Periksa hamil dan lahiran normal pakai BPJS

Sharing dong bunda2 yg lahiran normal di RS pake BPJS gimana caranya. Karna ditempatku lahiran normal harus ke bidan, karna faskes 1 gk bisa rekomendasiin ke RS kalo gk ada masalah sama kehamilan. Sedangkan kalo ke bidan gk di cover semua sama BPJS, denger2 si cuma di cover 700rb an Selebihnya bayar. Bener gk si ya?

2 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

emang gitu bun faskes 1 gk mau kasih rujukan kalau gk ada indikasi khusus. dan ya katanya kan kalau udh pembukaan diatas 4 bisa langsung ke IGD RS gk perlu rujukan tpi tergantung RS nya jg ada yg tetep harus minta rujukan dlu. jadi mending survei dlu aja. kan banyak tuh diberita karena pakek BPJS bilangnya ditolak RS. padahal emang karena prosedur nya aja yg gk di ikuti. gk salah pihak RS nya jg kalau di tolak. jadi daripada kayak gitu ya mending tanya" dlu deh bun langsung ke RS yg akan dituju buat lahiran nanti. kalau kayak sya emang dapat rujukan bun untuk lahiran ke RS meskipun normal karena ada riwayat SC di lahiran sebelumnya. jadi faskes 1 langsung kasih rujukan ke RS.

Baca lagi

yaa bun ditempat saya juga gitu kalo mau lahiran di RS harus ada rujukan dan indikasi dulu, kalo ngga susah. kecuali emang keadaan darurat seperti kpd atau pendarahan bisa. tapi misal kalo udah pembukaan 4 keatas terus ke RS bisa, tapi itu juga beda beda tergantung RS nya. saya sudah tanya² RS didaerah saya untuk RS A bisa tanpa rujukan asal sudah ada pembukaan dan untuk RS B walaupun ada pembukaan tetap harus ada rujukan dan minimal konsultasi sekali di RS tersebut. makanya mending tanya² dulu bun ke RS yang mau dituju bunda, soalnya tiap daerah beda² prosedur nya.

Baca lagi