trimester 1 bumil gendut

Bun.. Awal cek kehamilan saya di nyata kan hamil 7 minggu, saya hitung manual sekarang saya sudah masuk 9 minggu lebih 4 hari.. Saya ini gemuk bun.. Gendutt sebelum hamil.. Kata bidan nya saya gak bole minum susu ibu hamil.. Karna sudah gemuk.. saya juga harus kurangi manis manis.. Trus saya tanya sama ibu bidannya.. Lha klo masa pembentukan anak saya butuh gizi saya beri dari mana kalau tidak dari susu? kata beliau nanti kalau janin butuh gizi dan asupan nya lom terpenuhi dia akan ambil dr badan saya.. Jd malah berat badan saya bisa berkurang... Jujur saya bingung.. Bener gak ya?? masak janin saya cari gizi dari lemak lemak saya?? tp mbak saya yang punya anak 3 ngotot saya tetap harus minum susu.. Katanya tidak ada hubungan antara gemuk dengan pemenuhan gizi janin.. Jujur saya jadi bingung... Mungkin ada bunda2 yg lebih mengerti dan pengalaman dengan kondisi saya?

19 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

ngaco bidan nya nya bun, saya juga bidan bun tp ga ada kalo bumil ga boleh minum susu, jadi saya jelasin ya bun ,misal ny bunda mempunyai berat yang berlebih berarti bunda menaikan berat badan nya cukup sampe 10 kg ,yanh arti nya bunda tetep boleh minum susu hamil dan makan2an yang bergizi hanya saja porsi nya di kurangin dan makan sedikit tapi sering karna di awal kehamilan butuh sekali asupan untuk pembentukan organ janin bun, jika bunda sdh memasuki usia tm 3 bunda harus mengurangi makanan yang manis2 karna memang akan menambah berat ibu dan baby, dan ga ada baby dpt asupan dr lemak ibu, gimana baby ny mau sehat bun kalo ibu ny gak boleh makan baru kali ini saya denger bidan ngomong gini di awal kehamilan kalo memang usia kandungan bund udah brp bulan terus pas di cek baby kebesaran br di anjurkan mengurangi tp bukan berarti tidak makan atau minum sama sekali ingat tm 1 itu awal pembentukan organ bun dan jng lp vitamin di minum

Baca lagi
5y ago

Makasii banyakk bund masukannua..

Aku juga gendut bun, bidan sm dokter nganjurin buat minum susu tp akunya yg gak doyan susu hamil bun. BB ku turin drastis tp alhamdulillah babyku terus bertambah BBnya bun dan hasil pemeriksaan selalu bagus dan sehat. Aku konsul ke dokter kandungan kalo gak minum susu sih gapapa yg penting asupan makanan sehari-hari kitanya sehat bergizi dan gak sembarangan bun, vitamin dr dokter juga rutin diminum. Karna nutrisi yg diserap baby gak cuma dr susu bun, susu cuma pendukung aja dan gak wajib

Baca lagi
5y ago

Begitu ya... Ok mbak.. Makasii sekali infonyaa..

VIP Member

Benar bun, janin kan ambil nutrisi dari darah lewat plasenta. Nutrisi tersebut didapat dari tubuh bunda, baik dari pencernaan dan bagian tubuh bunda yg lain yg dianggap berlebihan. Saran saya sih ikuti saran tenaga kesehatan saja, mereka jauh lebih tahu dari pada kita bun. Untuk gizi dan nutrisi tambahan bumil kan gak harus dari susu, bisa dari suplemen yg lain bun. InsyaAllah gak papa bun, berbaik sangka dan positif terus aja.

Baca lagi
5y ago

Begitu yaa.. Makasii masukannya.. Informatif sekali...

Ke dokter aja bun.. Saya jg gemuk sebelum hamil bb 75kg, sama dokter ga disuru diet dan ga disuru puasa jg kemaren katanya babynya perlu nutrisi yg banyak buat pertumbuhan organ dan tulang.. Susu hamil jg kayaknya ga bikin gemuk bun, rasanya aja ga manis. Justru nutrisi di dalamnya bagus banget buat janin.. Jadi menurut saya makan aja bun diet mah nanti aja setelah selesai menyusui. Takutnya bb janinnya malah rendah

Baca lagi

Nutrisi susu nya ganti sama buah2an, sayuran, dan vitamin bun. Jangan lupa minum air yg banyak ya. Kalo dibilang gemuk, saya jg gemuk bun. Hahaha. Pas awal hamil 89kg akhir T1 malah jd 87kg gara2 jaga makan. 😁 saya sih emang motong jatah karbohidrat sama gula bun. Msg sebisa mungkin saya ga makan lg dari mie instan dll. Padahal suka banget. 🤣 demi debay apa sih yg engga.

Baca lagi
5y ago

Kebetulan saya gak mual mual ini.. Tp lidah saya pahit rasanya.. saya sebelum hamil gak suka makanan manis.. Sejak hamil saya jadi suka karna lidah pahit hambar.. Ok.. Saya coba kurangi juga ahh yg manis2.. Bner.. Demi buah hati.. Hehehee..

Saya bumil dgn obesitas jg bund,, sblm hamil BB saya uda d atas 100 kg. . Dokter ataupun bidan tdk ada yg melarang saya makan /minum... Saya sndri yg mengontrol bund... Saat ini sdh 35 minggu naik 10 kg tp janin saya BB nya normal 2600gram dan dokter bilang bsa lahir normal..

Klo susu hamil aku rasa penting bunda...cuma klo kayak makannan manis dan karbo bisa di kurangin ..coba ganti dengan buah seperti pisang dan alpukat bunda ..atau perbanyak minum air putih ..lebis sehat bunda tp harus tetap makan gizi seimbang bunda..semangat bunda

nutrisi yg ada didlm susu hamil bisa diganti kok bun sama buah2an yg mengandung asam folat contoh alpukat dan bnyk mkn sayur mayur yg kayak akan vitamin. tpi saran saya sih lebih baik ke dokter spesialis kandungan,, kadang saran dri bidan malah bnyk salahnya.

5y ago

iya lbh baik ke dokter spesialis kandungan...saya punya pengalaman buruk sama bidan waktu kehamilan pertama.

minum vit aja bund di bandingkan susu, penting juga lho buat janinnya apalagi di awal kehamilan, bunda juga harus mencukupi gizi bunda dan debaynya. Makan makanan yang tinggi serat aja bund di banyakin sayuran dan buahnya.

Ikutin kata bidan / dokter aja bund. Kan mereka lebih tahu, bidan larang bunda minum susu takutnya bb bunda makin meningkat. Kan ada bund, ibunya gemuk bayinya kecil. Ada yg ibunya gk naik bbnya tp bayi di dlm gede.