Ngontrak rumah

Disini ada yg ngontrak rumah atau kos? Udah brp lama bund? Apa hal yg paling gak enak dari ngontrak/kos? Soalnya hari ini saya perdana ngontrak rumah, setelah 1.5 tahun pernikahan tinggal dirumah ibu. Ternyata mau gak mau, ngontrak adalah hal yg tak mudah, bukan perkara uang nya saja, tp ada perasaan sangat berbeda ketika tinggal sama ibu dan ngontrak bareng anak dan paksu saja. #curhatajabun

41 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

ada tetangga saya kontrak rumah samping saya . ini bukan maslah kontrak nya tapi kesiapan hati . saya posisi ibu 2 anak meski anak pertama 5 sd tp anak kedua saya usia 2 bulan lg cape capenya begadang . tp si tetangga saya manja bgt . bilangnya ngontrak krna tujuan mau mandiri jauh dr orgtua .. sehari dua hari smpai 1 bulan sy sabarin mngkin adaptasi . tiap hari main d rmh dr pagi smpe magrib kdg smpai jam 7 malam .. klo anak saya lg di jemur lgsg di gotong bntra biar ada alesna krmh pdhal sy xape klo pagi bangun subuh msak bbnah pagi jam 7 udh mndiin anak . n anak saya yg bayi baru tidur . singkat cerita kesehatan saya mulai ga baik saat itu menginjak anak abis imunisasi 2 bulan DPT SAMA Vaksin RV kan wjib 3 dosis ya usia 2 bulan 3 bulan dan 4 bulan .. mood saya ga bagus dia wa pun saya ga bales .. alesan sllu takut saat itu saya sngaja udh ga jemur anak saya .. krna lg cape bgt sm kelakuan tetangga .. saya jwb wa nya baru jam 10 km takut ajah coba km dzikirikan atau setel murotal . kt dia iya teh ini aku lg dnger ngaji ngaji . udh ga sy bale .. trus wa trus .. ga lama selang sejam kedenger brntem mngkin tlpon suami nya sy ga kluar hanya dnger dr rumah . krna dia tetangga smping persis .. eh nangis triak triak ky org kesurupan takut .. ya alloh ya robi suaminya bilang saya harus gimna saya harus kerja .. alhasil smnjak saya diemin dia wa . skg dia di rumah orgtuanya mlu .. trllu ke kanak kanakan sih . dan lucunya sy hanya imunisai anak dia apdet sttus yah kesepian deh tetangga pergi jd pngen nangis .. allohuakbar baru nemu org bgtu . sdgkn sy orgtua ga ada dua dua nya dr jaman skolah mertua pun sudah almarhum .. sy hanya dengan suami di perantauan dan anak ya sebisa kita ajah menjalankan hidup .. keterlaluan si ke kanak kanakan bgt .. apalagi saat saya lahiran sesar di rawat kan di rs 3 hari dan setelah itu d rmh ade sminggu betul betul telpon wa biar cepet plg .. logika klo saya plg emg dia mau pa toh saya juga harus istrahat untuk pemulihan ga sllu ngeladenin dia .. dr sy hamil lg mual apa saya nemenin dia d rmh sy . makan oun sy sediain .. minum di ambilin bner bner allohuakbar sm tingkah nya .. smpe plg kerja magrib or lewat magrib suaminya bilang km emg ga masak masak ???

Baca lagi

kalau saya jauuuuh lbh nyaman tinggal dkontrakan bun. pas awal menikah sy tinggal di kontrakan krn memang tempat kerja sy jauh dr rumah orangtua jd dr sebelum nikah memang sdh bbrapa thn tinggal di kosan dan kontrakan. pas setelah lahiran anak pertama sy tinggal drumah ortu krn dkontrakan waktu itu sy dan suami ga tau akan mnta dibantuin sm siapa krn kbetulan pas terakhir itu sy ngontrak di dalem perumahan yg agak cuek tetangga2nya dan agak jauh dr perkampungan warga asli. sy tinggal drumah ortu sy awalnya rencana hanya selama saya cuti melahirkan saja yaitu 3 bulan, tp rencana berubah krn sampai mepet sy harus masuk kerja sy masih blm bs nemu orang yg bisa momong bayi dsekitar kontrakan,ditambah suami sy jg ga yakin ninggalin anak bayi baru 2,5 bulan sm orang lain tanpa ada saudara akhirnya kami tunda pindah ke kontrakan daaaan keterusan sampai sekitar 1,5 tahun. dramanya banyak banget di rumah ibu saya. kbnyakan krn suami dan ibu sy kurang bs klop di beberapa hal,jd ibu sy sering ngedumel,suami sering ngedumel alhasil saya yg menderita krn terus2an hrs jadi penengah dan seringkali harus milih salah satu pendapat dan harus dimanyunin sm mereka. tp selama 1,5 thn itu kami berusaha utk bs tinggal sendiri bun,kalau utk ngontrak lg agak ribet pah waktu itu,akhirnya sy paksain ngambil rumah kpr meskipun subsidi,dibantu bpk sy dp nya. alhamdulillah dpt meskipun lmyn panjang prosesnya ditambah krn covid jd mundur2,tp ttp sy paksakan. yaa alasan lain sih krn sy udh kelibet hutang bun krn ongkos dr rumah ortu ketempat kerja sy hampir ngabisin gaji sebulan. jd ayah sy mau ngasih bantuan tp kami ga dibolehkan ngontrak,dsuruh langsung ambil rumah krn bbrapa pertimbangan lah. singkat cerita setelah tinggal dirumah baru meskipun sy kurang sreg sm lingkungannya,masih perumahan baru yg jauuuuh dr mana2,banyak dramanya lagi tapi kami merasa lbh tenang bun hanya bertiga saya suami dan anak pertama kami,dibanding ketika saat tinggal sm ibu sy

Baca lagi
TapFluencer

saya pertama ngontrak pas usia kaka 6bln, ya allah semua kaya blek ditanggung saya sendiri mana ekonomi lg bener2 seret kendaraan gak ada suami kerjapun banyak yg menghina karna cuma pake sepeda, nafkah sehari suami cuma mampu ngasih 5-10rb aja (beras dia belanja sendiri) lama-lama-lama-lama-lama dan lamaaaaaa banget ? hamdallah perjalanan kami lbh baik bertiga, ke ekonomi membaik kami butuh waktu 1.5th disitu kami bisa membeli cash motor NM* bisa jual beli cash/credik kendaraan/perabot/elektronik dan lainnya sampai kami bisa membeli 5-6motor untuk dikreditkan bund. tp setelah hampir 3th mengontrak suruh pulang lg kerumah ortu dan apa yg terjadi byk lg cekcok ekonomi amburadul semraut acak2an lagi tp doakan saya semoga dlm waktu 1.5th menetap disini(rumah ortu) ekonomi kami bisa cepat kembali pulih aamiin. kenapa gak diem dikontrakan aja kalo begitu??? yap betul banget itupun saya harapkan, kebetulan anak ciwi semua jd ortu kaya yg gak mau jauh2 gitu trs ortu juga gak tinggal disini tp ngerantau yg pulang cuma sebulan sekali atau semaunya entah 2-3bln sekali (sekalipun jarang pulang tp tetep lho bund banyak bgt perkara yg gak terduganya).

Baca lagi
VIP Member

Saya sudah rajin mengontrak sejak lahir, hehe, bersama ortu. Qadarullah wa maa syaa fa'ala. Dan sudah 6 tahun 4 bulan pula mengontrak bareng suami semenjak awal nikah, ini kontrakan ke-4 ? Eh 5 bln setelah nikah ortu pun jg ikut pindah ke kota yg sama, jarak dengan motoran hanya15menit, mana mereka dpt kontrakan di cluster bgs yg setahunnya cuman 12m, sementara suami dpt kontrakan petakan? Walaupun saat itu blm hamil n punya anak selama 2thn, tp sering ada panggilan dr ortu, diajak kondangan, atau minta nitip dibelikan inilah itulah (hanya bantuan n jasa, bukan dana, karena ayah msh nyupir n mereka ditopang oleh 2 kk saya), n saya pun jg suka nginep, apalagi setelah hamil makin sering. Terlebih setelah lahiran tinggal bbrp bln bareng ortu, n anak saya jd cucu mereka yg paling deket karena dr anak perempuan (kk saya 3 laki). #jdcurcol Enaknya ngontrak y menghindari konflik dgn ortu, ini udh pasti ada aja ketidaksesuaian kita yg memulai RT, dgn ortu kita sendiri, suami bisa jg engga nyaman, dll.

Baca lagi

saya usia pernikahan baru 6 th dan 6 th juga ngontrak...ga enaknya ga ada sih enak2 aja ehheheheh tp lebih enak di rumah orang tua ku...karena bangun tidur udah ada makanan baju udah distrikain...ga pernah beberes rumah...sayangnya jauh di malang dan kami tinggal di bekasi...andai 1 kota aku lebih milih di rumah ortuku...suamiku juga suka karena masakan mama ku lebih enak dr aku hahahaha kemarin kami tinggal disana 7 bulan karena saya hamil dan melahirkan..pas suami tengokin lah dia jatuh dan patah tulang jadi 2 bulan dia juga tinggal dirumah ortuku..makan ga pernah telat haha karena aku orngnya malas jadi masak itu tunggu mood jadi suka sarapannya siang klo engga ya beli di luar yg belum tau tentu enak atau engga... jd klo disurih pilih hidup kontrak atau di rumah orang tua...aku lebih milih di rumah ortu sih... jadi klo bunda merasa hal yang sama...pikir2 lagi kalau mau ngontrak karena hidup sama ortu dan nemenin mereka di masa tuanya itu rasa bahagia gitu...?

Baca lagi
VIP Member

Saya usia pernikahan 4th, ikut mertua juga 4th lama nya. Dan baru aja nge kos 1 bulan ini. Baru minggu kmarin gapunya uang bingung gabisa makan n mkan apa ada nya. Tapi, alhamdulillah nikmat banget hati tenang g ada mertua n bsa bebas beli mkanan apa aja tanpa ada yg teriak", ngomel", pa lagi nyindir". Memang, anak ku sedang masa aktif" nya. Dan memang menguras tenaga juga, tapi dr situ saya dan suami bsa belajar mandri, sabar dalam ngadepin masalah tanpa ada orang lain yg ikut campur. Urusan ekonomi saya pasrahkan aja ma Allah sambil trus ikhtiar langit dan suami ikhtiar bumi. Insya Allah pasti ada jalan dan ada rezeki entah itu dr mna datang nya. Malah saya bersyukur banget bisa misah dr mertua, bisa jd diri sendri dan mo ngapa aja ma suami mah bebas gaperlu bisik" ?terkecuali pas ada anak. Ya begitulah bun, pokok nya nikmat alhamdulillah... ?

Baca lagi
9mo ago

Iya bun, mau beli ini itu mah bebas g sembunyi" lagi. Gak tertekan juga dan tenang. Mau rebahan, mager mah bebas juga g ada yg ngomel". Serasa nikmati hidup n bersyukur banget.

saya ngontrak 2thn bund, enak gg enaknya itu sudah resiko masing".. tapi bagi saya yg sudah kenyang ikut orang sebelum nikah karna ortu sudah meninggal semua jadi ketika saya ngontrak itu MERDEKA, artinya.. saya bisa melakukan apa saja yg saya mau, resikonya banyak.. cape iya, semua ditanggung sendiri.. tapi itu lebih baik menurut saya drpd ikut orang, karna sebaik apapun orang itu kalau kita tumpangi ketika jeleknya kita terlihat.. hmmmm... semua diungkit jeleknya kita.. sudahlah gg jadi merdeka bund,. tapi syaa seneng kok walaupun ngontrak, gg ada yg direpotkan.. mau masak monggo, gg bisa masak ya beli, mau nyuci monggo, gg bisa nyuci ya besok nyucinya, ya tergantung kapan bisanya.. gg ada juga yg nglarang.. toh sama suami juga kerja sama pekerjaan rumah.. intinya dibuat nyaman aja.. sedih"nya sudah saatnya kita membangun bahagia bersama anak"..

Baca lagi

saya dr awal nikah gapernah numpang sm mertua ataupun sm ortu sendiri bund.. memang d awal" rada aneh krna biasanya sblm menikah tinggal d rmh yg agak rame, sdgkan abis ngontrak cm brdua sm suami atau bhkan tinggal sndri pas suami kerja.. tp it's okay bund, mau kita sulit mau kita lg mudah rejekinya org gada yg tau asal kita juga bsa jaga aib keluarga dan ga gampang join gosip" tetangga.. terus terhindar dr konflik" dg ortu atau mertua, ckup ktmu pas lg kangen aja.. itupun cm shri 2 hri.. sisanya jalani brdua sm suami.. btw saya baru 8 bln pernikahan dan sdg hamil anak pertama.. semangatt ya bundaaa... ?

Baca lagi

saya ngontrak bun, ya kira2 udh 3,5 thn. yg paling nggak enak? saya bingung juga jawabnya ?? saya sih ini udh nempatin kontrakan ketiga. kontrakan pertama pindah karena mau direnov dan kebetulan juga saya mau lahiran anak pertama, jadi pindah ke tempat yg lebih deket ke mertua. kontrakan kedua, saya pindah karena situasi di sekitar kontrakan yg "mendadak" berubah nggak nyaman buat kami sekeluarga. ini udh kontrakan ketiga, so far nggak ada keluhan yg berarti sih... mungkin karena saya juga sebelumnya udh 8 tahun tinggal sendiri di perantauan ya bun, jadi ya udah biasa apa2 sendiri..

Baca lagi
VIP Member

aku ngontrak dri awal nikah bun(skitar 4 taunan), krna suami kerja diluar kota jd otomatis aku ikut mrantau.. gaenak nya, semuaa kbutuhan jadi dtanggung sendiri ?? smua smua kudu mandiri.. yah sama kaya ngekos pas kuliah dulu si.. dan gaenaknya awal jauh dri kluarga/ortu tu brasa pengen pulang mulu, kangen ortu, ngrasa sndiri klo dtinggal suami kerja, ga ada temen ngobrol, ga rame, dll lah untungnya masi bisa pulkam.. tpi smenjak ada anak, klo pulkam butuh biaya lebih lebih lebih.. itu yg butuh effort bgd ??

Baca lagi