orang tua vs suami

bingung bund mendekati HPL ada aja yg harus dipikirin, orang tua pengennya lahiran di bidan, suami pengen di RS karna punya bpjs agar menghemat biaya karna situasi lagi sulit begini, kalau orang tua ga diturutin bilangnya durhaka, kalau suami ga diturutin suami ngambek, 😭

60 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

sama banget bun senasib 😭 aku binggung juga ini deket hpl malah pusing mikirin ini padahal aku yg lahiran maunya tuh ga mikirin apa2 bayangin ya neken biaya dari pihak suami sama orangtua . orangtuaku mau bantu tapi ga penuh dan aku ngerti lagian itu kewajiban suami tapi suami mikirnya kaya direndahin tapi tadi dia bilang minta uang ke bapak bilang aja minjem itu pun harus aku yg ngomong sedangkan aku males ngomong uang sama bapakku sendiri takut malah ribut 😭 sumpah bener2 aku binggung bpjs aku ada tapi ga semua ditanggung tadi aku udh survey puskesmas dia nanggung bpjs tapi ada biaya lain2 itu hampir 500 dan kalau dipuskesmas mereka pakenya rapid antigen yg harganya 400ribu 😭 kalau ke bidan emang rate harga pasti 2juta ada cover 700 ribu tapi rapid biasa 150 masalahnya cuma jarak aja . yg deket dia ga bisa pake bpjs harganya juga rata2 1,5-2juta . suer binggung banget bahkan kemaren suami perang dingin sama bapakku sampe dia nyuruh aku ikut pulang kondisi udh malem dan bayangin dari bandung ke garut ke orang gila malem2 balik mana jauh yakali sampe aku mohon2 tolong dia ngertiin bapak juga bukan gamau bantu tapi kalau suami minta nya lebih dari kemampuan ya mana bapakku sanggup 😭 suer dilema banget ya hidup gini gini amat

Baca lagi
3y ago

maaf mba Ayesha Putri, tp aku setuju sm mba anonim. Aku prepare dana kelahiran atau dana darurat dr awal kehamilan. aku cari tau biaya2 tertinggi kalau lahiran dan itu yg jd target menabungku atau amit2 ada masalah ditengah kehamilanku. aku jg dsuruh prepare bpjs sm dokterku kalo amit2 ada masalah sm persalinanku. Mohon maaf bukannya meremehkan karna kita yg ngmg gini dianggap punya uang makanya gampang ngomong kaya gini, jadi pas ada 2 pilihan harus melahirkan di bidan atau cover bpjs yg ada biaya2 lainnya ga terlalu pusing.. saranku lebih baik lahiran di rs di cover bpjs jadi biaya persalinannya ga terlalu mengeluarkan biaya banyak dbanding di bidan.

VIP Member

maaf2 kalo salah nih ya bun.. kalo suami saya keukeuh pengen lahiran di bidan.. pertimbangannya karna yakin kalo saya bisa normal.. kalo ibu saya sendiri bebasin.. apapun itu yg terbaik ajah.. bukan ngeremehin yg lahiran sc.. tp lebih ke kasian nnti buat penyembuhannya.. jdi kalo bidan itu biasanya masih bisa diusahain normal (klo bidan yg pro normal)..jdi pas hamil anak kedua aku lgi ada masalah keuangan suami keukeuh mau di bidan ajh.. tp aku pikir lebih baik gunain bpjs kantor kan.. sayang.. ternyata ohhh ternyataa.. aku disuru sc... akhirnya ujung2nya kita pindah ke bidan lgi.. alhamdulillah gak usah sc.. walaupun memang hrus pke biaya.. alhamdulillah juga udh waktunya mah ada juga uang nya.. bukan gmw sc gmn.. selain recovery nya lama.. aku punya batita juga.. jdi bakal riweh kalo anak kedua di sc..

Baca lagi
3y ago

aku buat periksa sama usg pke bpjs bun.. karna emng niatnya mau lahiran pake bpjs.. tp karna disuru sc.. akhirnya kita pindah ke bidan tempat anak pertama lahir.. alhamdulillah masih bisa normal walaupun ada lilitan 1 dan ketuban udh dikit..

surga wanita stlh nikah adalah suami.lagian di rs lbh baik,krn klo ada apa2 cpt dtangani,ga pake nunggu2 ambulans atau nyari rs rujukan lg.ga mau kan telat dtangani.aplg klo tiba2 hrs drujuk,smpe rs kudu swab dlu,kudu tggu dokter dlu,kudu ngurus administrasi dlu.byk loh skrng ibu hamil telat dtangani ktika mendadak drujuk krn brbagai prosedur ketat covid.tp klo msuk rs lbh dlu kan sblmnya sdh ngurus data2.jd klo tiba2 gawat n hrs ambil tindakan,tnggal prsiapan operasi aja,ga ngurus administrasi apa2 lg. lagian kan pake bpjs,bukan pake uang org tua,jd trserah suami mau dmn,kan dia yg ngurus.

Baca lagi

bidan ada yg bisa pake bpjs bund.. paling bayar biaya pembersihan tali pusat, terus apa gitu ada rinciannya ko tp lupa.. sy dulu di bidan abis 700an udah sama nambah beli kebutuhan pribadi di bidannya... itu pake bpjs,, kalau ga pake bpjs mungkin jutaan.. coba bunda cari jalan tengah biar ga nambah pusing, ajak suami bunda ngobrol nyari bidan yg ada bpjs nya.. atau ngobrol juga sama ortu nya kalau lahiran pingin pake bpjs biar agak ringan di biaya, tanya juga siapa tau ortu nya tau disekitaran tempat bunda ada bidan yg bisa pake bpjs

Baca lagi
3y ago

biasanya kontrol nya di bidan atau RS? kalau di bidan coba aja tanya bidannya bisa pake bpjs nda.

di rs lebih baik, alatnya lebih lengkap. kasus saya kemarin ketuban pecah, pembukaan masih 4 selama berjam jam. akhirnya diputuskan operasi sc darurat. jam 9.30 ttd berkas, jam 10 sudah masuk ruang operasi. coba bayangkan kalo kami gak milih di rs, pasti makan banyak waktu dan taruhannya keselamatan. Tapi balik lagi sih, kalo ortu yang ngeyel pasti bilang halah sukanya mikir yang engga engga. komunikasi dijaga aja yang bagus, mungkin ortu juga takut kalo ada biaya yang bengkak, atau ribet nengokin kalo rsnya jauh.

Baca lagi

aku teh bingung sama orang tua sekarang. aku pun juga sama dg bunda cuman masalahnya beda. kalo ga diturutin dikata ngelawan atau dikata durhaka, padahal mah emang kita punya pilihan sendiri dan kita pun sudah menjelaskan baik2 selama itu tidak membawa kita ke hal yg buruk. Tapi dengan embel2 karena mereka orang tua, segala harus dituruti dan mewajarkan hal itu karena mereka orang tua. kalo menurut aku, dirumah sakit juga bagus soalnya fasilitas lbh lengkap.

Baca lagi

lahirin di rs juga ada prosedur nya kak. kadang di beberapa rs yg nerima bpjs kalo buka kondisi urgent malah di suruh pulang lgi. dan klo di bidan juga biasa nya ada yg nerima bpjs. tapi biasany yg praktek di klinik sih bidannya. liat sikon aja. gausah di ambil pusing lahiran dimana.. saya juga udh periksa ke bidan pas lahiran malah di rs karna pecah ketuban

Baca lagi

lahiran di rs juga harus ada rujukan dari faskes 1 sih kalau mengikuti prosedur tapi kata orang2 bisa juga langsung ke igd kalau udah pembukaan banyak, katanya bisa pakai bpjs juga. kalau dibidan ini masih jarang ya bidan yang nerima lahiran dgn bpjs, nanti masih dikenakan biaya tambahan ya biasanya.

Baca lagi

ngikut suami mb kalo saya, selama masuk akal permintaan suami why not ? BPJS juga kan dibayar setiap bulannya sayang kl ga dipake. kita ga akan durhaka ke orgtua selama suami ridho dg kita dan selama suami ga minta kita durhaka ke Allah dan orgtua kalo saya si kayaknya gaada alasan utk ga ngikutin maunya suami

Baca lagi

kenapa maksa ortu harus ke bidan...? bilang aja sekarang alurnya BPJS harus ke RS...tiap bulan kan bayar BPJS sayang kalau ga dimanfaatkan ..terlebih lagi pelayanan nya juga bagus ..kasih alasan yang masuk akal aja...kalau saya lebih mantep ke RS juga kok Bun...apa mungkin ortu bunda takut kondisi pandemi gini ya?

Baca lagi
3y ago

bukan lagi bund kepikiran terus