anak belum bisa berjalan

bun anak saya usia 14 bulan saat ini belum bisa berjalan dy hanya duduk dan ngesot jujur sya khwatir tpi dy ngoceh" trus, kira" knpa ya bun, adakah solusinya?

2 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan
VIP Member

Halo bunda, kami memahami kekhawatiran Anda. Rentang waktu normal seorang anak dapat berjalan adalah usia 11-18 bulan. Terdapat perbedaan pada usia yang dibutuhkan setiap anak untuk dapat berjalan. Hal tersebut dipengaruhi oleh stimulus yang diberikan oleh orang-orang disekitarnya yang mendorongnya untuk belajar berjalan. Berikanlah stimulasi yang sesuai agar anak anda terpicu untuk berjalan. Stimulasi yang dapat Anda lakukan saat ini yaitu: Dudukkan anak Anda, kemudian bantu tarik ke posisi berdiri. Letakkan mainan yang disukai beberapa sentimeter di hadapannya. Buatlah ia ingin berpegangan pada ranjang atau perabot rumah untuk mencapai mainan tersebut. Anda juga dapat melakukan stimulasi dengan membuat permainan seperti meminta anak Anda berjalan ke pelukan Anda untuk mendapatkan dekapan atau mainan yang disukainya. Berilah ia pujian atas setiap usaha dan keberhasilannya, agar anak Anda dapat terus merasa percaya diri dan bersemangat menerima stimulasi yang Anda berikan. Memang diperlukan waktu yang tidak sebentar untuk menerapkan hal-hal di atas. Stimulasi tersebut harus dilakukan terus-menerus secara perlahan, bertahap, dan penuh kasih sayang. Tidak ada paksaan apabila anak Anda dirasa belum siap untuk berjalan. Dan komunikasikanlah dengan baik agar anak Anda dapat termotivasi untuk berjalan. Adapun beberapa faktor yang harus diperhatikan pada saat anak akan belajar berjalan adalah: ciptakan lingkungan yang aman untuk belajar berjalan agar terhindar dari cedera pilihlah alas kaki yang tepat, terutama saat berjalan di luar ruangan tumbuhkan kepercayaan diri pada anak Anda perkuatlah otot kaki. Hal ini dapat dilakukan dengan berkonsultasi dengan dokter anak Anda. Umumnya dapat digunakan teknik pijatan yang dilakukan oleh seorang fisioterapis perhatikanlah berat tubuh anak Anda. Berat badan yang berlebih dapat mengganggu keseimbangan dan membuat anak malas beraktivitas janganlah merasa bosan atau lelah menatih anak Anda selama diperlukan. Berat Badan Anak Menghitung berat badan ideal bayi dengan menggunakan rumus dari WHO, seperti: Untuk anak dibawah 12 bulan : BBI = (n : 2) + 4 atau (umur (bln) : 2 ) + 4 Untuk anak 1-10 thn : BBI = (2 x n) + 8 atau (2 x umur (thn)) + 8 Bila dihitung berdasarkan umurnya, memang berat badan anak anda berada pada batas kurang berat badan ideal sesuai usianya. Yang harus bunda lakukan untuk mengejar pertambahan berat badan ideal bayi Anda adalah memastikan kebutuhan energi dan nutrisinya terpenuhi. Kami anjurkan Anda tetap memantau pertumbuhan dan perkembangan Anak dan mencatat keterangan tersebut dalam Kartu Menuju Sehat (KMS) anak, agar laju pertumbuhan dan perkembangannya dapat terkontrol secara rutin. Kami sarankan sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter spesialis anak Anda untuk tatalaksana yang optimal. Demikian informasi kami sampaikan seputar  Anak Usia 14 Bulan Belum Bisa Jalan. Semoga bermanfaat.

Baca lagi
6y ago

anak sya diberdirikan sudaj bisa tapu dya gamau berjalan

hmm pengen tau juga

6y ago

insyaallah mau bun, berikan ia reward untuk sianak misalnya kue/ eskrim/ buah, ayo nak kamu bisa jalan nanti kalau u bisa jalan kita akan jalan/ jajan