halo para Momy...

istriku PDnya kaya ada benjolan (semacem bengkak) gitu di PD sebelah kiri baru td sore sih... trs katanya agak nyeri² gitu. Istriku lagi Asi ke anak pertamaku usia 1 bulan 11 hari. itu aman ga ya? cara hilanginnya gimana ya? pas asi ke anak ku selalu ganti² kanan kiri. tp yg kiri malah ada bengkak gitu. aman ga ya mom. mohon sarannya ya mom.

9 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

sekarang sy lg asi,dari baby sy 3 hari sy sering ngalami bengkak,sampe demam 38,9 derajat pas sy cek pake termometer,pd sy bengkak 22 nya,tapi sy pumping saat itu juga,demam sy langsung turun perlahan,dan sampai saat ini,tiap bangun tdr pd sy sll bengkak,panas,dan mengeras,itu begitu gara2 kurang di sedot jadi asi numpuk,karna kebetulan baby sy klo malam nyusu cuma 2 x jam 3 dan jam 5,klo siang dy nyusu 2 jam sekali,jadi klo siang pd sy kempes,klo pagi bengkak lg,setiap pagi sy rutin sy pumping,dan masukin ke dalam botol hasil nya dari sebelah saja sy dapat 1 botol penuh,jadi dari kiri kanan sy dapat 2 botol,dan alhamdulillah baby sy minun susu nya banyak,hasil pumping tadi klo sy kasih ke dy 2 botol cuma jadi 3 x minum 😂,dan setelah yg di botol abis sy kasih asi langsung dari puting lg,terus yg duluan sy suruh dy minun yg pd nya paling bengkak,sy biarkan dy nyusu sampe terasa kempes dan tidak sakit lg,itu cara sy ngatasi pd bengkak,coba aja ikutin cara sy mana tau manjur dan si bubda tidak mengeluh sakit lg😇😇😇 #salampejuangasi

Baca lagi
Post reply image

iya betul.. sy baru ngaoamin.. coba kompres air hanta dulu tiap mau nyusuin.. bebenya minta ditenangin dulu ke suami ato ibu istri, sambil kompres sambil pijat muter.. 2 ato 3 menit aja.. coba lihat juga di puting ada bintik putih kaya jerawat gak? atau bisa cari tau ttg milk blister, itu bikin saluran asinya tersumbat, jadi di PD bisa keras, kalo ada bisa sering bersihin putingnya tiap habis nyusu terus oles evco, rendem puting pake aer garem anget tiap mandi, kalo berapa hari ga ilang juga, coba pijat laktasi, kemarin si syilk blisternya dioecahin dulu pakai jarum, baru pd sy dipijet buat ngelunakin yg keras dan puting yg tersumbat, walopun emang sakit.. jgn nunggu sampai demam.. dan susuin terus bebenya.. betul.. kalau udah mulai kerasa keras taoi bebe blm mau nyusu pompa aja.. pokonya setelah bebe nyusu kalau bisa payudara itu mesti kosong.. bisa dgn dipompa.. kalau sampe demam mending ke dokter aja..

Baca lagi

Saya jg pernah mengalami hal ini, bisa disebut jg gejala masinitis seperti ibu2 yang sudah menginfokan sebelumnya. Waktu itu yang saya lakukan selain mengkompres dengan air hangat lalu menyusui ke anak saya secara terus menerus dengan posisi yang benar dan nyaman untuk bunda dan baby nya, serta dbantu jg dengan memerah ASI (pumping) agar bisa menghilang benjolan tersebut. Dan puji syukur PD yang mengeras menghilang dengan sendirinya. Smoga bs bermanfaat infonya.

Baca lagi

Itu gejala mastitis, jgn dibiarin apalagi klo sampe istrinya demam. Pengalaman anak pertama sy kena mastitis, akhirnya ke dokter dan terpaksa buang asip yg PDnya lg pengobatan. Baiknya segera konsul ke klinik laktasi. Atau langkah awal bisa kompres air hangat sambil pijit2 PDnya. Klo udh ngerasa bengkak PDnya, harus segera pumping jd jgn nunggu anaknya nyusu. Usahakan tiap mo nyusuin anak, PDnya dipijit lembut dl biar lancar aliran asi dan ga sakit.

Baca lagi

Promo terbesar expert care sudah dimulai, diskon hingga Rp.100.000 sedang berlangsung di shopee, ada juga voucher diskon 100% alias gratis bagi bunda yang beruntung. Buruan cek di https://shope.ee/9UfEMMqqTg (id-46986)

Coba dikompres air hngat dan diberi pijatan memutar di daerah yg bengkak dan ulangi slama bbrpa hari sesering mungkin. Kalau blm kempes jga, baiknya sgra cek ke RS

itu mungkin gejala mastitis. coba dikompres air anget 3 sampai 4 x sehari. dan pastikan asi nya habis jgn nyisa pas menyusui. bisa dibantu pompa habis menyusui

terima kasih ya untuk infonya para momy... 😊

coba dikompres air hangat