serius tanyak bun "nifas"

Bun aku sekarang lagi main tempat mertua. Kan tgl 5 oktober kmren abis kiret. dan setelah kiret aku plang kerumah ibu .LDR lah sama suami .dan sekarang lagi di rumah mertua. .ada kk ipar ku lagi hamil. Sebelumnya pernah keguguran dan kiret juga.. Naaahh smlm itu kk ipar aku ngomong habis kiret itu ada masa nifas juga 40 hari. Selama belum sampai 40 hari kita gg boleh berhubungan dan sholat.. Aku tanyak" dokter bilang gg ppa klo darah udh gg keluar darah. Langsung isi jga gg ppa kata dokter. Kk ipar" iya klo dokter emang boleh tpi agama gg di bolehin. Jadi apa bener bun setelah kiret jga ada masa nifas (40hari) dan gg boleh berhubungan sama suami dan menjalan sholat meski sudah tidak kluar darah.

12 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

Gini bun, Soal nifas untuk yg keguguran dilihat dri usia kehamilan si ibu, klo kurang dri 120hri atau krg dri 4 bulan, dia ga dikenakan nifas 40hri krena janinnya belum sempurna dan belum ada ruhnya. Tpi jika sudah usia 4bln keataa itu dikenakan nifas 40hri krena janinnya sudah diberikan ruh sudah terbntuk. Dan ada yg bilang juga klo belum 40hri udh bersih dan diakhiri kaya org terakhir haid udhbdiwajibkan untuk mndi wajib. Intinya batas max. Nifas itu 40hri. Sprti cara siklus haid 1-15hri klo ada yg lebihndri 15hri itu bukan haid lgi dihitungnya. Klo bunda kegugurannya saat usia kehamilan kurang dr 4bln, masa nifas bunda smpai drah itu bersih, biasanya 3-7hari, cm setiap org beda2. Dan bunda bisa lgsung mndi wajib dan silahkan ibdah. Klau untuk HB secara medis tggu smpe 2 mnggu stelah kuret bun, krena rahim masih recovery. Sbnrnya dokter ga larang kok untuk hamil setelah kuret ga harus nggu 2-3bln, dokter mnyarankan demikian itu untuk pemulihan sisi emosi dan psikologis bundanya biar lebih stabil. Tpi jika emosi si bunda siap lgsung hamil gpp. Bnyak juga yg ga pake nggu 1x siklus haid udh hamil lagi. Dmkian.

Baca lagi
4y ago

Masyaallah ilmu Makasih bund,

, tidak ada ketentuan waktu minimal sucinya wanita dari darah nifas. Oleh karenanya, kapanpun darah itu berhenti walaupun baru berjalan 7 hari atau 10 hari, atau bahkan lebih sebentar dari itu, maka dia dihukumi suci. Dan diwajibkan melakukan sholat kembali setelah mandi besar, layaknya wanita suci Read more https://konsultasisyariah.com/28320-darah-nifas-berhenti-sebelum-40-hari-apakah-boleh-sholat.html

Baca lagi

Sya kehamilan pertama juga kiret bun. Keluar darah cuma semingguan lebih. Tp tetap nunggu 40 hari sih baru Hb sama sholat. Trus untuk hamil lagi saya disuruh mulihkan rahim dulu selama 3 bulan itu saran dokter saya bu.

VIP Member

Masa nifas 40hari Bun..aku kemarin habis kiret ..seminggu lagi kontrol mau di USG bwat memastikan udah bersih ap belum.. Kalo HB sih belum berani Bun,suami juga gk tega,.

Thn kmaren sy abs kuret langsung bersih,jd ga ada masa nifas,1mgg cek dokter udh bersih,boleh hb dan promil,boleh sholat jg.tp d sarankan dokter 3bln ga boleh hamil dl.

VIP Member

Nifas ga hrs d tandai smpe 40 hri ko bun, biasanya abis kuret sminggu juga darah berenti, N klo udh brenti berarti udh ga nifas lg udh boleh berhbungan ko bun

masa nifas 40 hari itu perkiraan batas waktux, tahun kemarin ja ak kguguran , seminggu Uda kelar bersih,, yah solat dan HB lagi SM suami

5y ago

Iya

Masa nifas 40 hari itu cm perkiraan bund.. diambil jarak yg paling lama... kl sblm 40 hari sdh bersih ya wajib shlt dan blh hb.

Itu rata rata bund 40 hari..kaya haid rata rata sminggu. Tapi kalau sudah bersih dan nd ada darah wajib sholat bund

Kalau saya sarankan jangan hb sampai mens selanjutnya selesai... Rahim ttp butuh waktu pemulihan