Apakah masuk Playgroup wajib sebelum anak masuk TK?
Voice your Opinion
Ya
Tidak wajib

35641 merespon

140 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

Masuk playgorup belom tentu khusus yg orang tua gak ada dirumah. Saya full time mom, tapi saya tetap masukin anak ke playgroub untuk dia mengenal bersosialisasi dengan baik. Untuk Psikisnya juga rata2 bagus kok untuk anak, asal anaknya emang siap untuk sekolah. Sampe rumah saya juga gak lupa buat ngajarin apa yg missnya ajarkan di sekolah

Baca lagi

perlu lah, kalo ga dibiasain kenal dan main sama temen sebaya/orang2 nanti gedenya susah lho disuruh sekolah krn ga kebiasa.. jd anak takut sm dunia luar, krn dari bayi cuma dikenalin sm lingkungan rumah, ga interaksi sm org baru/org asing. di playgroup/baby class kan si ibu bisa ikut nemenin, jd ga lepas tangan gt aja..

Baca lagi

Tidak wajib,tp menurut pengamatan saya lebih baik masuk playgroup dulu jika parents mampu,krn sekarang kebanyakan begitu. Anak saya masuk TK tahun ini, dia sudah playgroup 1 tahun. Respon sosial nya jelas sangat berbeda dengan yang tidak playgroup.

Promo terbesar expert care sudah dimulai, diskon hingga Rp.100.000 sedang berlangsung di shopee, ada juga voucher diskon 100% alias gratis bagi bunda yang beruntung. Buruan cek di https://shope.ee/9UfEMMqqTg (id-32309)

ekspektasinya... anak belajar dirumah sama saya realitanya... baru 5menit udah nggak fokus 😂 yowes masukin playgroup biar banyak temen. tapi lagi pandemi gini, anaknya gabut di rumah main sendirian. kasian juga...

VIP Member

Kebanyakan main kebanyakan pengeluaran, jadi main nya di rumah aja. Dulu sih mamah masih punya waktu buat bikin karya ini itu bareng abang di rumah. Tapi sekarang waktu nya lebih banyak ke si kecil yang masih ASI.

Kalo menurut saya ya, itu perlu karena untuk pengenalan buat si kecil bersosialisasi sejak dini, belajar sharing bersama teman²nya akan menambah kreatifitas anak, supaya anak sejak dini mampu berkembang.

VIP Member

playgroup n tk tidak wajib bagi saya brdasarkn pengalaman saya n adik2 saya... lebih milih bimbel atw les...gk prlu lama 1jm sehari aja...sprt 2 adik saya...saat masuk SD sudah bisa baca dgn bagus

ya ... kalau play group mungkin adanya di kota ! buat kita yang tinggal di kampung buat aku yang penting di anak sering diajak sosialisasi dengan masyarakat dan bermain agar belajar sesuatu ...

kalau buat saya, hanya untuk mengenalkan anak dengan suasana sekolah, sosialisasi, menambah teman, supaya tidak malu kalau berkenalan dengan teman baru, ramah dengan semua orang..