kalo saya ketika itu tiap 2-3 jam saya pompa dan di tengah malam power pumping. Kebayang ga hampir sebagian waktu saya di buat untuk itu. Jeda waktu di buat untuk melakukan kegiatan rumah lain. Istirahatnya seadanya. Tp bukan berarti ga istirahat ya. Karna itu juga perlu. Selain itu membangun pikiran positif sebisa mungkin. Ini justru yang lebih sulit buat saya karna mood saya itu kadang sulit. 4. Tidak mudah menyerah, pahamilah kalau itu gak instant. Dari hanya 20ml dengan 1 kantung 120ml saya mompa dalam waktu 5jam setiap 15menit pompa 10menit itupun kalo ga di ganggu bayik. Kemudian naik 50ml setelah 3hari, kemudian 80ml setelah 5hari dan alhamdulillah sekarang 120-180ml. 5. Tetap memprioritaska Direct Breastfeeding (DBF) Tetap semangat untuk #pejuangasi semoga usahamu menjadi ladang pahala. Kita sama2 berusaha, sama2 belajar. Tidak ada perbedaan atau penggolongan eh ini anak sapi atau apa semua di ukur dari cinta ibu.

Untuk semua pejuang asi ini cerita saya
1 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

Puji Tuhan bund kl dengan usaha keras akhirnya bisa demikian. Tapi mb memang ada ibu yg asinya ga busa banyak seperti bunda, seperti aku. Setengah mati usahanya tp asiku mmng cuma sedikit, kanan kiri digabung cuma 25ml. Anak pertama dan ke2 begitu. Jd kl ada yg bunda enak bisa stock asi, percaya deh bund buat ibu2 kaya aku kami betul2 iri. Krn kami juga ingin anak kami full asi tp apa ada. Jd kl ada yg bilang enak ya bund asinya banyak, jangan sebel ya.

Baca lagi
5y ago

Betul bund makanya at last saya bilang tidak ada penggolongan atau ukuran. Semua di tentukan oleh cinta ibu. Mau pake sufor jg ga ada istilah anak sapi. Karna meski asi ibu lancar ada juga bayi yang alergi asi. Saya share pengalaman saya berjuang agar menjadi semangat ibu2 yang merasa asinya hanya sedikit sedangkan di tuntut untuk tetap bekerja. Seperti saya. Bunda 25ml dua pd saya malah hanya 20ml iyupun mompanya berjamjam setengah mati. Tp ya memang semua kembali ke tuhan kalau memang sudah ikhtiar tapi tuhan ngasih keputusan lain kita bisa apa ya kan. Yang pasti kasih sayang ibu yang membuat bayi tumbuh sehat dan bahagia.