Menggendong metode M shape

Pagi bunda bunda.. untuk bayi dibawah 6bulan bolehkah digendong dengan metode Mshape? Karena masih banyak pro dan kontra nya termasuk DSA, ada yg memperbolehkan dan ada jg yang belum boleh sampe usia 6bulan atau mulai mpasi nanti. Mohon sharingnya.. terimakasih

2 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

Setau saya semua DSA pasti memperbolehkan gendong M-shape bahkan sejak bayi baru lahir. Karena metode ini tuh yg paling aman. Tapi gendongan M-shape kan ada banyak jenisnya. Kalo kayak stretchy wrap gitu boleh dr newborn, tp kalo pakenya SSC mau gendong hadap depan ada minimal usianya, sekitar 6 bulan. Coba dicermati lagi maksud DSA nya.

Baca lagi
2y ago

mungkin cara pakenya belum benar? karena memang pake m-shape pun ada caranya.. Dan gak semua gendongan yang dijual dengan label "m-shape" itu beneran ergonomis bun, banyak yg sebenernya nebeng nama doang.

Setau saya klo DSA bolehin kok gendong M shape dari bayi baru lahir, asal posisinya benar. Biasanya orgtua yg masih awam itu emng gk bolehin gendong gitu alasannya nanti kakinya ngangkang. Pdahal DSA lbih menganjurkan gendong M shape, biasanya bayi lebih tenang juga.