Tujuh bulanan apakah harus di lakukan

Assalamualaikum bunda aku bingung karna sebenernya ini anak ke 3 tapi sekaligus anak pertama bun soal nya blm pernah 7 bulanan,tadinya sih pengen 7 bulanan bun tapi kondisi ekonomi keluarga saya lagi kurang baik bun suami kerja hanya pendapatan sehari 50 ribu bun belum keperluan dapur dan merokok bun,kira² boleh gak ya kalau gak nujubulanan? dan dede nya gimana ya apa gak papa gak nujubulan?,tolong di komenin ya bun 🙏 terimakasih 🙏🙏

23 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

bun, mama saya anaknya 7, semuanya ga pernah 4blnan, 7blnan, cuplak pusar, selapan, mudun lemah, sunat ga lihat tanggal jawa. alhamdulillah semua anaknya baik baik saja. cuma 1 yg dilakuin sama ortu saya, aqiqah di hari ke 7. anak saya 1, baru 45hari, saya ikutan mama saya, ngga ribet sama adat, cuma aqiqah saja diurus katering. sudah bunda, fokus nabung ke biaya melahirkan dan keperluan dedek. adat kalau uangnya ga ada apa ya mau dipaksakan? apa tida stres bund mikirin adat? aqiqah pun kalau orang tua tidak mampu ga dilaksanakan gapapa, aqiqah lho bun, yg jelas jelas ada anjurannya dari rasul, apalagi 'hanya' adat, ga perlu merasa terbebani. insya allah dedek sehat ga apa apa, berdoa, bundanya jangan lupa makan makanan bergizi, vitamin atau susu hamil diminum biar dedek makin sehat di dalam perut.

Baca lagi
4y ago

iya bun, pas aqiqah dedeknya diberi nama, potong rambut dan nyembelih kambing.

4/7bulan itu gk ada syariatnya bunda, cuma itu tradisi dikita aja.. yg wajib itu aqiqah adek bayi kalo udah lahir, dilakukan di hari ke 7, 14, dan 40hr jika kondisi kluarga bunda mampu secara finansial.. mulai sekarang usahakan menabung bun buat aqiqah adek bayi besok.. mudah2an kluarga bunda diberi kelancaran rezeki dan sehat selalu🤲🏻

Baca lagi
VIP Member

terimakasih buat bunda semua nya sudah mau jawab soal nya aku bimbang bun insyaallah mulai hari ini aku akan nyisihkan uang dari pendapatan suami ku bun semoga ada dana untuk lahiran nanti,sekalu lagi makasih atas semua masukan dari bunda² tenang kalau gak harus nujubulan🙏🙏

VIP Member

4 atau 7bulanan ga di wajibkan kok Bun, kalo ada rejeki lebih yaa boleh bersyukur dengan cara bersedekah tapi kalo belum ada rejeki ya gpp ga ngadain juga . Yg penting ibu bapaknya rajin ngedoain, rajin ibadah . Lancar dan sehat sampai persalinan yaa .

VIP Member

Nggapapa bun.. nggak di wajibkan juga bun.. sya 2x hamil nggk pernah adain acara 4 bulanan/7 bulanan bun.. biasanya saya sisihin brpa gtu bun, nanti dikasih buat anak yatim, mnta doain smga lahirannya lancar, keluarga slalu sehat..

aku lagi hamil anak pertama, gak ada 4 atau 7 bulanan, gak juga pijit hamil diusia 7 bulan seperti tradisi yang ada. Patokannya syariat makkk kalo aku bukan tradisi ☺️ ada dalilnya jalankan, kalo gada, yaudah gausah.

7bulanan gak wajib kok bun, itu cuma tanda kalo kita bersyukur aja gitu bin, makanya di selametin. tapi bersyukur gak harus di ramein kok, cukup bersyukur aja sama Allah karena udah sampe UK yg ke 7bulan.

VIP Member

Boleh boleh aja bun. Jangan dipaksa. Itu kan bukan hal wajib. Kalau mau dapat berkahnya pun masukin masjid atau sedekah semampunya aja. Saya gak nujuhbulanan juga, Alhamdulillah baik2 aja.

engga wajib. yg harus itu aqiqah. drpd uangnya buat 7 bulanan yg tidak diajarkan sunnah sm Nabi Muhammad, mending uangnya dikumpulin buat aqiqah yg jelas² disunnahkan sm Rasulullah.

kalau saya menyikkapinya seperti syukuran alhamdullilah udah 4bln, bagi bagi rezeky, alhamdullilah udah 7bln gt aja sih, setau saya gak wajib cuma syukuran aja