Lahiran SC

Mau tanya mom. Jadi gini, saat ini aku hamil anak kedua masih jalan 6 bulan. Nah, hamil pertama dulu persalinanku normal tanpa jahitan. Tapi, meski sudah berlalu 6 tahun aku masih merasakan trauma untuk lahiran normal. Dikehamilan kedua ini aku pengen lahiran nanti kalau bisa SC aja dan kalau bisa pake SC erach (maaf kalau salah dalam pengetikan) karena kata orang SC itu cepat pemulihan nya dari pada SC yang biasa. Pertanyaan nya mom, apakah bisa kita meminta pada dokter untuk memilih SC erach saja? Atau harus dokter nya yang menyarankan sendiri? #seriusnanya #pleasehelp

5 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

sesuai pengalamanku,aku lahiran anak pertama norma tanpa jahitan Nov 2019 tapi anakku meninggal 1hari setelahnya,4bln hamil lagi aku sc di desember 2020 ada indikasi nya tapi dibalik indikasi aku trauma lahiran nornal,indikasi yg pertama janin masih melintang di 39weeks,plasenta pengapuran tingkat 1 dan riwayat plasenta lengket pas anak pertama jadi mesti kuretase 2mgg setelah lahiran normal karna sisa plasenta. dan skg aku hamil lagi kalau lahir jaraknya 2 tahun 8 bln tapi nunggu 36weeks buat pastiin jaitan bisa normal apa enggak,tp kalau mau sc ya gapapa karna ngikutin sc sebelumnya😊 menurutku sebulan sebelum lahiran kita udh kontrol 2minggu atau 1minggu sekali sama dokter spog biar tau kondisi bener bener di dalam rahim,jadi kalau semata mana mau sc tanpa sebab sayang aja di tambah suka ga di cover bpjs.

Baca lagi
1y ago

Eracs tergantung rs nya bun, ada yg udah bs eracs ada yg gak. Cuma setau aku bpjs cover sc biasa, klo eracs tttp bayar sekian juta gitu (terakhir aku tau sih 6 juta)

Bun .. demi apa coba, nikmatnya uda bunda dpt dg bs melahirkan normal. semoga yg kedua in bisa normal jg bun. sumpah enakkan lahiran normal drpd SC. klo mau eracs yg g skit kudu ngerogoh cuan lbh bun. klo yg bpjspun ada indikasi dari dokternya. g semua ibu bisa di eracs bun. & yg namanya SC gada yg g skit bun, pasti ada ninggalin sakit, tiap ibu punya ketahanan nahan sakit beda² low bun .. bunda lbh baik searching aja kelebihan & kekurang melahirkan SC & Syarat sc eracs apa saja, syukur² klo tanya sama pakarnya langsung, drpd sy salah jwb. krn sy pribadi setelah lahiran yg pertama SC uda 7thn yg lalu msh bisa merakan efek dr SC tsb sampai skg & lahiran yg kedua nantipun, uda dikode dokter bakal SC lg.

Baca lagi
TapFluencer

Sepengetahuan saya bund indikasi lahiran spontan/SC memang dari dokter. Kalau memang bundanya ad indikasi SC utk jenisnya bisa minta yg ERACS. Tapi ERACS itu paketan bund biayanya, dan tdk ditanggung BPJS. Utk pemulihannya memang di klaim nyeri minimal dan pasien bisa lbh cepat beraktifitas. Tapi ad juga ibu pasca ERACS yg msh mengeluh mual muntah dan nyeri bund dan hrs dirawat lbh dari 2 hr di RS. Jd utk metode apapun lahirannya itu tergantung bundanya masing2. Krn response tubuh manusia terhadap tindakan medis/obat2an itu bisa berbeda2. CMIIW.

Baca lagi
1y ago

iy bun mungkin tergantung kondisi kita y.. soalnya bnyak yg bilang emng eracs cpt pemulihan keluar dr RS tp nyerinya masih kerasa sampai berbulan2.. kl saya dulu sc biasa pemulihan menurutq lumayan cpt soalnya 1bulan udh bisa ngapa2in juga udh gk kerasa nyeri jahitannya.. dipakai angkat beratpun juga gak kerasa

kalau umum mah bisa" aja bun. tpi kalau pakek bpjs harus ada indikasi. dan denger" dari temen dan saudara yg baru" ini operasi sesar pakek bpjs. katanya kalau eracs blum ke cover sama BPJS. ada jg yg bisa tpi harus tambah biaya lg.

VIP Member

bisa langsung minta SC eracs kalau bayar mandiri bunda.

1y ago

Iya bun kalau bisa normal dokter usahain normal kalau memang udh gak bisa baru tindakan SC