Asuransi BPJS untuk bersalin

Assalamualaikum... bunda Sya mau nanya, kmarin sblum menikah sya ikut di KK org tua saya, dan punya sangkutan menunggak di BPJS kelas 3 selama 5 tahun lebih, jdi status BPJS sya saat ini non aktif skrng sya sudah pindah KK berdua sama suami saya, dan suami sya belum terdaftar di BPJS, rencananya mau urus BPJS baru dan naik ke kelas 2 kira kira sya harus bayar denda jg tdk, dengan status BPJS saya yg wktu masih ikut di KK org tua setelah punya KK baru... mohon pencerahannya yah bunda... ??

18 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

Saya kmren itu juga nunggak 3 tahun, 1 kk dgn orang tua, tpi waktu itu yg terdaftar cuma saya sama ayah, karna NIK ibu doble gtu, dan stelah bingung krna mau urus bpjs tuk lahiran stelah di cek no NIK saya dan ayah saya salah di 3 nomor, alhamdulillah blm jadi bayar tunggakannya, dan skrg saya udah mendaftarkan 1 keluarga KK ortu dan 1 keluarga untuk saya dr aplikasi JKN, daftarnya gak ribet juga, dan kalo ada yg mau ditanyakan bisa tanya dlu ke akun ig Bpjs kesehatan, mereka fast respon sekali..

Baca lagi
VIP Member

Bunda, coba donlod aplikasi bpjs login masukkan no KK dan KTP dr aplikasi tersebut bs kelihatan brp tunggakannya. naah klo bpjs mengikuti 1 KK, jd biasanya yg dlm 1 KK tunggakan harus di lunasi dl, baru bs pindah bikin baru sm suami. saya kemarin dr kelas 3 pindah ke kelas 1 untuk SC bulan depan, ga smp 10 hari kerja sdh naik kelas

Baca lagi
4y ago

Ok bund thanks

Sama bunda aku kmaren jg gitu , dan 1 kk sm ortu , skarang uda pecah kk suamiku ngurus bpjs ku jg , jadi harus bayar denda nya dl baru bs naik kelas 2 dan aktif .. ga papa bund tanya ke kantor bpjs aja harus bayar brapa nanti dikasik arahan ..

Harus diselesaikan dulu bun pembayaran dgn ortu bunda, semua keluarga harus dibayar dulu + dgn denda. Baru bisa bikin baru tapi no masih sama bun. Cuman sertakan kk baru

Harus tetap Bayarr denda Bun , soal dlu bunda daftar nya BPJS mandiri , kalo itu udh selesai di urus baru bisa di daftarkan BPJS satu sama suaminya

VIP Member

Arus bayr denda bun sblm bsa dftar yg bru krn kn ktp nya trdftar walau tar da pisah kk bun cba tnya kn tp 3 taun lo bun kok gk di urus sblm nya bun?

5y ago

katanya kalo pasien sedang rawat inap harus nunggu 1 bulan baru kartunya aktif

Iyaa harus bayar dulu bun, plus dendanya. Tp kayanya minta keringanan bisa. Coba ditanyakan ke kantor bpjs kesehatannya lgsg bun.

Bayar tunggakannya dulu bun baru bisa pindah kk dan pindah kelas, coba telpon aja ke bpjsnya tanya brpa yg harus d bayarkan..

Pengalaman saya waktu itu tetap bayar tunggakannya terlebih dahulu baru bisa diinput masuk ke KK baru....

VIP Member

Ke BPJSnya aja langsung.. biasanya klo udah pernah terdaftar meski udah non aktif masih tetap terdaftar..