BB seret bayi Full ASI

Hai bun. Anakku umur 4 bulan. 2 bulan ini kenaikan BB nya kurang dari KBM. Pas 3 bulan hanya 670gr (KBM 800gr) Pas 4 bulan hanya 200gr lebih (KBM 600gr) Anaknya sih sehat, aktif, ceria, tingginya juga nambah. Di KMS juga masih di garis hijau, masih normal. Memang aku akui sejak disusui sambil tiduran anakku lebih sering mentil. Apalagi masuk 3 bulan lebih, udah mulai gak fokus nyusunya. Yg sambil senyum, ketawa, nengok2, mainin baju, dll. Ditambah lagi mulai fase oral. Nyusu sampai kenyang, tapi karena senang memasukkan tangan atau mainan lalu muntah kadang2. Saya udh baca2 di artikel atau sosmed memang fasenya seperti itu, katanya diusahakan saat malam masih nyusu beberapa kali. Dan ketika siang dibawa ke tempat sepi. Saya sudah ikuti. Dan kalau malam memang masih 2-3x bangun untuk nyusu dan cukup lama juga, pelekatan inshaa Allah bagus kalau malam. Kira2 ada saran gak bun untuk kondisi seperti ini? Kalau bulan depan masih seret saya rencananya mau ke konselor laktasi. Apa harus langsung ke DSA ya? Soalnya galau juga saat 4 bulan hanya naik sedikit sekali. Terima kasih bun.

8 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan
TapFluencer

Setau saya bayi kalau nyusu ya gitu kadang sambil mainin PD kita, kadang nengok”, kadang ngajak bercanda jg. Kayanya sih bukan itu masalah utamanya. Bagaimana dgn makanan yg bunda konsumsi sendiri?? Sperti prohe, sayur, buah, prona.. lalu apakah bunda menyusui di PD yg sama sampai PD terasa kosong ataukah tidak?? Kalau dirasa dari gizi sudah tercukupi, dan menyusui sudah dirasa benar, ada baiknya langsung dtg ke konsellr laktasi bund??

Baca lagi
2y ago

untuk konsumsi makanan sudah diusahakan gizi seimbang bun. sayur, buah, air putih, prohe-prona (selang seling tiap hari), bahkan 2 minggu ini saya tambah konsumsi vitamin busui. untuk kuantitas asi masih termasuk banyak sih bun, walaupun ga sebanyak awal2 menyusui. menyusui juga sampai PD kosong, cuma klo anaknya ga fokus kadang ga sampe kosong bun. iya bun, rencana mau ke konselor laktasi dulu. makasih bun jawabannya.

sebaikny lgsg ke dokter anak aja bunda.. soalny pengalaman saya dulu, bb anak tetap naik optimal mskipun dia fase oral, dsb. bhkan saya menyusui sambil tiduran dari usiany 1 bulan, tapi bb nya tetap naik optimal. takutny ada apa2 sama bayiny..

2y ago

nah coba konsul dokter anak dulu, kalau scra klinis anakny sehat berarti bunda harus konsul ke konselor laktasi..

Biasanya klo bayi udh mulai gampang ke distraksi pasti nyusu ga maximal bun . Jd kenaikan bb jg ga sesuai . Emg bagusnya hrs di trmpat sepi yg ga bising dan terang sii . Takutnya nyusu lama pun dia cuman ngempeng ya?

2y ago

iya bun, emang kerasa bgt gak maksimal. seringnya juga ngempeng aja kalo udh ketiduran. kerasa bgt jarang sampe kosong gitu, maunya main atau dibawa jalan2 keluar. bunda ada pengalaman yg sama kah? BB anaknya gimana bun saat umur2 segitu?

ke dsa yah mama karna udh 2 bulan naiknya ga sesuai.. di buku kia jg ad keterangan nya kok klo 2x bb ga naik sesuai kbm segera konsul dsa. udh di coba minim distraksi klo pas nyusu??

Baca lagi
2y ago

sudah dicoba bun, ga terlalu ngaruh, kecuali sedang ngantuk atau malam hari, bisa sampai 2 PD kosong.

di buku KIA tertulis jelas kalau BB tdk naik sesuai KBM selama 2 bln berturut-turut harus konsultasi ke DSA. semangat bunda 😊

2y ago

iya, makasih bun.

Langsung konsul ke DSA aja Bu. Takutny kena ISK, yg bkin BB seret.

2y ago

Saya jg kurang tw Bu. Tp denger2 gk ada gejala. Gk tw bener apa gk. Biar yakin ke DSA aja Bu.

TapFluencer

mungkin ada yg senasib bun. boleh sharing.

TapFluencer

minta sharingnya bun. makasih