Puasa saat menyusui

Bun, boleh sharing tips menyusui saat puasa ramadhan... agar asinya tetep banyak dan lancar terutama siang hari dan anak juga nggak rewel *anak pertama dan masih 5 bulan blm mpasi #bantusharing

11 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

waktu anak pertama saya puasa seminggu tapi anak kok rewel dan mencret kata tetangga untuk sementara jangan puasa dulu...okk saya tidak puasa tetapi pas mertua telpon saya diminta untuk tetap puasa Krn puasa tidak akan mempengaruhi kualitas dan kuantitas ASI insya Allah asalkan benar2 diniatkan puasa...buka dan sahur makan yg bergizi, banyak minum air putih dan minum rendaman air kurma... waktu hamil anak kedua saya full puasa meski dilarang dokter Alhamdulillah bayi lahir 3 kg... tahun ni adek masih 5,5 bulan klo saya puasa sudah diniatkan mau tetap puasa... karena kata suami sekali lg g boleh anak jadi alasan...kecuali klo qm yg jd alasannya..misal sakit g kuat atau mau pingsan baru boleh batal puasa...?

Baca lagi

Bismillah kalau saya akan tetap berpuasa disaat usia anak sekarang 3bulan sebab setelah nifas Alhamdulillah saya melakukan puasa sunah bisa puasa senin kamis dan puasa daud bahkan ayyamul bidah karena BB anak saya dari NB 3.3Kg. 1bulan 4.9Kg.2bulan 6.3Kg. terakhir tgl 8Mar23 diusia 3bulan BB 6.9Kg kenaikkanny tetap drastis bahkan orang2 kalo liat anak saya dibilang bayi gede dan ASI ku masih hiperlaktasi karena itulah saya meniatkan diri untuk berpuasa ramadhan tipsnya konsumsi Kurma Ajwa Kacang2an nahhh kan biasanya kalo mau lebaran suguhan dimeja ada kacang mede makan ituh memperlancar ASI bun

Baca lagi
Post reply image

Kalau menurut saya balik lagi sama bunda karena kondisi orang beda2. Kalau saya biasanya beberapa hari awal coba puasa dulu. Tapi sepengalaman saya kalau baby masih di bawah 6 bulan susah bun. Karena frekuensi menyusuinya masih sering. Saya sendiri udah coba minum banyak pas sahur, pakai booster, tp yang ada bada dzuhur badan malah lemes keleyengan, baby juga jadi lebih rewel. Akhirnya jadi berhenti puasa. Kalau baby udah diatas 6 bulan enak pas siang bisa diseling makan jadi frekuensi dbf dia berkurang dan lebih kuat untuk puasa.

Baca lagi

bun aku mau tanya disini siapa tau ada yg punya pengalaman sama , jadi setelah menikah aku kosong 3 bulan kemudian hamil , nah pas bulan ramadhan thn 2021 aku baru selesai nifas . aku gk puasa karena babyku masih umur 1 bulan . nah waktu tahun 2022 aku juga gk puasa karna menyusui , memang waktu itu anakku udah umur 1 tahun sih , tp aku lagi ngejar BBnya jadi aku gk puasa . jadi hutang puasaku 2 bulan , kira2 60 hari lah . adakah bunda disini yg mengqodo' puasa sebanyak itu ? apa harus bayar fidyah?

Baca lagi
1y ago

makasih ya bunda2 infonya ?

aku busui 3 hari lg selesai mengqodho puasa 30 hari bun :) wktu hamil g dibolehin puasa, jd pas sdh melahirkan mengqodhonya.. semangat bentar lg puasaa.. alhamdulillah asi tetap lancar deras.. cukupi asupan saat sahur, buka, dan malam hari. niatkan dalam hati, yakin pasti kuat, mnta pertolongan sm Allah. ? klo bunda mulai merasa pusing/sakit kepla saat puasa, lngsung bw istirahat. klo pas bangun sakitny bertambah, jgn dipaksa ya bun silahkan batalkan saja?

Baca lagi
1y ago

mulai 3 bln bun

saya juga alami bun.. pas anak Pertama baru usia 3bulan menyusui. saya sudah ajak Puasa Ramadhan. Alhamdulillah Lancar" saja ASI pun keluar seperti biasanya. karena Niat saya Puasa, Sahur seperti biasa. buka pun seperti biasa. tapi kalau saya setiap habis sahur dan berbuka, selalu nyemil sambil nonton TV sambil menunggu waktunya tiba Habis waktu sahurnya. dan kalau berbuka nyemilnya pas mau Tarawih. tar pulang Tarawih makan lagi. nyemil lagi. ?

Baca lagi

kyknya kurang ada tips yg manjur banget bun. aku dlu jg pgen puasa sambil nyusuin, udah minum banyak dr buka-sahur, minum asi booster, bikin air nabeez, minum susu almond, tp kenyataannya gak terlalu ngaruh dan asi malah jadi bening di siang hari. jd bayi kyk gak kenyang waktu nyusu dan aku nya juga super laper dan haus gliyengan ?

Baca lagi
VIP Member

Aku 2020 puasa saat anak blm genap 1thn tp ngefek bngt ke anak.Anak kelihatan kurus n kurang nutrisi jg Apalg anak makan susah jg.Krn bnyk tetangga n suami jg ngomong gitu.Aku memutuskan brhenti brpuasa stlh 10hari. Stlh mncoba,aku sih mmutuskan ntk brfikir 2x ntk kesehatan aku n anak jg.

pas magrib rendem kurma 7 biji biji nya di buang rendeman kurma nya simpan di kulkas trs di minum saat sahur inshaallah asi deres sampai magrib pengalaman pribadi#

1y ago

kaya infuse water gitu ya bun?

kalau sy pribadi ga akan puasa dulu bu, pas ramadhan nanti usia anak sy 3 bulan, takut ke sayanya lemes, nutrisi asi jd ga maksimal jg