Kopi untuk ibu hamil

Bunda saya hamil 24w, mulai 20w itu suka sekali minum kopi hitam. Menurut bunda bunda gimana efek untuk debaynya?

22 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan
VIP Member

kalau Sudah terlanjur ya Sudah mam. tapi dihentikan mulai skrg. bahaya kafein (kopi, teh (termasuk zat tenin), coklat, alkohol) sangat berpegaruh pada janin. bisa memicu still birth (kelahiran bayi meninggal), berat badan rendah saat lahir, keguguran, anemia dll. kutipan artikel assian parent ya : Melansir dari laman The Guardian, tidak ada batasan aman untuk mengonsumsi kopi bagi ibu hamil artinya ibu hamil mesti berhenti minum kopi untuk membantu menghindari keguguran, berat lahir rendah, dan lahir mati.  Penelitian yang diterbitkan dalam European Journal of Obstetrics, Gynecology and Reproductive Biology, menemukan bahwa untuk setiap 100 mg kafein yang dikonsumsi per hari, risiko perempuan mengalami stillbirthmeningkat 27%, jika dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsinya sama sekali. Sementara itu, secangkir kopi filter mengandung sekitar 120 mg kafein. Jadi, ketika ibu hamil mengonsumsi satu cangkir kopi bisa meningkatkan risiko stillbirth hingga 27%. Oleh karena itu, sebisa mungkin ibu hamil menghindari kafein pada akhir kehamilannya.  Studi ini menunjukkan bahwa asupan kafein yang melebihi batas yang direkomendasikan WHO dikaitkan dengan peningkatan risiko lahir mati 2,3 kali lipat setelah 28 minggu kehamilan. semoga jawabannya membantu ya mama 💕💕💕☺

Baca lagi
1y ago

sama2 mama 💕☺☺

VIP Member

iya Bun ko sama, pas awal awal hamil saya gak pernah minum kopi, sekarang 24w suka nyicip kopi suami kadang jadi tinggal setengah 😂 enak banget tadinya pusing jadi cenghar kata saya dalem ati, gpp kali ya dikit mah 🤭 itupun jarang jarang, kalau pas pengen aja

boleh2 aja sih bun..tp ga sering2.. kalo sy smnjk hamil udah jrg banget minum kopi hanya pas pengen aja.. tp kmren beneran kepengen alhasil minum kopi,eh pas ke bu bidan d tes djj pake doppler djj bayi sy ga beraturan..sy rasa kandungan kafein ngaruh buat bayi..

AQ kmrn pas hamil tua g bisa lg ngempet Bun😅...tp saya batesi..plg cmn 1-2X satu Minggu nya...skrg menyusui jg gtu....😁..pdhl hamil ank pertama dulu sama sekali g mau kopi...bawaan bayi beda2 ya🤗....(sblm hamil pecinta kopi soalnya🤭)

kopi mengandung kafein dalam dosis tinggi bisa mngakibatkan HB rendah & dll.. . q aja yg pncinta ngopi semenjak hamil lngsung perhenti.. . pnya hp modern + kuota bnyka tolong buat serching" ya bund..biar tmbah wawasan

Kafein dalam dosis tinggi bisa memperlambat pertunbuhan bayi, untuk ibunya sendiri penyerapan zat besi jadi terhambat, bisa jadi anemia. Sebaiknya dikurangi yah bun, kalau bisa sih jangan setiap hari minumnya

kafein tidak bagus untuk perkembangan janin,, boleh minum tpi sbaiknya dikurangi,, sy smnjak hamil kalo minum teh atau kopi plg segelas kecil aja, atau icip2 punya suami aja,,

VIP Member

Gapapa 1x sehari, kalo bisa di selang selingin jangan setiap hari Karna dari awal kehamilan sampai melahirkan sayaa wajib minum kopi Puji Tuhan debay sehat

3mo ago

sama bun, saya sampai besok nya mau melahirkan..malam nya masih sempat ngopi di tempat teman. Allhmdullillah, bayi sehat...mngkin semua tergantung sugest kita juga...

Klo melebihi 200mg (maks 2 gelas perhari) jgn bund, krn nnti detak jntung bayi meningkat dan bahaya. sebaiknya mulai di kurangin aja bund konsumsi kopinya..

jgn sring" bun gk baik, klau sya mnum kopi klau lg kpngin bngt itu pun di tm 3 mnumnya, mnum jg gk smpe hbis pling mnum stngh glas ajh