HBSag Non Reaktif menjadi Reaktif

Bun, apakah pernah ada kejadian cek lab saat hamil TM 1-3 di dua puskesmas HBSag nya Non Reaktif, akan tetapi saat mau melahirkan terus di cek ulang di RS malah menjadi Reaktif. Kenapa ada perbedaan hasil ya? Disini ada yang pernah mengalami seperti itu ? Tolong bantu jawab juga apakah HBSag bisa menular dari mana aja ya?

2 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

Halo Bun, terima kasih atas pertanyaannya. Tentu saja, saya akan membantu menjawabnya dengan jelas dan ramah. Perbedaan hasil HBSag dari Non Reaktif menjadi Reaktif bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti adanya kesalahan pada proses pengambilan atau pengujian sampel, perbedaan sensitivitas alat yang digunakan, atau adanya perubahan dalam kondisi tubuh ibu. Penting untuk diingat bahwa HBSag (Hepatitis B Surface Antigen) adalah tes yang digunakan untuk mendeteksi infeksi virus hepatitis B. Virus hepatitis B dapat menular melalui darah, air liur, air susu, atau cairan tubuh lainnya yang terkontaminasi. Jadi, ketika ada hasil tes yang menunjukkan HBSag reaktif, itu bisa menandakan adanya infeksi virus hepatitis B. Namun, tidak perlu panik Bun, infeksi virus hepatitis B dapat dicegah dengan vaksinasi yang rutin diberikan pada bayi. Selain itu, saat melahirkan, ibu yang terinfeksi hepatitis B juga dapat memberikan tindakan pencegahan kepada bayinya, seperti pemberian imunoglobulin hepatitis B pada bayi yang baru lahir. Jika Anda mengalami perubahan hasil tes HBSag, sebaiknya berkonsultasi langsung dengan dokter untuk penjelasan yang lebih detil dan rekomendasi tindakan selanjutnya. Setiap kasus bisa berbeda-beda, jadi penting untuk mendapatkan informasi yang akurat dari tenaga medis yang kompeten. Semoga jawaban saya dapat membantu dan memberikan pemahaman lebih mengenai perbedaan hasil tes HBSag serta penularan hepatitis B. Jika ada pertanyaan lain, jangan ragu untuk bertanya. Terima kasih! https://shope.ee/9KMNPOoFkR

Baca lagi

Aku di puskesmas reaktif bun waktu tm 1, trs akhirnya dirujuk buat cek lagi di rs hasilnya non reaktif. Kemarin waktu mau lahiran dicek lagi hasilnya non reaktif.

3w ago

kenapa bisa ada perbedaan ya bun? saya sedih banget 2 puskesmas non reaktif tapi di rs reaktif