Duka Pernikahan

Sekedar curhat.. trnyta mmg berat ya mengarungi bahtera rmh tangga itu. Cobaan byk menghampiri ntah asalnya dr suami sndiri atau keluarga suami. Sering kalipun walaupn scr ga sadar, suami istri saling menyakiti dlm bentuk ucapan, sikap dan fisik dan berimbas regangnya jalinan dan terbentuklah perubahan sikap yg berbeda saat awal nikah dan di bbrp waktu stlh nikah. Bagi bunda yg sdh lama menikah, tipsnya apa ya spy pernikahan tetap langgeng, awet dn bahagia? Sharing dong..

9 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

kalo saya dan suami udah sepakat dan berkomitmen, kalo ada masalah segera bicarakan, segera didiskusikan, jgn dipendam sendiri. kalo bisa sehari tuntas mendiskusikan dan mencari kesepakatan bersama. kemudian kalo ada pihak luar misal ortu atau keluarga di kedua pihak, hanya bisa memberi saran. tidak serta merta apa yg mereka ucapkan harus dituruti. harus kita berdua (suami istri) yg berhak mengambil keputusan dlm setiap masalah rumah tangga. karena yg menjalani hanya suami dan istri. meskipun suami sbg kepala keluarga, tp suami tidak berhak mengambil keputusan sepihak. harus meminta persetujuan dari istri juga. agar sama2 legowonya. gak ada yg dongkol. jadi sering2lah menjaga komunikasi antaran suami istri, dalam hal apapun. mulai dari yg gak penting hingga hal yg krusial. cobaan pasti ada di dlm rumah tangga, tp sebisa mungkin tahan emosi dulu, bicarakan dgn kepala dingin. tp jgn pernah memendam pendapat kita apapun bentuknya bila itu utk kebaikan bersama. kemudian sesekali luangkan waktu utk qualitytime berdua agar hubungan suami istri semakin mesra. that's all bun.. moga bunda dan suaminya bisa menyelesaikan semua masalah dgn baik dan tepat.

Baca lagi

pernikahan yg awet justru yg sering bertengkar hehheee.. tapi bertengkarnya masih krn hal2 wajar sih, bukannya sampe. kdrt dll nya. sy nikah 8 th juga sering cekcok.. aplgi 5 th pertama, tp dr situ sy dan suami bisa saling memahami bgmn karakter pasangan. puji Tuhannya 3 th ini malah lbh jarang ribut, dan baru dikasi Tuhan anak... 😂 tiap rumah tangga memang beda2 cara menyikapinya, tp mnrt sy yg terpenting ingat tujuan awal menikah itu utk apa. klo kami mmg ingin meraih kebahagiaan bersama, jd ya kami usahakan bgmnpun agar kami bisa bahgia bersama mskpun kdg caranya menyakitkan.

Baca lagi

adaptasi dgn pasangan bisa seumur hidup, namanya beda kepala.. yg penting 2 orang ini mau bekerja sama utk menyelesaikan konflik apapun itu dgn kepala dingin.. kalo lagi emosi, mending sama2 tenangin diri dulu baru diomongin baik2.. prioritaskan hubungan kalian, jangan ego masing2. kalo lg berantem, jangan menuduh/memojokkan/menghakimi dll yg berefek negatif.. pilih kata2 yg persuasif.. makanya penting sekali utk meredam emosi dan membicarakan masalah ketika sudah sama2 tenang, sambil ngeteh atau ngopi bareng..

Baca lagi

saya sama suami di awal pernilaham bikin komitmen bun dengan beberapa hal, komunikasi-finansial -dan emosi untuk emosi maksudnya adalah apa yg harus kita sebagai pasangan lakukan semisal sedang berantem atau ada keadaan yg membuat kita tidak nyaman, misal klo saya ngambek sya gg suka di tanya2 banyak bnyak tanya sedikit aja , klo sya blm mau jawab jgn di paksa diamkan sja begitu juga suami. keterbukaan seperti itu yg harus dibiasakan , sya dan suami juga terus belajar tapi setidaknya itu sdkit tips dari saya

Baca lagi

bgtu lah bun.. wktu pacaran setan suka sekali mbuat qt dekat.. medekati zina mksudnya.. nah pas sdh menikah misi mrka bda lgi yaitu bkin suami istri smpe cerai.. soalnya tugas yg sgt mebanggakn dr setan adl mbuat suami istri cerai.. krna dia akn dpt mahkota dr iblis.. mkany dlm islam qt perbanyak doa dn shlat.. perkuat bentengi diri dg iman yg kuat..

Baca lagi
VIP Member

klo saya sama suami intinya jgn membesar2kan jk ada mslh.. masalah besar sebisa mungkin dikecilkan,, msalah kecil tdklah dibesar2kan.. yg penting klo ada mslh hrs selesai sblm kita sama2 mau tdr spy tdk terpndam dhati dan pikiran kita.. jd bsk nya begitu kita bgn,, pikiran kita sdh sama2 dingin dan ga ada perasaan marah/emosi lagi..

Baca lagi
VIP Member

Harus saling terbuka dan pengertian bun... Setiap marah atau kesal lebih baik diam bun jangan diluapkan dgn amarah yg meluap2 bahkan sampai main tangan. Menghindar dulu sejenak utk menenangkan diri. Klo sama2 emosi yg ada nanti malah jd berantem.

selalu komunikasi kalo sy bun. sering2 ajak ngobrol santai. misal ada yg gk suka diomongin langsung.. sama saling perhatian.

intinya komunikasi, hrus keterbukaan, dan saling mengerti, 👍