Minta pendapat soal keuangan bun.

Bun minta sarannya dong, saya irt suami kerja penghasilan perbulan 2,4. Kalo tiap bulan gk ngasih ke mertua ato ortu kira² masalah gk sih ? Ya sebenernya sih untuk sehari² uang segitu udah pas banget. Cuman khawatirnya mertua ngejelekin dari belakang karna gk pernah ngasih. Tapi alhamdulilahnya ortu sama mertua sama sama pensiunan PNS. Kira kira gimana ya bun

38 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan
TapFluencer

Menurut saya sih, yang paling penting dilakukan adalah bicarakan dengan suamimu soal akan ngasih ke ortu dan mertua atau tidak karena apakah nanti jadi masalah atau tidak itu kan tergantung keridhoan suami dan kesepakatan di antara kalian berdua. Setahu saya sih, setelah menikah, yang perlu diutamakan yang mencukupi kebutuhan rumah tangga dulu. Jika ada kelebihan, baru boleh memberikan mertua maupun ortu. Jadi ngasih ortu maupun mertua itu bukan kewajiban, tapi lebih ke kebiasaan saja. Jika bisa memberi dengan ikhlas untuk ortu maupun mertua kan alhamdulillah. Itu hal baik karena kita bisa memberi dan menyenangkan ortu maupun mertua, insya Allah menambah keberkahan rezeki yang kita miliki dan mungkin jadi sebab Allah menambah nikmat dan rezeki kita. Namun, balik lagi, ini kan soal pengelolaan keuangan, perlu kesepakatan bersama biar sama-sama tahu dan bisa saling dukung. Dalam arti misal nanti nggak ngasih ortu maupun mertua, lalu ada omongan nggak enak, kalian bisa kompak menghadapinya. Maka menurut saya tidak jadi masalah tidak memberi. Namun, kalau misal nih, Bunda memutuskan nggak ngasih, tapi ternyata suami maunya tetap ngasih, nanti kalau dia tahu Bunda nggak ngasih kan suami bakalan kesal dan malah bisa jadi pemicu konflik antara Bunda dan suami. Jadi masalah deh kalau nggak ngasih. Jadi disesuaikan saja dengan kesepakatan (dengan suami) dan kemampuan kalian berdua.

Baca lagi

ngasih jgn tiap bulan bun.. kita kn juga butuh pegangan. gk sellu uang gaji di makan. kita juga butuh hal lain.. kita juga butuh simpanan .. krna kadang kebutuhan yg mendadak lbih bnyak dari bulanan kita. lagi pula bukan kewajiban kita juga kn ngurus keperluan rmh tngga mertua atwpn ibu kita kecuali mereka sdah tdk punya suami.. kasih se iklasnya bun klw emng bunda mw ngasihh.. klpun adanya sedikit sambil kasih pengertian. ke uangan lagi seret jdi cma bisa ngsih segini buuu.. pasti ibunya ngerti kok dan malah kadang gk tega. mw nerima uang dari anak" .. klw ibu saya Semenjak saya sdh kerja gk pernah terucp kata minta ke anak ". bahkan sampai sekarang pun anak" udah pada kerja semua ibuku malahh kerja keras.. kerja sawitan di kalimantan..

Baca lagi

aku jarang kasih bund. klo mertuaku petani ga pernah mau dikasih. kata mereka masih sangguo cari uang sendiri jd suruh ditabung aja. krn mereka tau hutang anaknya jg lumayan dibank wkwkwk.. klo ortuku ada pensiunan dr ayahku bund.. tp ayahku udah ga ada ibuku jg masih kerja krn usianya masih 40 an.. kerjanya deket rumah krn ngasuh bayi cuma setengah hari. adekku jd udah kerja semua. jd aku ngasihnya jarang2 klo ngasih pas ke rumh ortu paoing klo uang ya pas lebaran.. atau pas dpt project lumayan banyak aku kasih persenan ke adekku. tiap berkunjung bawa beras, sabun, gula dll. Jd intinya klo pas lebih dan ada.. klo tiap bulan buda berlebihan ya dikasih tiap bln jg gpp.

Baca lagi
VIP Member

saya dari dulu ngebiasain untuk ga kasih rutin tiap bulan ke mama saya.. bahkan dari sebelum nikah... tamat kuliah saya Alhamdulillah cepet dapat kerjaan yg enak.. tapi ya saya ga bisa kalau d patok per bulan harus trf sekian, ga bisa juga kalau d paksa harua bayarin listrik/air atau tagihan lain d rumah mama saya, karena saya kerja d luar kota dan kost sendiri.. tapi kalau saya ada bonus, mama saya ga pernah lupa saya kirimin uang.. mama saya udah paham sifat saya yg ky' gitu.. dulu kerja d bank sampe sekarang jadi ASN pun kelakuan saya masih sama.. sekarang ke mertua juga gitu.. ga yg kasih rutin tiap bulan..

Baca lagi

jujur suami aku sendiri penghasilan pas pasan bund, apalagi sekarang lg hamil jadi lebih banyak pengeluaran tiap bulannya. tapi emang dari awal nikah aku ngga tiap bulan ngasih ke ortu ataupun mertua, jd kalau lg ada lebih ya ngasih kalo engga ya udah.. dan untuk kebutuhan sehari hari aja malah ortu yang cukupin, kayak makan dan sebagainya karna aku emang ikut mama. kadang mertua juga ngasih.. sekarang juga ngidam apa apa seringkali mama yang beliin. menurutku ngga masalah sih bund, ngga harus ngasih ke ortu apalagi kalau memang keadaannya kita masih belom stabil kondisi ekonominya..

Baca lagi

sebenarnya kan tergantung kebutuhan bunda dan gmn bunda mengatur keuangan. gaji berapa pun kalau memang pengaturannya salah ttp aja bilangnya pas bahkan kurang. jadi semua tergantung kebutuhan dan pengaturannya. krn masing² rmh tangga kan punya kebutuhan yg berbeda-beda. mengenai kasih org tua dan mertua itu kan nggak kewajiban. kalau memang ada ya silahkan dibagi k org tua dan mertuanya. krn dr penghasilan suami yg pertama memiliki hak adalah istri dan anak kemudian ibunya. jadi kalau suami ngasih duit ke ibunya diem² ya gpp selagi yg di rumah tercukupi. semangat bunda..

Baca lagi

Prioritas kebutuhan rumtang bun,ntah itu kebutuhan pokok atau kebutuhan anak.Masalah kasih ortu/mertua itu bukan kewajiban,kalo pas ada rejeki lebih barulah berbagi ke ortu/mertua.Selagi ortu/mertua gak mempermasalahkan jgn di pikirin bun,justru pikiran overthinking kaya gitu yg bikin kita mikir yg engga2 & jadi ketakutan sndiri.Selama suami gak masalah,yaa gak perlu di permasalahkan bun.Masih syukur ortu & mertua pnya gaji rutin tiap bulan dari pensiunannya,jd bunda & suami bisa atur pendapatan utk mencukupi kebutuhan dll.

Baca lagi

ya gapapa klo emg orgtua dan mertua gak menuntut Bun paling sepengertian nya kita aja misal kasih uang 100rban atau kasih dlm bentuk sembako aja menurutku itu udh baik2 bgt. cuma kan kdg kebnykan ortu dan mertua suka menuntut, dan kdg klo diksh dikit ada yg ngomel2 atau gak diksh jga ngomel. jdi yaa tergantung ortu dan mertuanya jga si Bun. tapi 100% kbnykan anak2 jga tanpa diminta selalu ngsh ke ortu dan mertua klo memang ada uang mah, tanpa diminta jga ngasih sndri iya ga sihh Bun?

Baca lagi

inget ya Bun, member orang lain=memberi diri sendiri, apalagi itu orang tua sendiri, menurutku ngasih ortu itu adalah suatu kewajiban, berapapun itu, krna klo dibiasain gak ngasi malah nanti kebiasaan, yaa berdoa aja smga rezekinya makin bertambah biar bisa ngasih lebih besar lagi, jangan takut kekurangan pas liat kondisi keuangan pas,nanti ada aja kok jalannya, yg pnting pas gajian lgsg sisihkan untuk org tua. insyallah klo kitanya ikhlas ditengah perjalanan ada aja rezeki lain

Baca lagi

gaji saya sama suami juga press banget bun dan ortu saya maupun mertua ga pernah nuntut harus dikasih malah saya dan suami yg sering dikasih 😶 ngerasa jd beban bngt buat ortu,tiap main ke rumah mertua pasti slalu dikasih uang pas mau pulang kalo ga diterima malah ngomel" serba bingung saya ndak enak🥺 tp Alhamdulillah banget punya ortu dan mertua yg sangat pngertian sm kondisi anaknya ❤️

Baca lagi
2y ago

sama persis sya bun, kami juga pas2an, mlah klau krumah ortu/mertua sering dikasih uang sama sembako🥺 udah ditolak tpi ttap dipaksa bwa, malu sebenarnya gk bisa ngasih tapi mau gmna lagi, pling biasanya sya nyisihkan buat adik2 ipar sama keponakan suami aja bisa ngasih