Sulit Tidur

Bunda,,,, bgi tips cra mengatasi sulit tidur dimlm hari donk,,, khmln kdua mnju 3 buln ini ssah bnget tdurnya, pdhl siangnya jg g prnh tdur, ttap dbwa krja, tpi mlamnya ko msh susah tdur jg y,,, ky gelisah gitu, pdhl udh dbkin rileks.

2 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan
VIP Member

halo bunda, itu hal wajar y bunda Peningkatan hormon progesteron Meski ibu hamil muda sering merasa mengantuk seiring dengan peningkatan hormon progesteron. Namun sayangnya banyak yang mengalami gangguan kualitas tidur, seperti sering terbangun saat tidur malam. Hal ini terbukti dalam sebuah studi yang meneliti pola tidur sekelompok wanita sebelum hamil dan setelah hamil. Total waktu tidur saat hamil muda mengalami peningkatan, hanya saja mereka tidak dapat mencapai tidur nyenyak (berkualitas). Hal ini kemudian dapat diiringi dengan rasa lemas hingga depresi. Perubahan fisik yang mengganggu Payudara saat hamil biasanya akan membesar dan nyeri saat tersentuh. Posisi tidur yang menekan payudara akan membuat ibu hamil muda sulit tidur, apalagi jika ibu hamil terbiasa tidur tengkurap Penting untuk menyesuaikan posisi tidur . Rasa mual  dapat dialami sepanjang hari, termasuk malam. Rasa mual yang sering diiringi muntah, akan menyebabkan susah tidur malam atau membuat ibu hamil terbangun lebih cepat dari jadwal tidur. Biasanya ini terjadi pada 12 minggu pertama kehamilan. Sering buang air kecil hormon progesteron akan memengaruhi kelenturan otot dinding organ berkemih, sehingga ibu hamil kerap merasa ingin buang air kecil. Umumnya, ibu hamil terbangun untuk buang air kecil lebih dari satu kali pada malam hari. Hal ini tentunya akan mengganggu waktu tidur malam. Nyeri ulu hati Nyeri ulu hati dapat mengganggu tidur ibu hamil muda, bahkan membuat sang ibu tetap terbangun sepanjang malam. Apalagi ditambah nyeri akibat wasir Kondisi ini juga bisa menambah kesulitan ibu hamil muda untuk jatuh tertidur. Untuk mengatasi susah tidur malam, ibu hamil muda dapat menyesuaikan beberapa kondisi seperti : Memperbaiki posisi tidur Ibu hamil sebaiknya membiasakan diri tidur miring ke sebelah kiri untuk meningkatkan aliran darah dan nutrisi pada janin, serta proses pembuangan dari ginjal. Hindari tidur tengkurap pada saat hamil. Menyediakan waktu untuk tidur siang Ibu hamil sering merasa mengantuk saat siang hari yang dipicu oleh hormon progesteron Hal ini juga bisa menggantikan waktu tidur malam yang seringkali terganggu. Memastikan cukup minum air Utamakan minum air saat pagi dan siang hari. Namun, batasi minum beberapa jam sebelum memasuki waktu tidur. Mengonsumsi camilan Ibu hamil disarankan mengonsumsi camilan tiap beberapa jam, untuk  menghindari mual yang dapat mengganggu waktu tidur Anda. Mengganti lampu di kamar mandi dengan lampu redup Hal ini dapat membantu ibu hamil lebih mudah kembali tidur setelah terbangun. Sebenarnya susah tidur malam saat hamil muda tergolong wajar. Namun, jika gangguan tidur terjadi berlarut-larut dan mengganggu aktivitas ibu hamil, sebaiknya segera konsultasi kan kedokter y bunda.

Baca lagi
5y ago

jika tdur terlentang bayi akan merasakan sempit pada ruang oksigen nya, karna bayi smakin membesar

Promo terbesar expert care sudah dimulai, diskon hingga Rp.100.000 sedang berlangsung di shopee, ada juga voucher diskon 100% alias gratis bagi bunda yang beruntung. Buruan cek di https://shope.ee/9UfEMMqqTg (id-96779)