bagaimana anak usia 6blnan makan dgn lahap

holla saya amel ibu muda,saya mau cerita sedikit mana tau tmn2 ada saran hehe saya punya anak laki2 umur 6 bulan lebih mau masuk bulan ini 7 bln, sudah jalan mpasi 3minggu sebelumnya anak saya asi eksklusif sudah 3mnggu mpasi anak sya dsimpulkan sulit makan gak lahap. saya coba tahap prtama pengenalan karbo dan sayuran saya buat bubur dhri prtma tp dia mau kalo buburnya encer kayak air , trus hari2 slanjutnya saya kenalin macam2 makanan tahap2 dmi tahap saya kenalin menu4 bintang tetep gak mau lahap , tp kalo Bubur kemasan sprti milna dia mau tp besoknya gak mau intinya sulit mkan, sedangkan buah yg encer kayak jeruk,semangka mau sedangkan buah berlemak dan berdaging dia gak lahap sperti pisang dan alpokat, jd slma 3mnggu ini saya sudah test satu2 persatu berbagai makanan buat dia dan alhasil anak saya suka mknan yg encer . itu yg saya khawatirkan takut dia kekurangan gizi sehari paling makan sekali sore paling dgn biskuit. anak2 yg smuran dia mkan nya lahap gak perlu milna atau bubur kemasan, beratnyapun ok. sedangkan anak saya umur jalan 7 bulan 7,2 kg sedih saya,tak inggin hal ini berlanjut terus apa ada yg tau, gmn cra anak mau makna dgn lahap ?

4 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan
VIP Member

hi Mom.. ijin menanggapi ya.. awal MPASI setiap anak masih belajar, Mom.. jadi ga perlu khawatir kalo makannya belum lahap, toh kebutuhan nutrisinya pun 70-80% masih dipenuhi dari ASI.. Dalam pemberian makan, ada 3 hal yang perlu diperhatikan agar pemberian MPASInya dapat optimal, yang pertama adalah tepat waktu, kedua tepat jumlah dan frekuensi, ketiga tepat bahan-bahan yang digunakannya.. sebaiknya hindari pemberian makanan instant, karna dengan memberikan makanan instant, anak jadi tidak mengenal rasa dan tekstur, selain itu pemberian MPASI instant juga dapat berakibat pada kebutuhan nutrisi anak yang tidak tercukupi.. kalo saya baca cerita Mommy, kemungkinan besar anaknya lebih suka konsistensi makanan yang cair ya.. untuk kelancaran pemberian MPASI, kita juga perlu memahami responsive anak, Mom.. jadi tentang MPASI ini, kita ga bisa hanya fokus pada asupannya aja, tapi harus juga bisa melihat segala aspek untuk menunjang proses pemberian makan ini berhasil.. semangat ya Mom..

Baca lagi
6y ago

semangat Bunda.. 🤗

kita beda tahap menu perkenalan mpasi ya mom..tp coba makanan encer yg dia suka dimix dg makanan padatnya mom..kaya aku suka mix alpukat dg jeruk baby,labu parang n butternut pumpin dg pear..mix aja spy banyak varian n gak bosen..anakku masuk 8mo ni..alhamdulillah masi lahap gak bersisa tiap mkn..oh ya GTM bs jg gk berarti gak suka dg makanan itu..mgkn si baby bosan..jd yg penting bikin suasana makan menyenangkan..klo masi gak mau juga..tunggu bbrp menit dg ajak main dulu trs baru diajak makan lg..semoga berhasil ya mom :)

Baca lagi
6y ago

itu masi masuk normal di KMS ko..dont worry ya mom

VIP Member

tiap anak beda-beda bun pertumbuhannya. selama berat badannya gak jauh di bawah normal dan anaknya tetap aktif, gak rewel, gak papa kok bun.. mungkin juga bawaan gen, tubuhnya mungil :) yang penting sehat-sehat ya bun..

VIP Member

setau saya MPASi instan lebih baik dibanding pure bun, jadi kalau menurutsaya turuti maunya anak sambil dikenalin macem2 yg pure. karna untuk pure buah atau sayur itu hanya selingan bukan makanan pokok