Cara Menambah Berat Janin: Bagaimana Cara yang Dianjurkan?

Ibu hamil akan merasa khawatir jika dokter menyatakan berat janin dalam kandungan mereka masih kurang. Lalu, bagaimana cara menambah berat janin yang dianjurkan? Tenang ya, Bun. Pada sesi Tanya Pakar kali ini mari kita bahas seputar cara meningkatkan berat janin, makanan yang dianjurkan dan tidak dianjurkan untuk menambah berat janin, dll. Bumil bisa langsung bertanya seputar tema di kolom komentar ya! ---- 3 pertanyaan terbaik pada sesi kali ini: 1. Berat bayi kurang 200/300 ons usia kandungan yang sudah 8 bulan, tepatkah jika banyak makan es krim? Jawab: Jika pada pemeriksaan USG menunjukkan lingkar perut yang kurang, pilihan ke status gizi kalori bisa dipertimbangkan, tetapi jika kurang berat badan secara keseluruhan pengukuran, dapat dipertimbangkan untuk pemeriksaan kekentalan darah dan panel lab autoimun. 2. Saya hamil 27 minggu. kemarin dirawat 3 hari karena KPD. Adakah tips menambah berat janin dalam waktu sebulan dok? Jawab: Halo bu, untuk kasus pecah ketuban, goalnya adalah menunggu kehamilan secukup bulan mungkin dengan memperhatikan tanda-tanda infeksi. Sebaiknya dilakukan pematangan paru janin, dan observasi tanda infeksi dan air ketuban. BB bayi jika kecil bisa dikejar setelah lahiran, yang penting bayi tidak infeksi dan paru bayi siap untuk dilahirkan. 3. Apakah berat janin kurang bisa disebabkan berat ibu yang tidak kunjung naik? Jawab: Berat badan ibu hamil tidak berhubungan dengan BB janin. Sebaiknya ibu hamil tetap menjaga berat badan dengan kenaikan range 7,5 sampai 12,5 kg saja selama hamil. Untuk usia janin lebih tepat dengan perhitungan CRL saat usia 8 sampai 12 minggu.

Cara Menambah Berat Janin: Bagaimana Cara yang Dianjurkan?
31 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

saya mau curhat dokter kenapa saat saya di USG HPL dinyatakan BBJ kebesaran 4KG padahal saya juga sering melakukan puasa sunnah untuk mengantisipasi diri saya yang kalau lagi nafsu dan doyan makan padahal kalau berbuka puasa saya juga kontrol makan karena kondisi saya yang dibilang BBJ kebesaran alhasil dinyatakan harus SC anak pertama(karena induksi gagal) juga sebab kondisi cairan ketuban sedikit tapi saat dilahirkan BBJ anak 3.300gram terbilang normal kan normalnya BB bayi 2.500gram sampai 4Kg saya tetap berterima kasih kepada dokter SpOG dan nakes yang terlibat dalam prosesi persalinan saya ada yang masih membuat bertanya2 sampai sekarang karena disaat saya prosesi melahirkan ada banyak yang barengan sekamar sama saya proses melahirkannya juga ditindak SC kenapa semakin marak proses persalinan ditindak SC apakah karena orang indo gampang Panick Attack alhasil dikasih solusi tindakan SC kalau bisa lahirran normal dengan yang nyatanya BB anak saya 3.300gram kenapa harus segera ditindak persalinan SC bukankah masih ada waktu kelahiran sampai 42minggu dan bukankah kalau ditindak SC karena cairan ketuban sedikit masih bisa diantisipasi dengan menambah asupan konsumsi air putih? dengan pertanyaan2 tersebut membuat saya berpikir apakah termasuk program pemerintah solusinya ditindak SC untuk antisipasi dari kepadatan penduduk karena semakin banyaknya ibu2 yang terus melahirkan anak lebih dari 1 dikarenakan juga menggunakan tunjangan BPJS untuk setiap jiwa yang baru lahir sudah bisa jadi kartu BPJS nya saya bersyukur pasca persalinan SC pemulihan saya cepat seperti SC ERACS dan babyboy saya sampai sekarang sehat wal'afiat Mohon maaf dokter saya ada pertanyaan lagi meski keluar dari thema apakah setelah persalinan SC anak pertama kemudian saat hamil anak kedua dalam waktu dekat bisa lahirran normal? mohon untuk tipsnya dokter Terima kasih untuk dokter dari pernyataan saya yang panjang lebar

Baca lagi

dok saya lagi hamil anak kedua... punya riwayat BBLR pas anak pertama.... anak pertama saya lahir di usia 38-39w udh cukup bulan lahirnya cuman 2,2 kg.. dulu USG terakhir pas 30w BBJ saya 1,7... dari situ belom ada pemeriksaan lebih lagi di kehamilannya...saya cuma d resepin glutropp sama bidan... tp pas lahir ttp aja BBLR... gmn caranya agar hamil anak kedua ini ketika nanti lahir tidak BBLR dok.. saya skrg 26w....terakhir di USG pas 23w BBJ 600gram saya juga SC yg lahiran anak pertama dok... gegara ketuban pecah udh warna ijo...di induksi cuman mentok d pembukaan 3. akhirnya harus SC.. apakah anak kedua ini saya akan SC lagi GK dok ? apakah masih bisa normal... tinggi saya 151cm..BB saya skrg 52kg dok..sebelum hamil 43kg... makasih sebelumnya dok..semoga sehat selalu

Baca lagi
2y ago

Kasus lahir cukup bulan dengan bayi kecil sering penyebabnya karena autoimune kekentalan darah. Sebaiknya kontrol untuk pengecekan lab auto imun seperti d- dimer. Jika tinggi sebaiknya dilakukan terapi pengencer darah. Untuk lahiran tetap mengikuti status kehamilan saat ini dan faktor resiko ya.

halo dok. kasus ibu saya dulu disuruh kejar bbj tiap hari suruh makan es krim. memang jadi besar janinnya 32w sudah 2,5kg krna harus segera sc tp skrg anaknya imun tubuhnya jelek. mudah sakit. mudah tertular penyakit juga. apa pengaruh krna sering makan es krim dan minum manis saat hamil? lalu sebenarnya sebaiknya makanan apa yg baik dikonsumsi untuk kejar bbj dalam waktu singkat?

Baca lagi
2y ago

Halo Bu, mengejar BB bayi tidak semata- mata dengan hanya makan manis, harus dicari penyebabnya apakah ada autoimun, darah tinggi, status gizi atau genetik. Untuk kasus Ibu lahir bayi dengan 32 minggu kemungkinan mengarah ke gawat janin, bisa karena infeksi, darah tinggi, dll.

VIP Member

Hi Dok.. Bunda bunda sekalian... Saya agak galau nih Terakhir usg uk 26weeks BBJ 1,425kg kan, nah dokter yg handle saya ga bilang apa2. Minggu lalu, saya ada jadwal posyandu. Waktu di cek di buku pink bidan kaget lihat hasil laporannya.. "Wih, udh 1,4kg aja bu bayinya. Tetep dikontrol ya makannya" Gitu Blm waktunya kontrol lg sih, msh tahun depan Semoga aman yaah 🥲

Baca lagi
2y ago

Bunda Ayu : Iya bun Aku ngeh jg kalo BBJ di usg bisa selisih 100-200gram (entah berkurang/bertambah) Dulu awal2 hamil ga bisa minum susu hamil, pasti diare. Nah masuk TM 2 kemarin udh bisa minum susu. Sama ini, aku bisanya makan ayam/telur aja. Nah kata bidan ayam da telur itu efektif naikin BBJ 😄

dok, saya terakhir cek usg 26w 5 hari dikatakan hasil bbj 929gr. kata dokter yg mnangani saya normal tp alangkah baiknya jika mnimal 1000gr yg ingin saya tanyakan, patokan bbj yg benar di usia 26w brapa ya dok? krn jika lihat pada tabel bbj yg tersebar di google tdk lebih dr 700gr dan apakah jika anak pertama terdapat kasus BBLR, anak kedua juga akan sama? mohon pencerahannya dok

Baca lagi
2y ago

Halo bu, betul berat badan bayi sebaiknya sesuai dengan usia dengan range kurang lebih 2 minggu. Jadi memang range 26 week bisa diantara 700 sampai maksimal 1000. Jika anak pertama BBLR, harus dilihat apakah faktornya karena kurang bulan atau faktor lain sepeti autoimun, darah tinggi, faktor gizi, dan genetik.

saya waktu usg 20w bbj hanya 278gram dok. kata dokter nya kurang. saya hanya di beri vitamin aja, tapi tidak di beri saran tentang makanan yang di anjurkan untuk menambah berat badan janin.

2y ago

Mungkin ada yg mau nambah BBJ, ini bidan dan dokter saya selalu sarankan.. Ayam Telur Tempe Susu hamil Kacang2an Sayuran hijau Alpukat Makanan manis (tp tdk berlebihan)

waktu anak pertama saya banyak makan yang sehat dok alpukat susu hamil dll gk prnh kelewat pas USG terakhir bbj 3kg eh pas lahir cm 2,4kg dok.. skrng lg hamil anak kedua sya kadang jd males makan karna pengalaman anak pertama dlu udh makan banyak sehat ttp bbj nya rendah, kira2 itu penyebab nya knp y dok?

Baca lagi
2y ago

Betul Bu, makanan berlebihan yang meningkatkan BB ibu hamil berlebihan tidak dianjurkan, BB bayi kurang penyebabnya bisa karena banyak faktor seperti autoimun, darah tinggi, status gizi dan genetik.

diusia 29w 2d BBJ sy 1296gram. sy USG lagi 31w 2d BBJ sy 1675gram Tetap masih kurang 200gram. rasanya sulit sekali menaikkan BBJ🥺 Mohon Tipsnya dok agar memudahkan saya memiliki napsu makan dok, krn sy tdk selera mkn nasi dan sedang sakit gigi juga krn gigi berlubang

2y ago

Berat badan janin kurang bisa disebabkan faktor auto imun, darah tinggi, status gizi, atau genetik. Perlu pemeriksaan lanjut untuk memastikan, jika sedang gigi berlubang ibu hamil boleh ke dokter gigi untuk ditambal.

dok, saya hamil 27 minggu. kemarin dirawat 3 hari karena kpd . kata dokter mungkin bayi saya akan lahir 8 bulan aja. sedangkan bbj saat ini masih 1 kg . tips menambah berat janin dalam waktu sebulan dok , agar sewaktu" kalau lahir sudah cukup beratnya. terimakasih 🙏

2y ago

Halo bu, untuk kasus pecah ketuban, goalnya adalah menunggu kehamilan secukup bulan mungkin dengan memperhatikan tanda-tanda infeksi. Sebaiknya dilakukan pematangan paru janin, dan observasi tanda infeksi dan air ketuban. BB bayi jika kecil bisa dikejar setelah lahiran, yang penting bayi tidak infeksi dan paru bayi siap untuk dilahirkan.

week 33 wajar ga ya berat badan bayi 2600 gram ada yang sama

Post reply image
2y ago

saya 35 weeks 1800 gr maish kurang😥😥