Kunci Produksi ASI

Kunci produksi ASI hanya dipengaruhi oleh 2 hal, yaitu: 1. Bahan baku ASI 2. Hormon prolaktin ? Bahan baku ASI terdiri dari: • Minuman ibu: 90% • Makanan ibu: 10% Karna minum mempengaruhi 90% dari 100% produksi ASI, maka jika asupan air minum ibu tidak sesuai standard ibu menyusui yang tinggal di daerah tropis, maka bisa dipastikan produksi ASI tidak optimal kuantitasnya.. Makanan ibu pengaruhnya dalam hal kuantitas hanya 10%.. Jadi sebanyak apapun busui makan, tidak dapat menyaingi 90% pengaruh minum/cairan sebagai bahan baku utama ASI.. ? Hormon prolaktin Banyak tidaknya hormon prolaktin di tubuh busui dipengaruhi oleh beberapa faktor: • Stimulasi Puting Areola Yang Adequate Posisi perlekatan tepat, hisapan kuat, teknik benar (baik saat menyusui/memompa/memerah dengan tangan).. • Underlying Disease Kondisi dimana ibu memiliki kelainan hormonal/ketidakseimbangan hormon (PCOS, Hipertiroid/hiptiroid, Diabetes dll).. • Supply Demand Peongosongan payudara yang baik dengan durasi dan frekuensi menyusui yang optimal, akan menstimulus tingginya prolaktin.. Yang perlu diingat, bayi tidak membutuhkan produksi ASI yang banyak.. Bayi hanya membutuhkan produksi ASI yang cukup untuk memenuhi kebutuhannya.. Happy Breastfeeding.. ❤

8 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

Bagus ni bun sharingnya, oiya mau tanya bun, kli aja tau, kan klo dbf merangsang produksi Asi, nah klo dbfnya pake nipple shield gimana ya? Apa merangsang produksi asi/ngga?

5y ago

Iya makasih bun..

Terimakasih infonya bun. Saya lagi hamil 35wk pikiran udah kemana-mana takut asi nggak keluar takut ini itu 😭 berusaha rileks tp tetep aja 😭

5y ago

Sehat selalu Bunda dan adik bayi ya.. Jangan dibikin stress, Bunda.. ASI Bunda udah ada ko dipayudara, hanya tertahan ileh hormon kehamilan.. Nanti saat bayi dan placenta sudah keluar, ASI akan lebih mudah keluar karna hormon kehamilan sudah menurun dan hormon produksi ASI meningkat..

VIP Member

Klo hamil bund...biyar tetap bisa mnyusui gmn?msih kluar tp sdkiy

5y ago

Direct breastfeeding, Bunda.. Menyusui bayi langsung dari payudara..

Saya memasuki TM3 kolostrum udah rembes bun

5y ago

Gpp, Bunda.. Beberapa ibu hamil memang sudah mengalami hal tersebut.. Karna semenjak usia kehamilan 24 minggu, ASI memang sudah terproduksi di payudara..

Makasih info nya bun,,bermanfaat sekali

TapFluencer

terimakasih infonya bu

Bermanfaat 💕

Up up, makasih infonya bun