BB tidak naik

Anak sy 8 bulan tadi dari posyandu bb nya tidak naik bu , bulan kemarin naik 300gr bulan ini tidak naik Apakah sy harus nunggu timbang bulan depan dahulu apa langsung periksa ke dokter buat cek darah dan urin ya bu ? Sy takut isk /adb Kan di buku KIA jika 2 bulan tidak naik , sy takut pas konsul mahal2 cuman di suruh perbaiki mpasi sj tanpa di cek darah dan urin Padahal anak sy mau makan , sy kasih bubur telur , ati , daging ,ayam pkok menu lengkap teruss

2 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

Kalo mau cek urin cek aja, Bun. Ga perlu rujukan dokter. Namanya urin rutin sama kultur urin. Di prodia urin rutin sekitar 60 ribuan dan kultur urin sekitar 600 ribuan. Mind you, tapi ya, ngecek urin buat anak segede gini tuh agak kurang akurat kalo cuma dari urin yang ditampung. Gold standardnya ngambil dari kandung kemih langsung dengan cara disuntik. Kasian kan anaknya. Saran saya Bunda tunggu 1 bulan lagi, bunda coba: 1. Minta resepin zat besi dosis suplemen aja ke DSA kalo ga yakin defisiensi besi. 2. Coba kasih MPASI instan biar haqul yaqin nutrisinya udah lengkap dan seimbang karena kadang kita berasa udah oke ngasih makan anaknya taunya sebetulnya kurang baik takaran dan komposisinya. Semangat, Bun.

Baca lagi
4y ago

makasih banyak saran nya bu πŸ™

di KMS masuk garis apa bun? kl msh garis hijau gpp bun, tunggu bln depan kl ga naik br ke DSA. memang pertama ke DSA paling edukasi MPASI mentok kasih vitamin dulu. cek ASI / susu nya juga bun, kuantitas nya mencukupi untuk umurnya atau ga.

4y ago

masih di hijau bu , iya takut nya cuman edukasi mpasi aja buu ,padahal kalo pun ke dsa pingin cek darah urin sekalian