Anak perempuan tanggung jawab siapa?

Bun mau curhat hehe.. Suami saya 4 bersaudara, dua laki-laki dan dua perempuan. Suami saya anak kedua. Anak pertama laki-laki juga. Dulu ketika menikah pihak dari suami ngasih modalnya sedikit, ngga ada β…› dari dana yg dihabiskan sekitar 100jt. Tidak masalah untuk kami karna pihak saya mampu membiayai biaya pernikahan apalagi saya anak pertama. Waktu itu pihak suami bilang tidak bisa memberi banyak karna ayahnya masih ada anak perempuan otomatis akan jadi tuan rumah acara nantinya. Saya bisa memaklumi karna suami sebelum mengenal saya beliau sudah membeli rumah dg sistem KPR. Gajinya sekitar 7jt, 4jt untuk KPR, 1jt untuk kebutuhan suami seperti bensin dan uang jajan+listrik+air, 2jt untuk keperluan sehari-hari. Karna kami belum ada momongan jd masih bisa menabung hampir separuh sisanya. Saya juga tidak bekerja karna suami melarang, saya cuma jualan online biar saya bisa beli apa yg saya mau tanpa merepotkan suami. Tahun ini adik ipar saya akan menikah, agak mendadak juga. Pihak calonnya ingin pernikahan dilangsungkan sebelum lebaran idul fitri, tapi bapak mertua saya menolak karna terlalu cepat. Ketika terakhir ketemu adik ipar saya bilang manfaatkan momen pandemi ini untuk melangsungkan pernikahan secara sederhana yg penting sah mengingat dia curhat kalo modal menikah hny 3,5jt dan belum tau dimodalin berapa oleh calon suaminya. Kebetulan saya bisa merias pengantin, jadi saya mau bantu2. Lalu adiknya yg lain telepon ke suami dan bilang kalo dua kakaknya harus menyumbang dana pernikahan karna bapak mertua pny modal sedikit untuk menikahkan anak perempuannya dan menginginkan pernikahan dilaksanakan di gedung. Deg! Padahal mertua ini orangnya suka belanja barang branded dan bisa dikatakan orang yg cukup berada. Beliau seperti menyerahkan urusan dan dana untuk pernikahan anak perempuannya ini ke kedua anak lelakinya. Padahal kami sama2 telah berumah tangga. Saya cuma heran aja, ketika saat saya mau menikah beliau beralasan tidak bisa ngasih banyak karna nanti dia akan mantu anak perempuan, skrg anak perempuan akan menikah beliau juga enggan keluar uang. Kalau bunda jd saya, apa yg akan bunda lakukan?

18 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan
TapFluencer

kalo sy di jogja, biasanya yg keluar duit banyak pihak wanita, dan emg yg ngadain nikahan dr pihak wanita. klo yg ngadain pihak laki2 namanya ngunduh mantu. Tapi sy n suami dr jogja smua, duit nikah 100% dari sy n suami patungan separo2, sama skali ga minta uang dr keluarga msg2. utk perihal critamu, krn yg nikah sodara perempuan suami, jd terserah suami sih mau bantu enggak, bukan kewajiban jg sih. tp klo suamiku prnh bilg, walau dulu kita nikah 100% uang sendiri, kelak kalo 2 adiknya nikah n butuh bantuan duit, suamiku sbg anak pertama ttp bakal bantuin.

Baca lagi

bantu aja seadanya bunn..bapak ny masih ada kok..apa lagi bisa katakan cukup.. itu jdi tnggung bapaknya lah menikahkan anak ceweknya. anak2ny yg lain ya bntu sebisanya.. bunda ngpain pusing yg bntu aja sebisa bunda. toh pengeluaran bunda juga bnyak kok. itu udh ckup untuk mertua bunda mengerti. aku ma salut sm bunda yg mau mengerti soal biaya pernikahan ibun dlu yg BPK mertua bilang gak bisa kasih bnyak Krn mau nikahin anak perempuan nya.. itu aja bunda sudah mau mengerti. udh deh Bun gak usah ambil pusing klau ada di bntu sebisanya seadanya..wes gitu aja..

Baca lagi
VIP Member

semampunya aja bund, sepantasnya kalo menurut bunda 5juta pantas ya bantu sebanyak itu aja. tapi kalo menurut bunda 5juta masih terlalu besar ya jangan sebesar itu . bunda bilang aja banyak keperluan , lagipula mertua masih mampu harusnya masih tanggung jawab mertua. kakak sifatnya hanya membantu bila ada, kalo ga ada ya ga usah.

Baca lagi

kalo cuma sekedar nyumbang ya nyumbang aja. asal ga semua tanggung jawab kakak2nya. soalnya kan udh rumah tangga. harusnya kalo mau hedon minta ke pihak lakinya bnyakan ngasihnya. saran saya tekan budget pernikahannya. kalo mau dibantu jgn bar bar jgn gedein gengsi. jgn sampe abis nikahan jadi kere bareng2.

Baca lagi
VIP Member

kalo saya ksh kado atau uang aja bun.. adik ipar saya nikah kmaren, yg belikkan tempat tidurnya utk calon mempelai perempuan itu suami saya πŸ˜… padahal mertua saya ternyata ada simpanan uangnya.. tp ya gitu.. adik ipar yg nikah pun kurang dananya..

3y ago

kaya bumer saya bun. kmrn saya nikah hampur full uang saya. di kasih ama suami uang itu juga untuk uang tiket krn suami belanja utamain keluarganya. jujur sedikit kesel janji ada acra adat pas pulang bilangnya gak ada uang. padahal ada menang arisan jleb bun sakit bgy mana ortu saya nanya kan jadi kaya gak di hormatin bun. malah minta pesta di tempat saya resepsi krn kmrn hanya akad aja. udah nyumbang gak seberapa lumayan banyak minta. krn kesel saya, cancel resepsi bun uang saya yg tersimpan di wo saya alihkan ke aqiqah anak saya. pas di omongin yaa allah bilangnya gak ada di kelaurga dia aqiqah, saya malah kekeuh gak pake uang bumer gak adain di rumah bumer, cukup restu aja. saking kesel saya bun. kurang apa ortu saya gak minta apa apa pas abang suami nikah habis banyak mereka bisa padahal abangnya gak kerja gak bantu pas nyiapin nikah. malah suamiku yg nyiapin semuanya. giliran suami nikah malah di giniin bun. harus ngalah jujur sakit bun sakit

y klo sya jdi bnda y sya bntu smmpu sya bun. klo msal bpknya gyel hrs bntu bnyk y blng ja klo bnda pnya sgni mau dtrima atau nggak trserah yg pnting udh bntu toh yg brkwajiban itu ortunya bkn kakaknya.sya do.akn mdh2n mslhnya cpt slsai bun.

wajar ah kalo kakak laki2 mau bantu. itung2 nyumbang untuk adik kesayangan. lagian mungkin dulu lg ada duit mikirnya untuk nikahan adik perempuannya, skrg mungkin duitnya udah kepake dan minta tambahan kakak2nya

3y ago

mohon maaf nih yaa bun menurut saya gak wajar. lah adiknya ipar gak mikir modol 3,5 juta mau nikah di gedung ??? haha hrs nya mikir udah gede mau nikah lihat kondisi keungan bukan kaya gitu gensi di gedein. kl gini perang bathin antar keluarga juga.

sama banget persis seperti saya😭😭 sakit banget ya bund apalagi gapunya senderan buat cerita ke keluarga.

bantu semampunya aja.. jika gak bisa kasih yang lebih bilang jujur aja .. mudah2an mertua nya mengerti ya bund .. 😊

kalo saya kasih bantuan semampunya. semampunya loh ya , kalo gamampu nyumbang banyak ya jgn dipaksaaa 🀭