Moms sya lgi hamil anak ke 2 baru jalan 12weeks sedangkan anak saya yg pertama baru umur 1thn dan masih mimi ASI.. Dilema banget ni apa harus di berentiin ASI nya tpi sya ngerasa bersalah bngt saya harus gimna ya moms??

3 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

bunda elis kenapa mau berhenti menyusui anak pertama? berdasarkan informasi yang saya baca ya bund, kalau menyusui saat hamil itu nggak papa kok. memang ada beberapa dampak dari menyusui saat hamil, yaitu 1. menyebabkan kontraksi ringan di perut bawah (mild uterine contraction) ini wajar karena saat menyusui, tubuh mengeluarkan hormon oksitosin yang juga merangsang kontraksi. tapi ini kontraksi yang nggak akan menyebabkan keguguran atau melahirkan prematur. 2. puting akan terasa sakit. 3. merasa lelah bagaimanapun, bunda akan memberi makan dua orang anak. untuk itu, bunda harus makan cukup nutrisi. secara gizi, kalau bunda perlu menambah 500 kalori dalam porsi makan bunda. tapi, ada kalau bunda memiliki kondisi seperti di bawah ini, sebaiknya memang nggak usah menyusui saat hamil sih 1. ketika bunda pernah melahirkan prematur 2. ketika bunda pernah punya masalah kehamilan, di kehamilan pertama maupun kedua 3. sedang hamil kembar 4. oleh dokter dilarang menyusui 5. pernah atau sedang mengalami perdarahan maupun nyeri di perut bawah 6. sedang disarankan menghindari seks selama hamil kalau bunda tetap akan menyusui, jangan kaget kalau di usia kehamilan 5 atau 6 bulan, air susu akan berkurang. apa pun keputusan bunda, yang harus bunda pertimbangkan adalah 1. persiapan mental anak pertama. jangan putus susunya tiba-tiba. takutnya dia nanti jadi cemburu sama adeknya bahkan sebelum adeknya lahir. 2. ketika anak sudah di atas enam bulan dan sudah makan makanan selain susu, jangan terlalu khawatir untuk menyapihkan. jangan sampai merasa bersalah. sebab, kalau bunda stres, efeknya juga akan ke anak :'( 3. efek kesehatan dan efek psikologis sama pentingnya, bund. intinya sih, kalau mau menyapih boleh, tapi kalau mau lanjut juga boleh. apa yang paling enak buat bunda aja deh. ini ada referensi soal menyusui saat hamil juga https://id.theasianparent.com/bolehkah-ibu-menyusui-saat-hamil/ referensi saya: http://americanpregnancy.org/breastfeeding/breastfeeding-while-pregnant/ semoga membantu :)

Baca lagi

Promo terbesar expert care sudah dimulai, diskon hingga Rp.100.000 sedang berlangsung di shopee, ada juga voucher diskon 100% alias gratis bagi bunda yang beruntung. Buruan cek di https://shope.ee/9UfEMMqqTg (id-39731)

Silahkan Cek Di Link Kami Untuk Informasi Tentang Kandungan : https://goo.gl/7Xs621 Terimakasih Semoga Bermanfaat