ANC ??

Bund mau tanya......kemarin saya kontrol k dokter trs di kasih surat pengantar buat ke bidan terdekat untuk perawatan anc Maksudnya gmn ya? Ada yg pernah di suruh dokternya sama seperti saya? Biasanya setelah perwatan anc l bidan apa balik kontrol ke dokternya? Mohon masukannya.....☺

2 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan
VIP Member

ANC itu antenatal care bun. Pemeriksaan rutin ibu hamil hingga masa nifas, tujuannya untuk menghindari komplikasi selama kehamilan. Biasanya dilakukan di puskesmas kalau sama bidan. Nanti rangkaiannya ada tes Lab untuk darah dan urin (untuk mngtahui goldar, HIV, penyakit menular, HB, protein urin, dll) biasanya dilakukan 3 kali selama kehamilan (TM 1, 2 dan 3 pas mndekati persalinan), selain itu ada juga pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut serta biasanya ada jg pemeriksaan mata untuk bunda yg memiliki minus tinggi.

Baca lagi
5y ago

Kontrol 2x seminggu itu karena saya ke dokter dan puskes bun. Kalau dokter aja atau bidan aja dibawah uk 8 bulan kontrol 1 bulan sekali aja. Nanti 8 bln keatas baru 2x seminggu. Kalau saya dulu hamil pertama malah 8 bln keatas kontrol seminggu sekali, 2x di dr untuk USG dan 2x di bidan untuk check up rutin.

VIP Member

G tny sm dokter ny bunf