Efek memberikan sun kepada bayi satu bulan

Selamat malam momi2.. Sy mau tanya sy baru hbs melahirkan anak pertama saya sekarang usia dia sudah 27 hari berat 3.3 kg.. dan krna sy belum pengalaman yg urus anak saya adalah mertua.. Saya pengen full asi tapi mertua memberikan sufor jg..impian sy asi ekslusif sudah hilang..dan sekarang kata mertua nnti kalau dia genap satu bulan sama mertua mau diberi makan sun.. Apakah boleh? Sy dgr ktnya mpasi klo sdh 6 bulan😔.. Mohon di jwb..sy bingung hrus blng apa sama mertua

59 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

Kok saya salfok, ya... Usia 27 hari, berat 3,3 kg? Maaf, berat lahirnya berapakah, Bu? Bunda boleh gak pengalaman merawat bayi, tapi jangan pasrah juga dong semua diserahkan ke mertua. Sebagian besar ibu pada awalnya juga gak ada pengalaman merawat bayi. Tapi kita sbg ibu mau gak mau ya harus belajar. Ini anak kita, pola asuh kitalah yang seharusnya membentuknya. Apalagi sekarang ilmu dan informasi yang baik sangat byk dan mudah diakses, termasuk via aplikasi ini. Bayi sudah terlanjur kenal sufor? Silahkan baca2 dan pelajari bagaimana cara melakukan relaktasi. Mpasi dini? Baca2 juga dan konsul dengan nakes. Ajak suami dan bumer untuk sama2 melek ilmu dan informasi, Bu. Kalau bumer kekeuh dengan pendiriannya, ya tegaslah. Ingat, segala keputusan menyangkut pola asuh anak saat ini, akan berpengaruh sangat panjaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaang ke masa depannya kelak ketika dewasa. Mau mengorbankan masa depan anak hanya karena "ga enak sama mertua"?

Baca lagi
4y ago

bundabsyg mksh infonya mf bru bls.. ia bunda insya Allah sdh d lakukan dan mertua blm ksh mpasi walaupun sun sdh d bli..d smpn lg.. wktu lhr bbnya 2.5. bun.. skrng umurnya sudah 2 bulan 20 hari wktu timbang tgl 18 septmbr kmrin bbnya 4.4 apakh normal bun?

Suruh suami yg ngomong bun.kasih liat artikel atau video bahaya nya mpasi dini.udah banyak kejadian yg bayi poop darah harus operasai padahal baru hitungan hari lahir nya bahkan yg terparah banyak kasus yg meninggal.di forum ini pun banyak yg share masalah mpasi dini.kalo mertua masih maksa ajak ke bidan atau ke dsa biar diedukasi mertua nya.bunda harus tegas jangan sampe nyesel karena kita takut ngomong bayi belum bisa bela diri bun kalo bukan kita yg ngelindungin siapa lagi.udah lain jaman gitu bun lain dulu lain sekarang teknologi makin canggih ilmu makin maju jangan mau ketinggalan info bisa diakses dimana aja.mpasi dini=KEJAHATAN membunuh bayi secara perlahan.pokoknya urusan anak mah kita harus jadi macan bun supaya ga ada yg berani macem2 kalo kenapa2 sama dede juga tetap kita yg disalahin.

Baca lagi
VIP Member

Dampaknya infeksi pencernaan, dan yang paling fatal adalah meninggal bun. Bunda bisa memberi tahu ke mertua, bilang saja penelitiannya, anak jaman sekarang pencernaannya lemah, tidak sama seperti jaman dahulu, sekarang banyak anak yang meninggal karena dikasih makan sebelum 6 bulan. Berikan fotonya juga, bunda bisa juga cari di youtube ttg penjelasan dokter anak. Kalau suami bisa diajak kerja sama, minta bantuan suami ya bun. Catatan: sebenarnya dari jaman dulu pencernaan bayi di bawah 6 bln juga belum siap jika harus dikasih makan, tapi saya menyarankan 'anak jaman sekarang' sbg upaya pencegahan saja biar mertua gak bilang 'anak saya dulu gak apa-apa'.

Baca lagi

saya pun sama, mertua selalu bahas "manusia yang lahir ke bumi udah sepatutnya dikasih makan" selalu bahas anak2nya yang baru beberapa hari udah dikasih pisang, dan cucu yang lainnya baru 2 hari dikasih pisang, iya 2 hariiii... dgn dalih katanya gak kenapa2 sampai sekarang. tapi aku tetep kekeh gak mau ngasih anak aku makan sebelum 6 bulan, mertua suruh coba 4bylan dikasih makan. untungnya suami dukung aku, dan jelasin ke ibunya kalo dibawah 6bulan blm boleh dikasih apa2 selain asi:')) lebih baik tegasin ke mertua tapi pakai bahasa yang sopan, kalau ada apa2 kita sendiri yang menyesal:')

Baca lagi

Ajak mertua klo kontrol k dokter deh bun trus konsul aj rencana mertua... biar diomelin sm nakes. Klo bs kontrol bareng suami jg. Utk jangka panjang saran sy bicarakan sm suami dan kompak masalah merawat anak ini, jgn lupa edukasi suami ttg asi dan mpasi dini. Lagian bayi itu kan gak berdaya ya kasian kalo gak dijagain anak kan tanggung jawab ortu bukan mertua. Kalo alasan gak pengalaman trus ga urus anak itu aneh sih, klo skrg gak ngurusin debay berarti bunda gak akan punya pengalaman ngurus bayi dong.

Baca lagi
VIP Member

Jangan Bun .. klo bisa ditegasin dg baik2 .. nama orang tua pasti sensitif ya Bun klo pengalaman saya .. saya gendong Bun Krn itu anak saya jd saya intens kan 24jam yg penting jgn sampe lengah .. alangkah baik nya minta tolong suami untuk bilang ke ibu nya .. soalnya pencernaan anak beda2 .. anak saya aja yg MPasi 6bulan masih bisa infeksi pencernaan Krn sembelit apalagi klo masih 1bulan .. pokok nya jgn ya Bun saya wanti2 jangan ketahuan sakit nya itu biasanya klo udah besar ..

Baca lagi

Sama bun.. mertuaku juga gitu.. susah2 gampah kalo serumah sama mertua, tiap si adek nangis katanya minta makan.. dan nyaris mau dikasih pisang kerok. Padahal usia adek belum genap 1 bulan.. tapi aq ttep bersikukuh buat asi ekslusif.. apapun yg mereka bilang.. aq ttep diem yg penting ga dikasih aja..mending disewotin dari pada adek dikasih pisang... sampe2 aq takut bun mau geser dikit aja dari adek.. takut tiba2 nangis aq ga ada trus dikasih makan pisang.

Baca lagi

Bun ngomong baik2 sama mertua atau kalau segan ngomong sama suami biar suami yg menyampaikan sama mertuanya, bilang bahwa MPASI itu secara medis dan untuk kesehatan bayi 6 bulan baru di kasii, banyak tu org2 awam yg kasih bubur sama ank kurang dr 6 bulan kebanyakan kasus anaknya meninggal karena memang usus bayi belum bisa mencerna, saya banyak menemui kasusnya bun, bilang baik2 sama mertua bun nanti jangan keburu mau MPASI akan menyesal seumur hidup

Baca lagi

Seengga pengalaman pengalamnnya kita orang tua baru lama lama bisa ko bun, aku juga dulu sama engga bisa apa apa sekarang allhmdllah udah bisa bun mandiin pun udah bisa. Jangan kasih mertua terus ya bun kasian babynya masih bayi belum bisa apa apa selain nangis tidur nyusu bun . Lbih baik juga asi biar bonding kuat ya kalo mertua trus yang urus nanti babynya kurang bonding sama bunda karna udah dket duluan sama mertua. Sedih lo bun kaya gitu

Baca lagi
VIP Member

Klo imunisasi ajak mertua ke bidan dan ajak bicara bidan masalah MPASI kn nnti pasti jelasin bidannya biar mertua jg denger Ankku umur 4,5bln BB naik cm 500gr wktu imunisasi lgsung dibilang ma bidannya "gpp ya bu walopun naik nya gak banyak tp KMS nya masih digaris hijau tua, boleh dipertahankan tp lebih baik dinaikkan, nnti MPASI tetep umur 6 bulan yaa" Sudh diingatkan biar ga MPASI dini walopun ank BB naik cm dikit

Baca lagi