Ibu Rumah Tangga x EPING

Sebagai orang Bali yg super sibuk dengan upacara yg selalu ada aja, mengurus pekerjaan rumah tangga yg tiada henti dan mengurus 3 anak yg dimana anak pertama dan kedua sekolah (menuju kelas 1 SD dan TK) dan si baby masih sebulan, menurut bunda gimana klo saya full pumping (eping) salah ya ? Jadi down banyak yg ngomongin "ngapain km stok asi? Kan km gak kerja"

11 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan
VIP Member

Kalau dari sudut pandang saya sebagai konselor menyusui saya selalu bertanya kepada Ibu apakah nyaman menjadi Eping? Saya jelaskan juga plus minusnya jadi Eping bagaimana. Jadi saya juga tidak mengarahkan si Ibu untuk menyusul langsung tetapi saya mencari kenyamanan si Ibu. Plusnya mungkin bagi kita yang beranak banyak jadi bisa mengatur aktivitas dengan mudah ketika semisal kita tidak bersama dengan si bayi, minusnya untuk mama eping kita harus tahu bahwa jadwal perah itu benar-benar tidak boleh terlewat, kemudian kita juga harus tahu bahwa ASI itu bisa diproduksi lebih cepat dan naik pasokannya ketika kondisi si Ibu ini tenang dan selalu rileks, karena nanti akan ada masa dimana kita itu jenuh memerah terus yang itu akan membuat oksitosin tidak bekerja optimal di dalam tubuh, oksitosin yang tidak bekerja optimal di dalam tubuh tentunya akan berpengaruh dalam prolaktin memproduksi ASI di payudara, kemudian juga harus diperhatikan sparepart diganti berkala, harus selalu juga memperhatikan ukuran corongnya karena seringnya kita memerah juga bisa merubah ukuran puting kita. Selama ibunya enjoy dan tidak masalah maka oke aja

Baca lagi
1y ago

Valve antara 2-4 minggu, kalo rutin pake 2 minggu. Cuma kalo yg merek kindmade kan agak tebal karetnya, itu 4 Minggu masih oke. Kalo backflow 3 bulan

senyamannya bunda saja, gak usah dengerin omongan orang.. apalagi punya 2 todler kan bun + bayi + mengurus rumah tangga, udah kebayang gimana riwehnya... semangat bunda... ❤️ saya juga nanti berencana dpf + eping soalnya ngurusin kakanya juga yg baru 2,5 th.. saya gak ada rewang cuma berdua sama suami klo suami kerja, saya sendirian sama anak2, sudah kebayang kalo misal kakaknya pas tantrum terus harus dbf adeknya kayanya agak menguras mental sekali ya Bun, jadi akan kusiapkan Asip buat adeknya..

Baca lagi
TapFluencer

saya mom eping tapi jd ibu rumah tangga juga. saya sudah jd mom eping hampir 6 bulan, minggu dpn genap 6 bulan. jd mom eping kuncinya konsisten, saya jd mom eping juga karna selalu gagal DBF. omongan orang nggak saya gubris, bagi saya dengerin omongan orang juga nggak ada habisnya. yg penting suami juga support keputusan ibu sendiri. sisi positif jd mom eping bisa gantian jaga bayi sama suami, saya tidur dia yg jaga.

Baca lagi
1y ago

Bener banget nih bun 😍 semangat buat kita bun 🥰💪

VIP Member

ga salah bun.. kan setiap ortu punya cara sndiri untuk mngurus anaknya.. mau asi dbf, pumping, ngedot, sufor.. semua pilihan ortu nya.. oranglain hnya bisa mmberi saran tnpa maksain harus sama dgn aturan ibu yg lain.. akupun IRT tp tetep pumping dan punya stok asi mskipun ga banyak tp emang anak lebih sering dbf aja..

Baca lagi

gak masalah bun, lanjotken saja, abaikan omong orang. kita sebagai ibu ibu lebih tahu sistem kita daripada mereka yg hanya bisa berkomentar, bantuin juga enggak. do what its best for you bun, yang penting anak anak kepegang smuaa. semangat bun.

Baca lagi

selama ASI tercukupi, insyaallah gk pp Bund full pumping, tapi pasti sesekali sambil menidurkan atau ada waktu senggang juga pasti tetap bisa, yang terpenting kesehatan Bunda, juga tetap terjaga dan kenutuhan ASI bayi juga terpenuhi

ya gk msalah toh masih asi jg bun, gk usah dgerin kta orla yg gk tau kondisi bunda yg hy bisa nyinyir aj gk ontg bisa ny mrusak mood ja

VIP Member

senyamannya aja bu, saya jg ngerasain jadi full irt tp kalau dbf jadi gak bisa ngapa2in krn baby nya maunya nempel puting terus.

1y ago

cuek saja bu yg penting kita nyaman, anak2 sehat rumah tangga terurus. semangat bu,

semangat mengASI hi Bunda, bagaimana pun caranya, saya yakin Bunda2 selalu ingin memberikan yang terbaik

gpp mams.. senyaman nya mama aj. kalo mama nyaman ya itsoke kok