Diabetes saat hamil, bagaimana ciri dan mencegahnya?

Diabetes saat hamil atau disebut juga dengan diabetes gestasional yaitu kondisi saat ibu hamil mengalami peningkatan kadar gula darah selama kehamilan. Beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko seorang untuk mengalami diabetes gestasional antara lain: 1. Memiliki riwayat keluarga dengan diabetes 2. Memiliki indeks massa tubuh (BMI) yang tinggi 3. Pernah mengalami diabetes gestasional pada kehamilan sebelumnya Bahayanya, jika diabetes gestasional tidak diobati, dapat meningkatkan risiko komplikasi kehamilan, seperti bayi yang lahir dengan berat badan yang tinggi atau lahir prematur. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut soal diabetes saat hamil ini, terutama ciri dan cara pencegahannya, kita bisa membahasanya pada sesi tanya pakar kali ini ya! Parents bisa bertanya di kolom komentar dan saya akan menjawab beberapa pertanyaan terbaik yang sesuai dengan tema.

Diabetes saat hamil, bagaimana ciri dan mencegahnya?
19 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

semoga masih keburu terjawab.. untuk pengecekan apakah harus cek lab? tidak ada tanda-tanda yang harus diwaspadai kah? saya sedang hamil 30w dan kaki saya sangat sakit sekali apalagi dilutut saat tidur pun sakit, saya juga sangat suka makan dan minum manis rasanya seperti bikin tambah tenaga, saya gampang lelah, bb saya juga naik pesat di tm2 kehamilan. almh ibu dan almh nene saya punya riwayat diabet. saat saya konsul ke bidan beliau tidak menyarankan untuk cek lab lengkap, katanya cukup yg triple eliminasi itu aja.

Baca lagi
1y ago

terimakasih mba @Ika atas sharingnya.. saya memutuskan untuk cek lab esok/lusa, memang di bidan bilang gpp gausah katanya dan dr obgyn saya pun kemarin bilang begitu tapi saya ragu dan agar tenang saja. do'akan semoga hasilnya baik ya.

dok , saya kmren sempat di rawat di rsu 3 hari , saya di diagnosa kontraksi prematur , tp alhamdulillah janin masih bisa di pertahankan di dlm kandungan . saya bingung dok itu penyebabnya apa ya dok . coz saya cek gula darah dan itu normal . o ya usia kehamilan saya 30 week gameli dok ... nah setelah saya normal kembali . saya di kasih obat nifedipine dan harus habis . tp setiap saya minum setelahnya saya merasakan pusing , mual , dan jantung berdebar kencang .. apa obat nya masih bisa di lanjut dok apa berhenti saja . coz rasa sakit kontraksinya sudah hilang . mhon jawaban nya ya dok .. terima kasih

Baca lagi
1y ago

o gt , tekanan darah saya normal sih bu .. iya kyaknya harus istrhat dlu aja ya .. mksih saran nya 🙏

kakakku sesar bayi nya 5,5 kg... lahir prematur di 8 bulan... sekarang udah meninggal kakakku karna komplikasi udah menyerang jantung sampe otak... anaknya sekarang umur 3 thn sebelum nya kakak tiap hari minum es beli di warung.. tiap hari beli es nutrisari.. kadang sehari 2x.. harusnya gak boleh konsumsi itu

Baca lagi
1y ago

nutrisari ada peringatan nya di blakang kemasan GK boleh untuk ibu hamil karna mengandung pemanis buatan bun

TapFluencer

Semoga masih bisa terjawab… Saya hamil 37 minggu 1 hari, mulai dari 2 mnggu yg lalu sya perhatikan kuku tangan sya agak sedikit berwarna kuning stengah hingga ke ujungnya, padahal sebelumnya tidak. Saya baca” di google itu salah satu tanda diabetes dan Hepatitis. Apakah benar?

1y ago

bantu jawab: alangkah lebih baik jika kita melakukan cek laborat. jika hepatitis pada seklera mata biasanya juga kuning.

jd inget dokter stela, pas sy praktek di persahabatan, beliau bener2 tegas, trampil, pinter bgt.. pas di ok jahit pasien anak2 beliau sambil jelasin. sukses terus dokter stela ❤

jika kadargula sudah terlalu tinggi, bagaimana cara menurunkannya ?

1y ago

aku g dapat suntikan insulin Bun dr dokter kandungan dulu, pas pendarahan di RS juga ga di suntik insulin Bun aku

saya sudah cek lab dan hasilnya cukup tinggi. bagaimana cara mengatasinya? apakah harus minum obat atau bisa dengan kontrol pola makan? terima kasih.

Dokterkuuuuuuuu❤ kepo dong dok tanda-tandanya kena diabetes waktu hamil gimana ya dok? See you bulan depan dok❤

Saya hamil week 30 sering pipis dan gampang haus dok, ini gejala kehamilan normal atau gejala diabetes ya? Bagaimana membedakannya?

Kemarin cek lab dan gula darah sewaktu saya 111 dok. Normal nggak ya?

1y ago

aku 90 ktny bagus .tp kt ortu ku kurang yg bnr yg mnaa