Masalah Kulit pada Bayi dan Anak

Yuk, tanya seputar masalah kulit pada anak dan bayi di kolom komentar postingan ini! Oh ya, satu pertanyaan terbaik akan dapat hadiah lho! Jadi pastikan data profilmu lengkap ya. Soalnya, hadiah tersebut akan dikirim langsung ke alamatmu. 📌Tema: Masalah Kulit pada Bayi dan Anak 🗓️ Tanggal: Kamis, 12 Oktober 2023 🕗 Waktu: 10-13 WIB Bayi dan anak rentan mengalami masalah kulit karena kulit mereka masih sangat sensitif dan belum sepenuhnya berkembang. Beberapa faktor yang membuat bayi dan anak lebih rentan terhadap masalah kulit yaitu imaturitas kulit, paparan zat tertentu dan lain sebagainya. Nah, bagi Parents yang anaknya mengalami masalah kulit, boleh tanya di kolom komentar postingan ini ya. Saya akan jawab beberapa pertanyaan terbaik!

Masalah Kulit pada Bayi dan Anak
32 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

Selamat pagi dokter, ijin nanya anak saya berusia hampir 8 bulan.. permasalahan yang dia alami dari usia 2 bulan sama saat ini adalah sering sekali dia menggaruk area pipi sampai belakang kepala, dia sering sekali keringatan (tipikal bayi gak tahan panas) dan dari usia nya 4 bulan saya bawa ke dokter spesialis anak dan diberikan gentacimin dan sampai saat ini kami kasih untuk meredakan merah di area yang saya sebutkan diatas tadi, pertanyaan sampai kapan yaa biasanya masalah ini bakalan mereda atau apakah anak saya memang harus selalu di ruangan dingin atau adakah solusi lain seperti cream wajah yang coco untuk anak saya (sebelumnya juga sudah kasih seperti beeme & mustela tapi tidak seampuh gentacimin pemberian dokter), mohon komentar dan jawabannya dok.. terimakasih

Baca lagi
11mo ago

Halo Pak/Bu Razi. Dari informasi yang bapak berikan sepertinya anak bapak menderita infeksi bakteri ya pak. Namun informasi yang diberikan masih sangat sedikit. Saya tidak bisa memberikan saran lebih banyak selain berkonsultasi dengan dokter kulit pilihan bapak. Semoga bisa membantu ya.

VIP Member

dok, anak saya usia 5bln full ASI ternyata alergi seafood dan telur, sepertinya. (msh kemungkinan krn blm tes alergi) apakah perlu tes alergi nanti kalau sudah MPASI? dan skrg utk konsumsi harian saya sbg busui lbh byk sayur hijau (sawi, bayam, kelor) dan prona (sesekali aja beli daging sapi krn budget terbatas). kuatir bgt BBnya ga naik sesuai KMS krn dlu dr awal lahir sampe hampir usia 4bln baru ngeh kalo alergi jd BB msh naik sesuai KMS tp kondisi pipi merah terus. skrg alhamdulillaah sudah membaik kulitnya tp ya itu td takut kenaikan BB kurang krn asupan prohe diganti. kira-kira baiknya gimana ya, dok? terima kasih sebelumnya. semoga dijawab 🙏🏼

Baca lagi
11mo ago

masya Allah alhamdulillaah kabar baiknya. terima kasih minsay theAsianparents 🥺🤗🙏🏼

🌼dok,anak perempuan saya berusia 4 bulan,bb 7kg,asi+sufor. 🌺Saya ingin bertanya,pada usia 1 bulan bayi mengalami ruam2 merah di wajah dan di tubuhnya( tangan,dada,kaki),saya periksakan ke dokter dan di sarankan untuk menjaga kebersihan bayi dan perlengkapan tidurnya. 🌵Saya juga disarankan untuk diet makanan2 yg dpt memicu alergi. Dan alhamdulillah ruam2 membaik dan berangsur hilang. 🪴Tapi sekarang timbul bisul2 di kepalanya,sembuh timbul lagi di tempat lain. Dan juga cradle cap yg sering timbul lagi setelah dibersihkan dengan vco,yg terkadang sampai basah berair dan berbau amis. 🌷Kenapa ya dok anak saya sering mengalami masalah kulit seperti ini?? 💐Tolong dijawab ya dok.... Terima kasih☺️

Baca lagi
Post reply image
11mo ago

mengenai bisul sudah sekitar 1 bln dan sudah saya periksakan dan saya beri salep,hanya di kepala saja dok timbulnya,dan anak saya juga sering sekali menggaruk kepalanya ketika ngantuk. Saya dan suami jika pagi hari dan udara dingin sering bersin2. Apakah ada pengaruh dari itu dok?

Dok, anak saya usia 4 bulan, di area wajahnya beberapa kali bruntusan bintik-bintik merah. Jika sedang muncul bruntusan diberi pelembab seperti bee me dan minyak zaitun, setelah 2-3 hari akan membaik bahkan hilang. Namun beberapa saat dapat terjadi lagi. Ada bruntusan yang muncul di area yang sama beberapa kali sehingga meluas dan hampir seperti luka bakar lebih parah dibanding area lain, dan sembuhnya lebih lama. Untuk penanganan yang tepat bagaimana ya Dok?

Baca lagi
Post reply image
11mo ago

Baik dokter, terimakasih banyak untuk jawabannya 🙏

Halo dokter; anak saya usianya baru 2 bulan, di bagian punggung sampe pant*at bercak2 merah sprti ini. awal nya cuma sedikit saya olesin pakai minyak kelapa vco ke esokan harinya malah menyebar banyak. waktu newborn pernah alergi sabun trus saya ganti sabun mandinya pakai giovan dikasih sama bidan dan sembuh. akhir2 ini punggungnya sprti itu dok, kira2 knapa ya dok mohon penjelasanya dan solusinya dok. terimakasih fyi : anak saya susu nya asi campur sufor sgm dok

Baca lagi
Post reply image
11mo ago

Halo bu Nila. saya turut prihatin atas keluhan kulit yang dialami bu Nila. Dari informasi yang saya dapat sepertinya keluhan terjadi karena dermatitis kontak karena minyak kelapa. Saya menyarankan untuk tidak lagi menggunakan minyak kelapa tersebut dan menghindari cairan-cairan yang dapat meningkatkan reaksi iritasi dan alergi pada kulit bayi (seperti contohnya bedak, minyak telon, dan cairan lain yang mengandung pewangi). Pelembab yang mengandung asam lemak, kolesterol dan ceramid bisa digunakan. Apabila keluhan masih berlanjut saya sangat menyarankan untuk berkonsultasi dengan dokter kulit pilihan ibu. Semoga keluhan yang anak ibu cepat membaik.

dok, anak saya usia 8bulan 2minggu, dan full sufor. dsa tempat anak saya periksa kemarin mengatakan kalau anak dermatitis atopik/eksim. dan nggak memberi penjelasan lbh lanjut. hanya memberikan obat sirup utk 2 minggu. tp ini ruam merah menyebar ke area wajah dan kelopak mata, yg sebelumnya hanya di siku lengan kiri saja. dok apakah ada rekomendasi obat utk mengatasi ruamnya?

Baca lagi
11mo ago

Halo Bu Yasmin. Saya turut prihatin atas keluhan yang dialami anak ibu. Mengenai keluhan kulit nya sepertinya memang benar lebih mengarah ke dermatitis atopik. Sayangnya saya tidak bisa merekomendasikan obat tanpa adanya konsultasi yang memadai. Namun saya bisa memberikan saran untuk mengurangi atau mencegah serangan yang lebih berat. Misalnya mandi dengan menggunakan air biasa (atau hangat suam kuku apabila tidak nyaman), mandi lebih jarang, dan mandi dengan waktu yang lebih singkat. Untuk handuk bisa menggunakan katun yang lembut dan tidak digosok. Penggunaan pelembab setelah mandi sangat disarankan, terutama yang mengandung asam lemak, kolesterol dan ceramid. Hindari mengoleskan bahan iritan seperti contohnya minyak telon , bedak, atau cairan lain yang mengandung pewangi. Sabun yang digunakan juga sebaiknya tidak mengandung pewangi dan diperuntukkan khusus untuk kulit bayi yang sensitif. Semoga bisa membantu ya.

selamat sore dok,, mau tanya dok, anak saya 5 hati lgi usia 1 bulan, saya dbf sama d bantu sufor jga karna ngerasa kmaren" asi seret, ternyata bukan seret aja tpi emg anak saya pngennya nyusu terus, trus tidur nya ga beraturan, abis sufor 1 botol kadang masih nyariin Asi saya,, itu bahaya ga dok?? soalnya kemaren usia 3 minggu pas d timbang bb nya malah turun se ons

Baca lagi

dokter.. anak saya usia nya 11 hari..dan sdh 3 harian ini pipi anak saya bintik2 merah dan seperti ada cairan putih di ujung nya. selain pipi, lebih banyak di bagian dagu.. td malam saya tanya ke bidan, bidan takutnya ada alergi dan disuruh ke DSA buat cek darah, tpi saya masih terkendala di waktu..mohon penjelasan nya, dok

Baca lagi
11mo ago

Halo bu Elisa. Mohon maaf informasi yang diberikan sangat kurang. Seperti berapa lama diderita, obat yang sudah digunakan apa saja, biasanya lotion atau cairan apa yang dioleskan ke bayi, apakah ada demam, apakah timbul di daerah lain, apakah ada gatal, dan lain-lain. Atau mungkin hanya Dermatosis pustular sementara. Saya sangat menyarankan untuk berkonsultasi ke dokter kulit pilihan ibu. Semoga bisa membantu ya Bu Elisa.

Hallo dok selamat sore saya mau tanya, anak saya sekarang umur 9 bulan kok kulitnya putih2 kaya jamur tapi bukan jamur dok dan ada di muka sama badan, awal mulanya kaya kulitnya ngelupas merah itu dok sampe sekarang masih malah tambah lebar, enggak bikin gatel dok cuman itu jadi kaya belang kulitnya, apakah bahaya dok?

Baca lagi
Post reply image
11mo ago

Halo bu Dahlia. Untuk menentukan apakah berbahaya atau tidak sangat ditentukan oleh diagnosa nya. Sayangnya informasi yang diberikan sangat kurang sehingga saya tidak bisa menjawabnya. Saya sangat menyarankan ibu untuk berkonsultasi langsung dengan dokter kulit pilihan ibu untuk mendapatkan informasi yang adekuat.

Dok, anak saya bentol2 di kepala gak hilang2, usianya skrg 4bulan, awalnya bintik merah kecil sperti biang keringat, lalu menjadi bentol merah besar dan bernanah dok, sudah pke berbagai salep, nanti hilang tp muncul lagi, selalu saja begitu. itu bagaimana ya dok penyembuhan yg tepat?