Apakah perlu menyiapkan ASIP (Air Susu Ibu Perah)?

Mau tanya ke bunda² yg lebih berpengalaman. Saya hamil 27week anak pertama. Baru nikah juga. Saya baca² dan nonton video dokter² kandungan di YouTube, katanya ibu hamil walaupun fulltime Mom perlu mempersiapkan ASIP. Tapi kan persiapan ASIP itu gak bisa dadakan ya (krn alasan ekonomi ehehe). Banyak yg harus dibeli. Nah sebelum memutuskan utk beli ini itu mau nanya dulu. Kira² aku beneran harus nyiapin ASIP gak ya? Kondisiku begini: • Aku blm tau nanti bakal jadi working mom atau fulltime Mom. Karena setelah lahiran bakal pindah ke Lampung, ke tempat tinggalnya suami. Belum pasti apakah bakal full di rumah atau kerja. • Yang jelas InsyaAllah aku mau menghindari Susu Formula • Kata dokter² kandungan di ytb, walaupun full di rumah, sebaiknya disiapin. Karena suami bisa bantu gantian 'nyusuin' baby, ibunya istirahat atau ibunya ngerjain kerjaan rumah. Atau disaat ibu harus keluar rumah, misalnya belanja sayur, baby bisa dititipin suami kalo nangis bisa dikasih susu kalo udh minta susu. Banyak alasan lain. Menurut bunda lain sebaiknya gimana? Apa nunggu entar aja kalo bener² butuh ASIP? Atau sebaiknya disiapkan dari skrg?

21 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

sebenernya beda orang beda pendapat pastinya ya Bun tentang ini. kalau saya pribadi full time mom jadi ya dirmh aja ngurus anak ngurus rmh. awal emang beli pompa asi. terus akhirnya malah si bayi bingung puting. karena awal sih kasih ASI-nya pakek sendok eh gk telaten yg kasih (suami atau ibu saya) akhirnya pakek dot eh malah bingung puting gk mau dbf. akhirnya yaudah buang dot gk pernah pompa full dbf aja. emang agak repot kalau mau di tinggal". tpi kalau masalah biar bisa gantian yg jaga sih saya pribadi malah happy banget full ngurus anak emang kadang ada capeknya tpi ya biar main sama ayah atau nenek kakek nya. nanti kalau jam nya nyusu baru dikasih ke saya. gitu sih Bun. kalau malem jadi ya nempel hehe. kalau bayinya mau nenen tinggal di buka aja nenen sambil merem 😅 tpi baru berani sambil tiduran pas malem waktu diatas 3 bulan sih Bun karena kalau Newborn kan masih gk terbatas gerakannya takut ketiban jadi tiap nyusuin sambil duduk. alhamdullilah sih ya happy aja karena pas bingung puting tuh malah saya sedih patah hati rasanya di tolak nenen 😅. nyusuin tiap 2 jam sekali. alhamdullilah jg udah terjadwal jam tidurnya anak saya Bun. kalau malem waktunya nenen cuma ngulet aja langsung nenenin udah tidur lg gitu alhamdullilah gk pernah rewel smpe skrng udah 9 bulan 9 hari. lah tpi ada jg yg bayinya suka rewel jam tidurnya berantakan pasti capek jg kan ya emaknya 😅 kalau gk di bantu ya bisa stress sendiri pastinya. jadi saran saya ya liat kondisinya nanti aja Bun. bunda nyaman nya gmana, disesuaikan aja. kalau misal beli pompa beli yg manual aja yg murah. atau belajar perah pakek tangan tpi itu pegel banget sih heheh 😅 saran saya gitu Bun. di sesuaikan aja sama kondisi bunda dan bayinya nanti gmana

Baca lagi

kalau pengalaman ku, aku ga stok asip, tapi kl memang mengharuskan baby ku tinggal d rumah, ku stok asip fresh dan ga oulang lebih dari 3jam keluar rumah. kl memang Full IRT fokuskan d DBF, kl ga rutin pompa yg ada asi menurun supply nya. kl memang niatan kerja, dari awal melahirkan Disiplin pompa, bisa juga dgn teknik marmet ga harus pake alat pompa. kl memang ada kendala d ekonomi, baik nya investasikan ke makan2an bergizi, booster asi pun ga masalah buat memenuhi asupan *bisen juga makan daun katuk sepanci kan* Niat kan dan Pelajari Ilmu MengASIhi dari sekarang, pelekatan, apa bingung puting, yg oenting Niat, Relax dan Happy.. insha allah ASI memenuhi kebutuhan bayi selama trus d nenenkan.. dari semua persiapan yg harus disiapkn Mental menurut ku 🥰 karena mengASIhi drama panjang tapi wort it, bukan cuman Free tapi Bounding yg ga bisa diganti dgn apapun, semangat ya.. https://shopee.co.id/nenibu?smtt=0.0.9

Baca lagi

menurut pengalaman ku saat ini yang baru lahiran dan sedang menyusui baby. perlu menyiapkan alat pumping apabila PD bunda kenceng pastinya harus dikeluarkan kan asi nya. sedangkan si adek baru aja nenen secara langsung. karena pengalaman ku, aku berpikir tidak usah lah menyiapkan alat pumping, di nenenin langsung aja. tapi kenyataannya baru beberapa hari nenenin PD sudah kenceng banget dan sampai basah di baju. padahal sudah di nenen adek dan nenen adek sudah kenceng banget. tapi jika asi bunda nanti pas habis lahiran kok biasa aja tidak usah di Pumping gpp bund. saat ini aku nyetok ASIP sudah beberapa kantong di taruh di freezer jadi bisa bertahan lama.

Baca lagi

saya belum ada pengalaman sendiri sih, Bun. soalnya masih hamil juga hehehe. tapi kalau dilihat dari kakak2 saya (yg kandung sama ipar), mereka full-time mom. awalnya memang sedia pompa ASI dll karena kemungkinan bisa diminumkan pas lagi jauh dari anak2nya. kakak ipar saya juga awalnya sedia pompa karena ngiranya bisa sambil ngerjain skripsi lah. eh, ternyata mereka lama2 g pake pompa. DBF saja. awal aja pakai pompa untuk mancing produksi ASI. kalau mau sedia ASIP, nunggu pas bener2 butuh aja, ya. soalnya terkait usia penyimpanan ASI. kalau disimpan terus g kepakai juga sayang. ini juga bisa buat pertimbangan semisal mau kerja nantinya.

Baca lagi

Aku IRT full ngurus anak dirmh. klo aku sedia asip kurang lebih 200ml di kulkas. krna klo mau ninggalin anak aku, bisa disusuin sm suami. trus klo pergi keluar rmh gk perlu ribet netein di tmpt umum. tp perginya gk pernah lebih dr 3 jam. dan buat jaga" juga stok takut tiba" asi kering mndadak. Klo masalah bingung puting, itu tergantung dr dedenya bund. Anakku awalnya gk mau pake dot. Tp krna dilatih terus lama" terbiasa. Dan skrg anakku minum ASIP dan DBF. tp semua pilihan ada ditangan bunda. memang agak ribet yaa hrs pompa, cuci, dan steril alat"nya. Tp dinikmati sj yg penting anak sehat

Baca lagi
VIP Member

aku ngga pake asip. buatku DBF itu gak melelahkan malah menyenangkan 💕😍 suamiku tugasnya pijitin aku aja kalo aku lelah. nyusuin juga bisa sambil istirahat kok. sambil rebahan. nikmatt 💕 kalo mau kerjain kerjaan rumah tapi dede pengen nen? ya ditunda dulu kerjaan rumah nya. atau kerjasama sama suami. prioritas ku anak dulu baru kerjaan rumah. belanja sayur? emg nya butuh berjam-jam ya? sebelum pergi keluar aku susuin dulu sampe kenyang baru aku pergi. ini pengalaman ku dan pendapat ku.

Baca lagi
3y ago

bukan gamau bun. tp on proses mungkin ya hehehe wah nen akrobat namanya ya bun? 😅

menurut ku penting. bisa beli ya manual/elektrik ada yg murah kok. bisa coba juga pake teknik perah pakai tangan. kita ibu ttp manusia, kadang pas lg cape bnget bisa gantian ke ayahnya. belum lg kita ga tau kapan tau tau sakit (doa nya si yaa sehat selalu yaa), mau me time atau setidaknya pergi sebentar buat makan bakso 😝 pumping nya bisa 1-2x aja sehari, jd sisanya dbf. yg disimpen pun ga terlalu bnyk. jd ga bakal sayang sayang. blm lg klo nnti mpasi, bisa buat tambahan di mpasinya.

Baca lagi
3y ago

betuuuuullll... setuju👍

kalo saya ga kerja tp alhamdulillah asi melimpah sering rembes2 dan mancur jd anak sering kwalahan jadi sebelum dbf saya pompa dulu baru saya nenenin.. hasilnya saya simpan.. ehh gara2 sering mati listrik alhasil simpanan asip saya terbuang sia2 dan pas udah mpasi baru deh mikir kalo asip simpanan bisa di buat campuran kya buah misalnya gt bund.. jd sebaiknya kalo asi melimpah di peres trus di simpan bund..

Baca lagi

Saya kerja mom, jd saya wajib nyiapin asip saat anak saya tgl kerja. Tapi selama pandemi ini saya wfh dan wfo jd kadang mompa dan kadang gak. Emang klo bunda full di rmh mending di dbf krn lbh mudah, sdgkn klo kerja kan bunda hrs nyiapin printilan lain2 kayak botol susu, alat pompa. Kalau mmg bunda udh mutusin kerja ya gpp pelan2 bisa koq di kejar buat pompa. Tp klo bunda di rumah mending lgsg dbf

Baca lagi

aku ga stok ASIP banyak sih paling cuma ada beberapa kantong aja di freezer, kepake klo misalkan saya sama suami mau belanja bulanan atau pergi vaksin kaya kemaren tuh antrinya lama atau sekedar kepasar aja jdi saya bisa tinggal sama neneknya di rumah, jd ga ada alasan buat si dede ikut saya keluar rumah karna lg pandemi juga takut klo diajak kemana mana..

Baca lagi