Anak usia 3 tahun

Apakah ada yg sm anak usia 3 tahun blum lancar berbicara ?

36 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

anakku awal2 juga ketinggalan ketimbang anak tetangga bund. saat usia 1,5 tahun belum banyak ngomong sedang anak tetangga pada pinter2 .. eh tak terapik banyak diajakin omongan. dan ngomongnya jelas terus yang mudah2 gitu jangan terlalu cepat. misal bajunya adek itu gambar apa? gambar mobil ?? adek suka nggak sama mobil? suka sama bajunya,? bajunya gambar mobil ya.. warna apa itu bajunya?.. pokok gitu dulu aja. jangan terlalu rumit. ehsetelah ku terapin umur 2 tahun kayak langsung brudul langsung buanyak kosa katanya.. semogamembantu ya.

Baca lagi
10mo ago

kalau semisal ditanya diem gpp.. kita bantu jawab sendiri.. kalau dijawab tp gak jelas.. misal bajunya warna apa itu dek? misal dijawab idoo.. kita jelasin o.. hijau ya warnanya? intiny kita harus cerewet diajakin ngobrol.. terus kalau terpaksa nonton youtube. jangan inggris dulu.. 1 bahasa dulu. kalau bahasa indonesia. ya yang b indo2 aja.. dulu anakku aku sering aku tontonin lagu2 anak bahasa indonesia.. dan aku tunjukkin itu2 terus eh.. hapal lagunya

VIP Member

anakku bund. salah kita ortunya karna dr kecil sudah di kasih gadget. ngomomgnya pun bahasa inggris krn dengar coco melon dr kecil. tp tetap aja pas di ajak ngomong pake bhs inggris gak nyahut 😭 akhirnya aku bawa ke klinik tumbuh kembang anak. ini udah 2 bln ikut terapi wicara dan terapi okupasi. sejauh ini sudah ada progress nya. semoga bisa semakin lancar ngomongnya karena capek jg dgr komenan org "kok 3 thn belum bisa ngomong "

Baca lagi
1mo ago

sama bund anak q malah hampir 4th blm mau ngomong krn pegang gadget dr masih bayi umur 7bln

anak saya dari 2 1/2 tahun udah cerewet ngomongnya tapi gak jelas juga bun, soalnya dari kecil saya sering ajakin nyanyi dan dulu dia sering banget suka balonku dia yg dor dornya aja itu dulu, alhamdulillah sekarang udah 3tahun 8hari, udah bisa ngomong lancar banget malah kemarin minta adek.. semangat ya bun, ajakin ngobrol terus aja kalo gak gitu bunda ngapa2in pake nyanyi biar dia tertarik.

Baca lagi
VIP Member

klo bisa ya bun harus di terapi yg ahli nya bawa ke psikolog anak gak mesti harus di klinik tumbang rs tp bisa cari yg praktek di rumah. coba di browsing bun klinik tumbang terdekat atau terapi psikolog anak terdekat.. cs klo dibiarkan sampe umur 7th an juga akan kesulitan bicara bun. sebelum terlambat bgt ya bun. krn bicara pada anak akan mempermudah belajar nya nanti.

Baca lagi

coba lebih sering di ajak ngomong bun, kl ejaan nya ngak bener di benerin, ama mulai di ajarin nyanyi yang gampang2 aja bun, anak saya 2 1/2 thn saya sekolahin sekarang udah 4 tahun 2 minggu baweeeeeel buanget2. tapi sebelum sekolah emang udah bisa ngomong, cuma kosa kata lebih dikit, semangat yah bun

Baca lagi
3y ago

sekolah apa bun?

anak aku umur 3 tahun tgl 10 kemarin baru ultah, dia kalo ditanya, malah balik nanya lg.. tapi skrng lagi seneng belajar nyanyi sama mewarnai, anak² emang beda² bun pemahamannya, kreatifitasnya motoriknya.. yg penting kt jangan males belajar, jangan males ngajarin anak ini dan itu.

anak saya juga belum bun.. sdh 3th 18hari sebelumnya saya merasa resah karna sebelum usia 3th malah sama sekali gabisa manggil ibu. tp sekarang alhamdulillah wkt berjalan bisa panggil ibu ayah, diajak komunikasi dia emg sdh faham tp utk menjawab masih rada susah.

Mungkin bisa dimasukkan ke Playground bund supaya lebih sering ada interaksi sosial dengan org lain..Anak pertama sy dulu gitu bund, akhirnya umur 4 thn an sy masukkan TK Alhamdulillah lgsg lancar bicaranya..

ada sama Bun anak saya juga umurnya 3thn 1 bulan blm lancar bicara dan blm bisa nyambung bicaranya gmn Yach solusinya anak saya suka nonton Upin Ipin tayo itu gmn Bun ngak pa2 trs biar bisa ngobrolnya nyambung gmn

10mo ago

ank ku juga usia 3 thn ngomng blm lancar.

TapFluencer

Yg sabar ya,Bunda. klo bisa tetep smangat latihan trus bicaranya. jauhkan dr gadget. Misal hamil lg nnti klo bisa perbanyak komunikasi dgn baby sjak dalam kandungan yak. 😉