Aku benci tubuh aku setelah melahirkan

Bukannya tidak bahagia bisa melahirkan dengan selamat dan sehat tapi jujur sedih banget setelah lahiran badan aku jadi bengkak banget, baju gak ada yg muat. dulu aku pake size xs sekarang harus xl bahkan celana dari ukuran 26 ke 33 nangis banget. aku tau pasti banyak yg menghujat aku banyak yg ngatain aku gak bersyukur, tapi aku gak pernah punya bayangan punya badan sebesar ini sekarang bahkan suami sering ngeledekin aku sekarang kayak Baymax yg kepalanya kecil badannya gede. akhirnya setelah 5 bulan setelah lahiran aku beranikan bilang kesuami kalo aku mau fokus 1 anak dulu tolong pake kb sarung juga suami karena aku mau coba nurunin bb aku supaya kepercayaan diri aku balik lagi. aku minder banget liat diri ini, bahkan aku punya Art badannya dulu perasaan aku gedean dia sekarang badan aku sama dia gedean aku. aku udah olahraga tipis2 dan pengen ngegym juga pola makan berubah tapi gak ada perubahan. sedih sekarang jelek banget, gak semangat buat lakuin apapun selain urus keluarga juga buat jalan keluar rumah aku malu. Fr 38 to 59 untuk tinggi 153. Aku benci kaca

49 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

Hai Bund, Kamu luar biasa karena mau berjuang dari awal hamil, lahiran, mau merawat anak, sampe sekarang dan kamu juga mau ngurusin suami yang pasti juga minta diurusin dikit2 meski perhatian kamu beralih ke anak sepenuhnya. Kamu sungguh seorang wanita, istri, dan ibu yang luar biasa karena kamu rela melakukan itu semua hingga tubuh kamu berubah tidak sesuai seperti kamu yang dulu lagi. Kalau kamu mau dan suami tipe yang mendukung kamu, coba kamu ajak dia deeptalk. Jelasin bahwa kamu nggak suka keadaan kamu, kamu nggak suka dia ledekin kamu, kamu pengen ini itu, dll. biar kepercayaan dan kebahagiaan diri kamu kembali. Karena semenjak aku melahirkan, aku juga merasakan kalo aku jadi nggak kayak dulu lagi sampe minder. Tapi, aku deeptalk sama suami dan dia menerima keadaanku. Bahkan aku minta maaf nggak bisa ngurusi dia meskipun seharusnya nggak perlu dan dia yang harusnya bantu ngurusin aku di saat aku fokus ngurus newborn. Tapi, boys always boys. Kalau nggak digituin, dia akan terus menuntut tanpa mau tau perasaan bahkan keadaan kita. Melihat itu semua, yum Bund, semangat ya... Kamu bisa bicarain ini sama suami. Lalu, coba tanyakan ke dokter untuk mengembalikan bentuk tubuh gimana, harus KB apa, dll (yang pengsn kamu tanyakan). Lalu, kamu bisa ke profesional untuk olahraganya biar kamu nggak sakit2 badannya kalo olahraga karena olahraga itu ada tahapannya, selain itu biar bb turunnya juga signifikan. Dan kamu bebas mau pilih olahraga apapun itu, yang penting kamu happy. Ajak suami nemenin dan ikut olahraga juga, biar bonding antara kamu dan suami ada juga. Semangat dan sehat bunda dan dekbay!

Baca lagi

Sama kaya temen ku bun, tapi dia karena dipikirin mulu akhirnya berujung depresi, gak bisa terima badannya yg sekarang. Dipikirin terus, benci tubuh sendiri, depresi, ujungnya ngaruh ke asi padahal awalnya asinya deres, hubungan ke anak, hubungan ke suami juga jadi renggang karena mikirnya selalu suami gak ngertiin dll. Dan dia gak mau kasih asi jadinya, anaknya disuruh sufor aja biar dia bisa langsung diet dll. Dan anaknya berujung kena stunting, mau dibilang egois ibunya juga gimana, karena untuk pertumbuhan dan perkembangan anak itu butuh peran ke duanya, bukan salah 1 orang tua aja. Butuh hubungan orang tua yang baik, butuh orang tua yang sehat baik fisik dan mental. Bukan suaminya gak support, tapi ada perbedaan pandangan aja. Suami nya mau dia juga fokus ke anaknya, kasih gizi terbaik dan stimulasi, harapannya bisa asi tapi kan ya suaminya gak mau maksain. Tapi yang disayangkan dia jadi depresi karena mikirin badannya terus. Saran saya, dibawa kalem dulu bun, tenangin diri dulu, jangan sampai kejadian kaya temen saya maksudnya, sangat disayangkan soalnya sekarang anak udah 2 tahun lebih dia masih depresi, padahal bb udah balik ke awal. Karena dulu saya pernah diet ke dokter gizi, katanya kalau kamu masih kepikirannya gitu, mau gym atau diet, tetep pikiran itu berpengaruh. Jangan benci badan sendiri, tapi sayangi dulu badan kamu, jadi nantinya kamu bisa menghargai perubahan badan kamu walaupun itu sedikit demi sedikit.

Baca lagi

kayaknya banyak case begini, termasuk saya. dulu BB saya sebelum hamil pas 50. selama hamil naik sampe 63. tapi abis lahiran kurleb 1 bulan, normal lagi ke 50. eeeh makin kesini makin nambah terus dan sekarang 56, TB saya 155 cm. bedanya, mungkin bunda meskipun melar tapi sehat. bersyukurlah bun masih sanggup olahraga. karna saya, abis beberapa bulan abis lahiran kena syaraf kejepit di punggung dan sampe sekarang masih rawat jalan (udah 1 tahunan belom sembuh2). saya juga sama, minder. saya pengen nurunin BB ke 50 lagi. akhirnya saya coba olahraga di rumah aja. karna kalo mau pergi olahraga di luar anak ga ada yang jagain karna hidup merantau cuma ber 3, suami, saya dan anak. saya olahraga di rumah, ringan aja padahal. besoknya makin parah punggung saya rasanya bun. jadi bersyukurlah badan sehat bisa olahraga, punya ART pula. saya juga sama benci ngaca jadinya, tapi gimana agak susah mau diet. mana laper mulu, udah gitu punya maag. komplit dah.

Baca lagi

kalo menurutku wajar kita ada rasa berslah atau menyesal. yang gaboleh adalah. kita terlalu terobsesi kemasalalalu sampe2 masa depan atau apa yg sedang kita jalani kita lupa mensyukuri dan merawatnya dengan baik. bagus bun kamu punya semangat untuk olahraga, pola makan diatur. tapi kamu niatkan jangan untuk kurus tapi untuk sehat. kalo mengasihi lebih baik makan tetap yg bergizi dan teratur. jangan terlalu larut sama apa yg kita ga punya/gabisa balik dengan cepat. bersukur dan fokus keanakmu dulu bun, kasian kalo kamus stress dia jg bisa rasain dan jadi gelisah. nanti juga ada waktunya kita diet dll. sekarang tolong fokus ke anak dan kesehatanmu dulu ya bun. kasarnya semua badan ibu yg baru melahirkan pasti bengkak,balik lg ke bakatnya masing2 ada yg cepet turun balik lg kegadis,ada yg stuck. selama suamimu ga protes kamu fokus ke anakmu dulu ya.

Baca lagi

sama kek aku yg skrg, sampe suami blg aku disuruh diet, dia ga sadar, padahal baru aja lahiran anak ketiga, dan bengkak badan aku skrg,, dan aku blg aja, kalau ga nyusuin anak kamu ya gpp,, mending aku diet ketat, skincare ran, aku malah bahagia... trus suami aku blg, dia khilaf, dia lupa kalau aku baru lahiran anak ketiga😅😅 dari mulai anak pertama, kedua dan ketiga, aku turun berat badan baru bisa di anak pertama, sampe bener2 kecil ni badan, dari 65kg ke 50kg dan tinggi aku 167cm... tp setelah anak kedua dan ketiga, diet pun susah, kurangin makan ga turun bb nya.. malah skrng tambah anak ketiga, yasudahlah,, aku hanya pasrah, mgkin saat nya nanti ada waktunya.. itu aja sih yg aku pikirkan... skrg fokus buat nyusuin dlu.. setelah 2thn baru deh diet ketat😁😆

Baca lagi

kalo aku dulu awal sblm hamil bb 55 tb 166 trus waktu hamil bb 63, kelar lahiran 60 kg..krn bnyak pikiran baby blues, depresi dll asiku brhenti waktu bayiku 3bln, dan jd full sufor..waktu itu beratku ga turun2 trus aku cb puasa 3bln berturut2 sebulan aku buat byar puasa ramadhan th lalu, yg 2 bln puasa kafarat dan baru minggu kmren ini done pdhl mulai puasa bln nov th kmren..akunya sering sakit jg dan menstruasi dtmbah ankku yg superduper aktif bb ku skrg cmn 53kg😁 semoga stlah puasa rmdan bsk bb jdi 51kg targetnya segitu😌intinya klo diet itu harus ada niatnya dlu bund.. skrg yg gemuk mlah suamiku pdhl dia awal nikah dlu msih 68kg skrg udah 78kg aja turuninnya jg susah bgt pdhl uda dibelain puasa selang seling ttep aja bbnya mlejit🥲

Baca lagi

Halllo bunda, aku ngerti banget yang bunda rasain pasti gaak nyaman dan gak pede. Mau bilang kalo itu bukan gak bersyukur kok hakikat manusia memang tuhan bikin ada jiwa pengen lebih baik biar trs mau maju dan berubah, alhamdulillah bunda jadi salah satu yg tuhan kasih amanah baby dan ekonomi cukup karena ada ART yg bisa bantu, kalau mauu bun bisa coba program GGL (gak gendut lagi) itu online dan dia ada program khusus buat ibu hamil dan menyusui, kalo gak mau yg olahraga dulu mungkin ikut herbalife kali yaa aku dulu sebelum nikah join turun beberapaa kg. Nah yang paling penting kaan semua mindset dan persepsi diri saran aku bun bisa ikut meditasi yg gratis aja di youtube 30 hari tentang self love. Semogaaa membantu yaa bundaa pelukk jauh

Baca lagi

hallo moms... aku ngalamin hal yg sama. sebelum menikah dan hamil BB ku di 55kg dg tinggi badan 156. kemeja slimfit dan rok span cocok bgt di badan aku. pas hamil naik jd hampir 70kg, tp aku berekspektasi setelah melahirkan bb ku bisa turun setidaknya di 58. tapi ternyata hanya hanya turun sedikit sj. setelah 5bln melahirkan, bb ku masih di 65kg. hampir tdk pernah bercermin. rambut kusut, dasteran, wajah jd beruntusan, komedoan, kusam dan berjerawat. aku benci wajah dan tubuhku. tp herannya dg wujudku yg aku anggap jelek ini, ada anakku yg selalu nangis cariin aku kalau aku ga ada. jd aku putuskan, aku akan diet setelah 2th asi ekslusif. ohya, aku sdh KB IUD dan suami pkai kontrasepsi jg. semangat yaaa

Baca lagi

sy juga bun tp diakalin dgn pakaian yg agak longgar aja tp modis spy lbh pd. sy ga pd klo pas pake seragam kerja krn bagian perut dan pinggang jd ngepress ga bisa dimodif2. emng ga pd sih kadang bilang sm suami paling diledekin aja sm suami tp abis itu dibilang "gapapa bukti perjuangan ibu,atau gapapa yg penting sehat,atau gapapa yg penting kan papah ttp sayang" ya alhamdulillah sih suami nerima tp ttp disuruh olahraga sebisa mungkin spy ga makin melebar krn kalau terlalu besar jg kan ga sehat ya jadinya. tp entahlah pake korset udah ngurangin makan udah tp masih segini2 aja. emmg sih olahraga yg paling ampuh tuh sbnrnya tp syulitttt sekali badan ini utk olahraga 😅

Baca lagi

bun, kamu naik brp kilo emang selama hamil? dari xs ke xl jauh banget 🥲 saya juga sama bun, udh 8 bulan melahirkan baru turun 6 kg aja, masih banyak PR yg awalnya BB 70 skrg masih 80 kg 🤣 benci sama badan sih engga, karna badanku sudah berjuang tapi ya karna gemuk jadi banyak keluhan kyk nyeri kaki, badan pegel linu, gampang capek, skrg lg rutin olahraga aja sama ngurangin gula dan tepung. bunda mendingan konsul ke dokter gizi aja bun biar diet juga dan olahraganya bisa dikasih yg sesuai sama bb bunda. semangat yah bun, menurutku BB bunda masih termasuk ideal sih bun segitu mah.

Baca lagi
1mo ago

ini mah iya bgt aku stuju....