Tahlilan janin usia 5 bulan

Disini adakah orang jawa.. Mohon jawabannya bun... Janin saya gx bisa bertahan waktu usia 5bulan dan harus dikeluarkan.. Waktu si janin dikeluarkan, di jawa pasti ada buat makanan (bancak'an) dikasih ke tetangga, waktu itu saya adakan di hari pertama dan ke 7 hari kemaren buaf 50 bun kaya orang khajatan, ini mau 40 hari nya mertua suruh ada sedekah sedikit dibagi ke tetangga Seharusnya itu gak wajib kan bun ?? Apa walau janin tapi udh berbentuk manusia itu harus ada 3, 7, 40 , 100, 1000 HARI bun..?? Bukannya saya gak iklas bunda, Iya klau ada rejeki, klau rejekinya pas pasan apa harus pinjem duwit sana sini bun..??#seriusnanya #bantusharing

2 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

adat jawa gitu dtempat aku bun.acaranya kecil2 aja, cuma tetangga kiri kanan aja terus didoain buat ngantar arwahnya biar gak nempelin ibuknya. dlu ibukq juga kguguran usia sgtu, cm ibuq gk adain acara jdi ketempelan arwah anaknya, stelah tau trnyata hrus bikin tahlilan yg smpai harus nyiapin bju seragam, uang sakunya, karena arwahnya udah gede. katanya walau masih berbentuk janin tapi udah ada nyawa nya udah dianggap sperti orang2 pada umumnya jdi klau meninggal ya ada tetap seperti biasa bun. tapi ya tergantung kepercayaan masing2 sih, kalau ditempat saya masih pakai adat jawa gitu.

Baca lagi
VIP Member

kalau dalam Islam ga memberatkan bisa berdoa sendiri, ga perlu adat harus 7 harian dsb. apalagi kalau ga ada dananya jangan di paksakan, semampunya aja.