Masalah tinggi fondus

Assalamualaikum ibu ibu semua yang ada disni, Salam kenal ya ,, saya mau bertanya,ibu2 disni ada ga yang sama kaya saya?,,kenapa ya ko bisa tinggi fondus jadi turun?,minggu kmrin saya periksa tinggi fondus 28,dan tadi saya periksa jadi 26,apakah itu normal atau apakah bahaya ya,saya baca di google di kehamilan 37 minggu tinggi fondus normal nya 30,saya jadi khawatir #Ukurankehamilan37minggu #seriusbertanya #jangndibullyibu2

1 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

Halo ibu, normal bila tinggu fundus sudah turun di usia kehamilan tua saat kepala sudah masuk panggul. Karna saat janin masuk panggul, maka janin turun sehingga tinggi fundus (bagian teratas janin) juga akan turun. Dari turunnya TFU (tinggi fundus uteri)/ bagian teratas janin tersebut, membuat kita jd merasa lebih lega bernafas karena rongga dada tidak lg terlalu terdesak janin saat posisi janin sudah mulai turun. Semoga membantu?

Baca lagi
4y ago

Betul bunda. Bunda akan merasa lebih lega karna posisi bayi turun di usia cukup bulan, sehingga tfu turun tp bukan berarti karna bayinya mengecil, hanya saja krn posisi yg sudah masuk pnggul. Syukurlah kalau membantu bunda?