rumah tngga tdk bebas.

Buns say ,maaf sya mau curhat dsni... Sya bru 2 bln menikah dr awal nikah smpe skrg msih tggal drmh mertua.. Drmah tu sgla pkerjaan rata2 mertua sllu nyuruh suami sya,misal blnja ke psar, buang smpah,beres2 rmah dll. Dan mertua sdh spkat kami dlm wktu dkat mau pndah rmah,kmi sdh ambil kredit rmah yg agak jauh dri rmh mertua. Tp mertua berpesan ke suami sya wlw kelak sdah pndah suami sya hrus tiap hri dri pagi smpai sore stay drmh ortunya (skdr utk ngerjain pkerjaan rmh dsna) krn tipe suami ku org ny penurut n mau bntah ortu tu ga bs,kesal tp ia pendam. Suami skrg sikon nya sdh tdk bkerja dluar krn pandemi,dlu krywan swsta. Skrg suami krja nya nerima pasien ruqyah,jd agen pulsa N dgang parfum. Sya ingn pisah rmh dri mertua tu biar suami n aq bebas jalani kehidupan n pekerjaan kami. Tp malah ortu nya sllu menekankan utk ttep ksana misal dah pndah. Sikon skrg aq lg hamil 8 week. Ga bole dkter bwa mtor sndri jd aq kerja(guru) di antr jmput suami. Tuh pun mertua ngomel trus ke kami ...nyuruh aq hrus bwa kndaraan sndri aja. Tmpt ku ngajar sktr 30 mnit dri rmh mertua. Aq jd makin ga nyaman buns... Gmna pndpat n masukan buns soal mslah sya....

22 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

Coba bicara baik2 sma suami utk tegas ke ibuny dan prlahan d lakukan dgn tindakan bund, misal skdar main sbntar shari 2jm d mertua nnti bsokny 3hari skli k rmah mrtua nnti 1mnggu skli trs 1bln skli,, trs udah g usah trllu dngerin omelanny bund, yg pnting mah kita sbgai anak nengok ortu ya minimal 1mnggu skli atau 1bln skli,, trs slbihny mslh antar jmput ya itukn urusan rmahtangga bunda ga sharusny mertua ikut campur,, harus tegas ya bund, aplgi kondisi skrng lg hamil hrs bnr2 hati2 dn jgn trllu cape,, ingetin ke mertuany klo skrng tuh udh mnikah jd ada batasanny mhon pngertianny gtu

Baca lagi
2y ago

Ya bun bner nnti ku cba ikutin saran bun...syukron bun

Obrolin aja sama suami bun. Apa mau ada apa² sama kehamilan istri? Dulu hamil anak pertama sama ketiga saya biasa sendiri sampai pas hamil anak ke 3 sempet jatuh dr motor. Alhamdulillah gak knp² sama anak sy. Akhirnya skrg hamil anak ke 4 sy gak boleh kmana² sendiri, suami standby ngantar saya kmana²/gak dia yg kluar entah blanja/anterjemput anak dll. Jelasin jg ke mertua baik². Dokter yg nglarang, kan sdh jadi suami. Wajib dong jaga istri nya klo gak malah di anggap nelantari istri

Baca lagi
2y ago

Iya bun ya... Kdg emng dongkoL hati dgernya

Lah mertua mu udah sepuh banget apa gimana?? Kan kewajiban mertua perempuan mu yang beberes rumah. Masa iya anaknya yang Beres² semuanya. Apalagi anaknya udah nikah. Berbakti gak gitu juga kali caranya Malah kaya kerja jadi pembantu gak sih kesannya. Disuruh kesana buat beberes doang Lah tangan sama kakinya mertua buat apa??? Masih berfungsi kan? Keterlaluan sih Udah nikah y prioritas utama ya istri. Masa iya mau beresin rumah emaknya trus seumur hidup??

Baca lagi
2y ago

Yaudah Bun Lain kali ga perlu lagi suami kesana buat Beres² Suami bukan pembantu Ga bisa diperlakukan semena-mena gitu Suami kan juga anaknya mereka,, gaboleh seperti itu seharusnya Yang sabar ya Bun Suruh suami sesekali menolak kalau disuruh beberes. Biarin aja mau ngomel lah bunn Kasihan suami muu

otak mertua nya mesti di rukiah. suami di sadarin bun. harus tegas kalo bunda knapa2 di jalan ke guguran mau g? kalo suami harus stay disana sama aja ngetek maknya. trus pemasukan suami dr mana kalo dr pagi sampe sote di sana. ga kerja kan stdaknya bisa jualan. gila hila. apa ditumah mertua ga ada org lain. tapi kalo misal mertua yg bayarin perumahanya terima aj lah

Baca lagi
2y ago

Ga bun...yg byar perumahan tu dana kami sndri. Drmh mertua ada adik ipar laki tp di manja bner ga pernah dsuruh ini itu

Mertua egois. Konsep anak harus ngikutin semua omongan ortu walau udah punya keluarga sendiri ato bahkan omongan ortu nya itu gak bener/egois tuh masih aneh menurut sy. Bicarakan sm suami baik2 deh bun tp mesti udah siapin strategi/solusi spy suami gak terbebani... Aduh pelajaran ya buat kita2 parents jgn begitu sama anak dan menantu nantinya.

Baca lagi
2y ago

Ya bner bun jd pljran buat kita kelak. Maksih bun

Suami ada kewajiban nurut sama ibunya, tapi mertua ga ada hak ngatur rumah tangga bunda dan suami. Nurut sama orang tua itu dalam kebaikan, kalo bawa mudhorot ya jangan turutin, bunda keguguran mau tanggung jawab ngga dia, ngoceh aja bisanya. Cuekin aja bun, mertua bukan Tuhan yg harus dipatuhin tiap detik

Baca lagi
2y ago

Bner bget tu bun aplgi ni anak pertma kami aq mao jaga baik2. Mksih masukannya bun

Emang susah sih bun punya suami yg jadi anak paling diandalkan sama ortunya. Suami saya juga gitu, pamer apa2 minta tolongnya ke suami saya, padahal anaknya yg dekat gak cuma suami saya aja. Tapi yaudahlah bun, kita anggap amal ibadah ke ortu aja...

2y ago

Hehe sama ya bun..mya kdng dongkoL aja di hati .. Malah smpet dlu pas hmpir sebulan nikah tu ada kjdian di rmh mertua yg mmbuat mama mertua nyumpahin suami ku (yg jg nyumpahin aq scra tak lgsg) sngguh aq syok n kek stress wktu tu,suami jg, problem yg ada tu ya cm krn salah paham. Skuat aq byk doa. Akhirnya Allah ttep tunjukkan kuasanya scpat mngkin...

VIP Member

Lah terus buat apa beli rumah tapi masih disuruh tiap hari dateng kesitu dari pagi sampe sore yak?? 😅 Rumah cuma buat tempat tidur aja gitu?? 😂 Emang anak mertua bunda ada berapa?? Sodara suami apa gk pernah bantuin gitu??

2y ago

Bner tu bun...tp ya kdg saat ni bs bnyk2 doa

Ya allah .. bunntegas sama suamii.. klo suami mau patuh ke org tua cukup berkunjung aja jgnu mau d suruh2 Kn suami bunda kerja iya x stay dri pagi sampe sore.. ya allah

2y ago

Makaasiihh bunn😊

Tegas aja.. namanya udh punya rumah tangga sendiri ya gmn pun harus bs sdkit dmi sdkit lepas dr ortu, aplg suami anak laki, Tegasin aja suaminya bun.

2y ago

Ya bun nnti ku bcrkan sm suami...mksh bun