BB bayi menurun dan Imunisasi

Hallo bun Saya ibu yg baru punya anak satu, banyak kekhawatiran sama tumbuh kembang anak. Sebenarnya anak saya sehat dan aktif di usia 4 bulan dia udah tengkurap tapi balikinya belum bisa sih trus 5 bulan ini dia lgi berusaha buat posisi merangkak tpi sayangnya BB anaku tambah turun itu gimana yah bun? sama kalau malam jam 10 pasti dia Poop sebelum ny enggak apa benar itu bahaya yg bikin anak jadi BB menurun sebab itu? Oh iya satu lagi bunda2 barang kali ada yg sama pengelamanya dg saya, anak saya baru di imunisasi BCG, Polio 1 dan DPT 1 setelah itu reaksi anak sayanya beda dia mogok nyusu bahkan netein juga dia cicip dulu karena saya kasih obat langsung ke mulut sehingga yg biasa nyusu kenceng jadi trun banget. Gimana yah solusinya biar anak bisa d imunisasi dan kita enggak takut lagi?. Soalnya belum imunisasi lagi sampe sekarang tapi pengen banget buat imunisasi cuman masih trauma sama anak saya yg begitu dan BB nya trun Mohon pencerahannya bangettt 🙏

2 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

BB turun udah berapa bulan? Di buku KIA tertulis kalau 2 bulan BB anak tidak naik sesuai standar maka sudah waktunya dibawa ke DSA. Anak bebas mau pup jam berapapun, ga ada larangan, ga ada anjuran, lagian gimana caranya kita ngelarang anak biar gak pup di jam-jam tertentu? 😂 bukan itu ya penyebab anak BB turun, yang dibuang lewat pup itu kan ampas, sisa makanan yang sari2nya udah diserap oleh tubuh. Saya juga ngasih obat langsung ke mulut anak kok, tapi tetep dia mau nyusu. Memang kalo imunisasi di bidan/posyandu, DPT nya bikin demam dan rewel pada anak. Mungkin anak bunda sedang merasa tidak nyaman, jadi malas nyusu. Tapi harusnya cuma 1-2 hari aja ya. Lebih dari itu bawa aja ke dokter. Tetap tawarkan nyusu, bawa ke kamar tutup pintunya biar gak banyak distraksi. Bekas suntiknya dikompres air hangat. Imunisasi itu hak anak, jadi sebaiknya tetap dipenuhi ya. Tanyakan ke tenaga kesehatan gimana agar anak gak panas/rewel pasca imunisasi.

Baca lagi
2y ago

iya bun makasih yah sharingnya

VIP Member

Coba dievaluasi lagi penyebab BB bayinya turun karena apa? Jika Bunda memberikan ASI, coba dicek lagi pelekatannya sudah tepat blm? Selama bayinya BAB normal (tidak lebih dari 5x dan tidak berlendir), kecuali jika bayinya diare itu yang berbahaya dan otomatis bisa menurunkan BB karena bayi sedang melawan infeksi pada saluran pencernaannya. Pasca imunisasi biasanya bayi agak rewel akibat nyeri suntikan dan demam. Sebaiknya segera kompres dengan air hangat area suntikan dan berikan obat penurun panas yg sudah diresepkan bidan/dokter. Jangan trauma untuk mengimunisasi anak. Karena bayi di bawah 1 tahun, rentan sakit dan belum bisa membentuk sistem imun sendiri. Lewat imunisasi inilah sistem kekebalan tubuhnya terbentuk.

Baca lagi
2y ago

iya juga yah bun kitanya juga harus tegar biar anak terpenuhi imunisasi nya utk BB belum saya cek lagi sih