bagaimana menurut bunda??

Hai bun semuanya.. Saya mau sedikit cerita dan tanya bagaimana pendapat kalian ttg kasus ini. Jd saya pernah menemui seorang ibu yg usia anaknya masih belum genap 5 bulan. Pd saat itu adalah bulan puasa. Nah si ibu itu lebih memilih puasa dari pada menyusui anaknya. Pdhl anaknya masih harus asi ekslusif kan? Pernah si ibu mencoba utk tetep menyusui anaknya sambil puasa. Tp alhasil, si ibu ini udah gak kuat, dia jadi lemas, lesu, dan hampir sakit. Jd dia memutuskan utk memberi sufor anaknya agar dia bisa tetap berpuasa. Nah yg saya tanyakan pada bunda sekalian, apakah tepat tindakan yg diambil oleh si ibu seperti itu? Dan kira2 apakah puasanya bisa diterima kalo si ibu meninggalkan kewajibannya kepada anaknya? Soalnya saya agak gemes gimana gtu sama kasus ini.. ?

6 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

Betul bun...soal di terima atau tidak nya itu hak Allah... untuk masalah puasa...saya jg puasa kok hampir full sebulan ..bolong ketika haid saja dan anak ASI EKSKLUSIF...gk sufor sama sekali...blm MPASI jg...alhamdulillah lancar2 aja bun...dan anak gk rewel sama sekali...ASI pun melimpah...tergantung asupan gizi nya selama berbuka dan sahurnya...di tambah ada air rendaman kurma...d minum saat sahur...berbuka jg jgn sampe lupa kurma nya bun...itu pengalaman aq sh bun...😉

Baca lagi

Soal diterima tidaknya puasa seseorang itu kan murni hak prerogatif Allah ya bun.. Masa iya kita manusia sosoan ngejudge puasanya diterima atau tidak diterima. Tapi memang tindakan ibu tersebut kurang bijak. Karena dalam islam saja sudah dibolehkan tidak puasa untuk wanita hamil dan menyusui. Kenapa ibu itu malah kekeuh berpuasa? Khawatirnya, beliau jadi berpuasa bukan karena Allah.. Tapi karena mengikuti nafsunya yang tidak mau qodho puasa.

Baca lagi

Soal diterima atau enggak puasanya, biarlah itu urusan Allah ya Bun. Allah yg berhak memutuskan. Karna kita ga pernah tau niat seseorang. Soal tindakannya si ibu, bisa jadi dia juga udah banyak pertimbangan Bun. Cuma yg disayangkan, kenapa sebelum bulan puasa datang, ga pompa asi nya aja buat persiapan di bulan puasa biar bayi nya tetap minum asi.

Baca lagi
5y ago

Nah itu bun, saya jd kasian sama anaknya..

masalah diterima atau engganya si itu hak Allah bun. tp saya pernah baca orang yg tidak terlalu diwajibkan untuk berpuasa salah satunya ibu menyusui yg bnyk kendala. seperti ibunya menjadi lemas atau asinya jd berkurang. kan nanti bisa di ganti dgn fidya atau ganti puasa di lain waktu.

Kalo diterima atau enggak saya kurang tau ya bun, soalnya saya bukan panitia surga hehe. Biarlah jadi urusan ibu itu sama Allah

Duh coba tanyakan ke ustazah bun . masalah nya ini antara Agama dan Anak ..