Apakah Perlu Cek Darah Di Trimester Pertama?

Bunda2 Mau Tanya Dong Di Kehamilan Trimester Pertama Perlu Melakukan Tes Darah Ga? Soalnya Ada Bilang Klo Saya Harus buru2 Cek Tokso/rubella, tapi setelah konsul sama bidan katanya, sebenernya cek tokso/rubella itu biasanya buat yg sering mengalami keguguran. Bener ga sih bun?

34 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

Ga tau sih wajib atau engga.tapi awal hamil dan awal ke puskesmas mereka menyarankan aku cek leb . Dan sekarang usia 36w amu juga disarankan cek leb . Jdi aku mah mangut" aja pas disuru soalnya ga tau itu penting atau engga buat kehamilan .🤭 Tapi pas tm 3 kayanya itu wajib banget karna kita bisa tau kita harus sc atau normal .

Baca lagi
VIP Member

Kl memang ada biaya lebih. Lebih bagus cek tokso rubella sebelum promil. Biasanya yg disarankan memang yg pernah keguguran seblumnya. Saya jg pernah keguguran dan disarankan cek tokso rubella. Tp saya tidak lakukan krn mahal. Tp alhmdulillah kehamilan ke2 sehat anak saya sudah umur 1th.

Aku hamil pertama gada riwayat keguguran tp pas tes TORCH ternyata positif tokso jd harus konsumsi obat secara berkala karena emang beresiko keguguran dan bayi lahir dengan kelainan. Mahal sih memang 2jt seingetku (termasuk cek darah lengkap) tp jadi tau masalah apa yg sedang dialami

TapFluencer

kalo aku si waktu itu diambil darah n tes urin bun di bidan puskes, buat periksa HIV HB sm penyakit2 lainnya lah yg ada di ibunya dan buat mencegah juga biar si baby baik2 aja dlm kandungan si ibu yg sehat. dan alhamdulillah hasil labnya memuaskan.

5y ago

ok bunda makasi infonya ya

VIP Member

Biasanya pas pertama kali cek kehamilan di dokter, memang disuruh tes darah ini itu Bun. Buat ngecek semuanya. Kalo tes torch/tokso itu pilihan sih Bun, kalo berisiko boleh lakuin aja. Terutama kalo Bunda pernah keguguran sebelumnya.

5y ago

Alhamdulillah ini kehamilan prtm bun dan selama 8,5thn itu alhamdulillah blm prnh keguguran bun. ok deh next kontrol selanjutnya nnti sya cba ke Spog sja dan mnt cek darah lengkap

Promo terbesar expert care sudah dimulai, diskon hingga Rp.100.000 sedang berlangsung di shopee, ada juga voucher diskon 100% alias gratis bagi bunda yang beruntung. Buruan cek di https://shope.ee/9UfEMMqqTg (id-136710)

sekarang udh ada peraturan bgitu bun.. untuk mengetahui penderita calon ibu.. pokonya sekrng macam macam cek laboratorium dll saya juga gitu bun.. apa lagi klo ada keluhan sering pusing.. itu untuk mengetahui HB..

5y ago

iya bun mmg hrs dri kitanya yg aktif bertanya

Tes torch cuma buat yg ada riwayat keguguran berulang aj, bund ☺️ kalo nggak, ya gk perlu.. selama babynya sehat & kehamilan gk ada masalah, tes darah reguler aj di pkm kyk hb, hiv & hepatitis

saya juga disuruh cek darah,sekarang mah soalnya udah di wajibkan buat bumil melakukan cek darah,takutnyaa ada penyakit atau masalah .. jadi bisa di atasi sedini mungkin ..

Saya trisemester pertama d sruh cek sama bidanx bun,, Karen biar c4 ketahuan bun biar c4 d obtain. Tpi bukan tes tu saya kmren test anc terpadu gtu k puskemas

5y ago

Iy bun amienn ya rabb🙏🙏🙏